Mungkin perjalanan ini takkan selesai dengan satu halaman tulisan. Kenapa? Terhitung sejak tahun 2015 aku mengikuti sebuah gerakan yang memberi aku inspirasi. Memberikan sudut pandang hidup lainnya, memberikan kembali warna yang sebelumnya mungkin sudah agak lapus untuk menghiasi kehidupan sehari-hari. Disini aku kembali menemukan orang-orang yang luar biasa. Disini aku kembali menjadi merasa beruntung telah bertemu dengan mereka. Disini aku kembali menemukan orang-orang yang tak sadar mereka telah memberikan semangat untuk orang disekitarnya. 
 
logo Kelas Inspirasi Palembang
 
 
Kelas Inspirasi Palembang. Jujur saja, mulai dari awal aku mendaftar sebagai volunteer, aku tidak terlalu tahu apa itu Kelas Inspirasi. Well, itulah salah satu kekuranganku, malas mencari tahu.
Pertama, mungkin aku bakal jelasin dulu apa itu kelas inspirasi dari sepengetahuan aku selama menjadi volunteer. 
 
Apa itu Kelas Inspirasi?
 
Kelas Inspirasi adalah gerakan para profesional turun ke Sekolah Dasar selama sehari, berbagi cerita dan pengalaman kerja serta memotivasi anak-anak untuk meraih cita-cita. Cerita tersebut akan menjadi bibit untuk para siswa bermimpi mengenai cita-cita mereka. But here, we are not the profesionals. We are the staff, people who behind Kelas Inspirasi Palembang #3. And guess what? I'm one of then. Feeling like I'm the lucky person? Yes, I'm lucky. Aku merasa sangat beruntung mendapatkan pengalaman baru dengan orang-orang baru. Beruntung menjadi bagian dari sebuah gerakan yang memberikan harapan atau setidaknya secercah harapan bagi orang lain. Beruntung, karena aku dapat melihat secara langsung keadaan pendidikan di pinggiran Kota Palembang, melihat senyuman tulus dari siswa-siswinya. Beruntung serta bersyukur bahwa mereka siswa-siswi SD tersebut masih memiliki guru-guru yang peduli akan pendidikan mereka, guru yang tanpa lelah memberikan perhatian pada murid-muridnya.
 
beberapa panitia lokal Kelas Inspirasi Palembang #3 dan Pengajar Muda SumSel
 
 
Aku selalu beranggapan bahwa untuk menilai suatu karya tak hanya terletak pada hasilnya yang memuaskan, megah ataupun sempurna. Namun, proses dalam membuat suatu karya tersebut pun dapat kita nilai serta ambil pelajarannya. Sebenarnya acara puncak dari Kelas Inpirasi itu hanyalah 1 hari, yang dinamakan hari Inspirasi. Yeah.. It's just one day. Tapi untuk sampai hari tersebut, kami, Panitia Lokal melewati beberapa proses yang tak ternilai harganya. Dimulai saling mengenalkan diri masing-masing, memahami karakteristik individu-individu yang baru dikenal, kemudian lanjut pada tahap dimana kami mulai brainstroming dan merasa nyaman hingga akhirnya berfikir we're not just a friend, but we're another family that have ruenion again. Family who comfort each other, family who always give spirits. And family who always by your side when you happy or sad. Semua itu dicapai karena proses-proses yang telah kami lalui. Tidak dipungkiri perselisihan atau perbedaan pendapat sering terjadi, namun semua itu warna-warni yang menghiasi perjalanan kami. Setidaknya, akan kami ingat kembali dan ceritakan kepada orang lain. Ataupun menjadi renungan bagi kami sendiri atau menjadi lelucon yang ditertawakan nantinya. Sepertinya aku sekarang sedang mengingat kembali perjalanan itu dan tersenyum sendiri disudut sebuah ruangan yang ramai. 
 
Panitia lokal Kelas Inspirasi Palembang dan Pengajar Muda saat refleksi hari inspirasi
 
Terakhir, terima kasih untuk Allah yang sudah mempertemukan aku dengan mereka, orang-orang yang luar biasa. Terimakasih untuk seluruh keluarga Kelas Inspirasi Palembang yang telah mengisi hari-hariku. Terimakasih telah menjadi bagian dari cerita dan perjalanan hidupku. Terimakasih telah diberikan kesempatan menjadi bagian dari tim ini. Good luck for us!
Rasanya ada yang kurang kalo tidak share moment-moment bersama mereka. Seperti ada yang janggal.
Berikut aku kasih foto dari beberapa moment terindah dari yang terindah *tsahh
 
ladiesss 
 
 
*smile*
 
 
di salah satu sekolah dasar di kota Palembang. Letaknya ditengah perumahan elit, namun sepertinya tidak terjamah oleh orang-orang yang mendiami perumahan elit disana.
 
 
masih di SD Empat Tunggal
 
 
 
on air di Trijaya FM
 
 
 
di acara ulang tahunnya Malam Puisi Palembang. Salah satu komunitas yang ada di kota Palembang
 
 
 
On air di Global Radio FM
 
 
 
On air di RRI Pro 2 Palembang
 
 
 
di rumah dinas Walikota Palembang. Bertemu dan berdiskusi bersama Pak Harnojoyo selaku Walikota Palembang dan beberapa komunitas lainnya.
 
 
 
Take selfie bersama bapak Harnojoyo
 
 
 
Muka seriussss
 
 
 
ngilangin penat hehehe
 
 
 
ada yang mangapnya malu-malu ada juga yang malu-maluin :D
 
 
 
salah satu media masa yang share mengenai apa itu Kelas Inspirasi
 
 
 
ga bosen-bosennya buat take a selfie
 
Udahan ah. Aku baper. Rindu. Bye😉