Stres merupakan bagian dari kehidupan manusia yang lazim kita jumpai dalam kehidupan sehari hari. Mungkin kita tidak dapat menghindari nya, namun kita dapat menguranginya sehingga tidak berdampak terlalu buruk bagi kesehatan jiwa dan tubuh kita.

Banyak di ketahui bahwa stres memiliki andil besar dalam faktor resiko pada banyak penyakit dan gangguan kesehatan, seperti depresi, kecemasan, hipertensi, stroke, obesitas, sakit kepala, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan masih banyak yang lainnya.

Salah satu cara efektif dan menyenangkan untuk meredakan stres adalah dengan aromaterapi yang telah banyak di gunakan sejak jaman mesir kuno. Selain untuk meredakan stres, aromaterapi juga populer digunakan untuk meningkatkan mood.

Saat ini aromaterapi cukup populer digunakan di salon untuk spa atau sauna sebagai campuran minyak pijat atau air mandi. Bahkan aromaterapi juga banyak di gunakan sendiri di rumah untuk di campurkan pada penyemprot ruangan atau lilin beraromaterapi. Kebanyakan di rumah menggunakan aromaterapi untuk memperbaiki mood dan stres.


Manfaat Aromaterapi

Aromaterapi adalah penggunaan minyak esensial yang berasal dari tumbuhan, buah, bunga, kulit kayu dan jenis bahan organik lainnya. Aromaterapi memiliki banyak manfaat baik untuk fisiologis maupun psikis.  Kekuatan aromanya dapat membantu mempengaruhi dan mengubah suasana hati, menyeimbangkan, menstimulasi, rileks, menyegarkan dan meremajakan tubuh, mempercepat penyembuhan luka, mengurangi peradangan, dan bertindak sebagai analgesik.

                                                                                           
 
Cara Kerja Aromaterapi

Minyak esensial bekerja langsung pada pusat-pusat otak, yang memiliki efek pengatur pada kelenjar hipofisis yang dikenal sebagai hipofisis, melalui hormon-hormon dengan sistem endokrin lainnya. Aroma yang di hirup, indera penciuman mengirimkan sinyal ke otak yang kemudian memproses aroma dan memiliki efek terhadap sistem neurologis dan sistem tubuh. Sehingga dapat membantu meringankan banyak gejala dan menenangkan pikiran.

                                                           


Aromaterapi untuk  Meredakan Stres

Banyak jenis aromaterapi yang di gunakan untuk meredakan berbagai gejala gangguan pada tubuh kita. Untuk melawan stres kita dapat menggunakan aroma lavender, jeruk atau chamomile, minyak lemon, jasmine, pepermint. Dari beberapa wewangian yang diuji oleh para peneliti aromaterapi, lavender paling efektif untuk menenangkan gelombang otak dan mengurangi stres.


                                                         


Cara Penggunaan Aromaterapi

Ada tiga cara penggunaan aromaterapi yakni secara topikal, difusi udara dan inhalasi. Aplikasi topikal di  gunakan langsung di kulit, sebagai alat bantu pijat atau kompres. Difusi udara digunakan sebagai pewangi atau disinfeksi lingkungan. Sedangkan inhalasi  langsung di gunakan dengan cara dihirup langsung dan biasanya untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan pernafasan atau psikologis.


                                                            


Pilihlah aroma yang tidak tidak terlalu kuat agar nyaman di hidung anda dan hindarkan agar tidak terkena mata. Satu tips penting adalah efek minyak esensial aromaterapi berbeda beda, tergantung kondisi masing masing.