Hallo Assalamualaikum...
Aku bakalan bikin 2 atau 3 part ntar, termasuk nanti merek-merek krim berbahaya dan pengalaman pribadi aku memakai krim yang mengandung hidrokinon padahal beli di klinik praktik dokter lo huhu

 ”Dijamin kulit bersih dalam 3 hari”. “Baru seminggu pemakaian kulit aku jauh lenih putih lo say” “Krim ini krim racikan dokter jadi dijamin aman” “Krim ber BPOM, aman” 

Dan masih banyak lagi klaim-klaim yang lainnya. Jangan percaya ! Kalo dia bilang itu krim racikan dokter, tanya siapa dokternya terus alamat praktiknya dimana terus kalo bilang produknya udah BPOM, minta no BPOM nya ( cek no BPOM, klik disini ), soalnya banyak banget yang make no BPOM PALSU.

Nah, kalian pasti udah taukan aku bakalan ngebahas apa di artikel ini ? iyup, aku bakalan bahas mengenai krim abal-abal yang peredarannya udah banyaaaak banget di sekitar kita bahkan komsumennya juga udah segudang :””

Kalo aku tetep bersikeras makai krim abal-abal yang mengandung Hidrokinon


Emangnya krim wajah itu disebut krim berbahaya karena apa sih ? jadi ya gengs, BPOM Indonesia melarang peredaran dan penggunaan kosmetika yang gak mempunyai izin termasuk diantaranya krim yang mengandung merkuri, asam retinoat, hidrokinon, resorsinol serta timbal dan steroid (penggunaan tanpa resep dokter)
Kita bahas satu-satu yah, yuk disimak dan dihayati dengan baik

  • 1.      Merkuri (Hg)
Merkuri ini sering banget bengeeeet ditemukan di dalam produk pemutih kulit. Merkuri ini sebenarnya adalah logam berat yang berbahaya yang walopun hanya dipakai sedikit tetap bersifat racun, gengs.

Kenapa merkuri bisa memutihkan kulit ?
Cara kerja merkuri di kulit itu dia memengaruhi enzim trikinase dalam menghambat tirosin sehingga pembentukan melanin tidak terjadi, gengs. Sehingga kulit kalian keliatan lebih putih dan cerah setelah memakai produk yang mengandung merkuri. 

Tujuan penggunaan merkuriini agar dapat menghilangkan hiperpigmentasi pada kulit, tapi kita harus tau dulu nih kalo dipake terus bakalan menimbulkan pigmentasi permanen. 
Bahaya Krim Bermerkuri
Awalnya kulit kalian emang bakalan putih cerah dan mulus but merkuri ini entar bakalan mengendap di bawah kulit kalian dan dengan penggunaan yang terus menerus itu kulit kalian bakalan rusak, warnanya bakalan jadi biru kehitaman (pasti kalian pernah ngeliat kulit orang yang kek gini, putih tapi gelap agak biru-biru gitu kan ? nah itu karena efek dari merkuri) bahkan yang paling parah tuh menimbulkan kanker, munculnya flek hitam, keguguran janin bahkan kemandulaaan :”
One more thing, merkuri dan turunannya ini merupakan senyawa Hg yang bersifat toksik untuk makhluk hidup yang menyebabkan terjadinya inhibisi enzyme dan kerusakan sel sehingga kerusakan tubuh dapat terjadi secara permanen (WHO 1076)

Ciri-ciri krim yang megandung merkuri :
  • Krim berbau menyengat walopun sudah diberi parfum
  • Warna krim mengkilap (setelah mengoleskan krim bermerkuri ke wajah, wajah akan terlihat mengkilap)
  • Memutihkan wajah secara instan
  • Tidak timbul jerawat sama sekali
  • Pada sebagian orang akan terasa gatal saat awal pemakaian
  • Kulit jadi sensitive terhadap sinar matahri langsung
  • Muncul kemerahan pada kulit.
  •  
Biasanya packaging dan isi krim abal-abal kaya gini dan no BPOM
Kalo merkuri sudah meracuni tubuh, maka akan timbul gejala :
  • Insomnia
  • Gugup, cemas dan mudah emosi
  • Sakit kepala
  • Sensasi mati rasa pada kulit, mulut dan sekitar mulut
  • Kejang
  • Otot melemah
  • Kerusakan ginjal
  • Sesak nafas
  • Penurunan fungsi mental
Banyak banget yang menyesal setelah kena dampak kek gini gengs.
  • 2.   Asam Retinoat (tretinonon/retinoic acid)
Asam retinoatini adalah turunan dari vitamin A dalam bentuk asam yang dibentuk dari all-trans retinol

Cara kerja Asam Retinoat :
Mengaktifkan reseptor asam retinoar (RAR)  sehingga mampu memperbaiki perubahan struktur/penuaan pada kulit akibat radiasi.

