Sebagai pecinta kopi, festival seperti ini menjadi hal wajib yang harus dikunjungi. Suasana ngopi yang dimanjakan dengan tiupan angin sungai musi dan ditemani lantunan musik jazz yang merdu membuat suasana menjadi tenang. Semua yang datang menikmati suasana dan fasilitas yang diberikan. Disudut kanan, terdapat berbagai jenis mainan seperti enggrang yang dapat dimainkan oleh pengunjung. Dan yang pasti berbagai stand kopi yang siap di hampiri oleh pengunjung yang datang.



Festival kopi ini digelar selama 2 hari yaitu 9-10 Desember 2017 kemarin yang berlokasi di Klenteng Soei Goeat Kiong atau disebut juga dengan 'Klenteng Dewi Kwan Im'. Klenteng ini merupakan salah satu objek wisata di Kota Palembang yang terletak di Jalan Perikanan, 10 Ulu.



Festival ini digelar dengan tujuan untuk memperkenalkan kopi khas Sumatera Selatan agar dikenal oleh masyarakat Indonesia Khususnya. Kegiatan ini juga diikuti oleh banyak pengusaha lokal yang memang menjual biji kopi khas Sumsel.



Sebagai tamu undangan, kami dipersilahkan untuk menikmati berbagai kopi di stand yang tersedia dan mengikuti foto kontes 'Foto Kopi' yang diadakan oleh salah satu stand kopi. Pertama kali datang, sudah banyak orang yang berkerubun, sepertinya mereka sangat excited. Aku yang tidak memegang kamera DSLR ataupun mirrorless, melainkan hanya kamera handphone seadanya merasa minder. Pasti hasil foto mereka semua sangatlah bagus. Karena 'kepesimisan' itulah yang membuatku tidak mengikuti foto kontes. Ini, tidak untuk ditiru ya. Penyesalan memang selalu datang belakangan.



Hingga malam hari, festival kopi ini semakin ramai pengunjung. Ada nonton bareng film "Aroma of Heaven". Pengunjung begitu antusias menonton film yang menceritakan kopi ini. Ada juga pelepasan lampion pada saat menjelang malam. Pengunjung juga bisa menikmati indahnya sekitar Sungai Musi dan Jembatan Ampera, dengan naik 'ketek' dengan gratis. Bahkan, ada juga bule ganteng yang kesini, mereka berasal dari Spanyol dan merupakan seorang Traveler.


Festival seperti ini sangatlah penting untuk mempromosikan hasil Perkebunan Indonesia dan mewujudkan Pangan Indonesia untuk menjadi produk yang unggul.