Pembentukan dan peningkatan jumlah protein NGAL (Neutrophil Gelatinase Associated Lipocalin) yang mampu mengurangi sebum sehingga mengurangi penyebab timbulnya jerawat.
Berperan sebagai iritan sehingga meningkatkan produksi sel tanduk sehingga mampu melemahkan dan mendesak komedo untu keluar.

Dari pemaparan di atas, kok kayaknya postif-positif banget fungsi asam retinoat yah ? kenapa bisa masuk kedalam daftar ingredients yang berbahaya?
  • Potensi sebagai iritan. Pada kulit normal, asam retinoat yang dioleskan akan menimbulkan peradangan pada kulit. Gejala yang sering muncul adalah sensasi rasa agak panas, menyengat, kemerahan, eritema sampai pengerasan kulit. Selain itu, Hipopigmentasi maupun hiperpigmentasi, akantosis (hiperplasia dan penebalan abnormal lapisan tanduk) dan parakeratosis(persistensi nukleikeratinoasit pada lapisan tanduk) pada dosis yang lebih tinggi dari dosis terapi, efek terapinya tidak akan meningkat dan dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan menurunnya keratinisasi dan produksi sebum sehingga kulit semakin kering dan tipis.   
  • Potensi sebagai zat karsinogen (menyebabkan kanker) . Penggunaan asam retinoat pada mencit albino dan mencit berpigmen terbukti dapat meningkatkan potensi karsinogen akibat radiasi sinar UV-B dan UV-A.  
  • Potensi sebagai  zat teratogen (menyebabkan cacat janin). Telah dilaporkan bahwa bayi yang terlahir dari seorang wanita yang mengoleskan asam retinoat 0,05%  sebanyak dua kali sehari untuk wajah berjerawat, sebelum dan selama kehamilan, mengalami malformasi berat pada wajah seperti kecacatan langit-langit mulut, bibir sumbing, celah kelopak mata menyatu, hipertelorisma (peningkatan abnormal jarak antara dua organ/bagian), defisiensi lubang hidung kiri dan kelainan sistem saraf pusat serta hidrosefalus, kasus keguguran dan kelahiran prematur telah dilaporkan usai penggunaan asam retinoat. (source BPOM RI).
  • 3.    Hidrokinon
Hidrokinonadalah zat reduktor yang mudah larut dalam air. dia memiliki kemampuan untuk menghambat pembentukan melanin dengan cara menghambat enzim tyrosinase. Dengan dihambatnya enzim tersebut, maka penumpukan pigmen di dalam sel dapat dicegah sehingga menyebabkan kulit tampak lebih cerah. Penggunaan hidrokinon dalam krim wajah dapat menyebabkan kulit menjadi sensitive terhadap sinar matahari.

Sebenarnya hidrokinon ini merupakan suatu jenis obat kulit dan gak boleh dicampur dengan krim pemutih kulit karena apabila dia digunakan dalam jangka panjang akan mengakibatkan ritasi kulit, merah terbakar, kering serta perubahan warna kehitaman yang permanen.

Penggunaan hidrokinon sebagai obat kulit harus dengan resep dokter, gengs.

Sebenarnya penggunaan hidrokinon dalam kosmetik ini masih diperdebatkan. Menurut FDA  pada tahun 1982, kadar aman hidrokinon di bawah 2 %.  Terus pada tahun 2006 America Academy of Dermatology menganjurkan penggunaan hidrokinon 4% yang digunakan dengan pengawasan dokter masih tergolong aman. Tapi baru baru ini CIR pada tahun 2014 melaporkan bahwa penggunaan hidrokinon yang diizinkan pada kosmetik itu sebanyak 1% atau kurang. Dan sekarang udah gak dibolehin lagi beredar secara bebas, menurut peraturan BPOM taun 2011.

Efek toksin hidrokinonterjadi karena hidrokinon berkompetisi dengan tirosin sehingga substratuntuk tirokinase (enzim yang berperan dalam pembentukan melanin), sehingga tirosinasemengoksidasi hidrokinon dan menghasilkan  benzokinon yang toksik terhadap melanosit.

Ciri skincare yang mengandung hidrokinon :
  • Warnanya bisa berubah kecoklatan kalo dibiarkan di dalam udara luar, makanya dia harus di simpan di kulkas
  • Memutihkan secara instan
  • Timbul iritasi kulit
  • Warna kulit jadi pucat
  • Tidak timbul jerawat sama sekali
Sampai disini dulu ya gengs, ntar kepanjangan bahasannya berasa belajar UN deh.