Rangkaian produk Erhair Hair grow Series
Sewaktu habis melahirkan Myesha rambutku rontok parah bahkan sampai mengotori lantai kalau menyisir rambut, terlebih lagi aku pakai jilbab dan sering tugas ke lapangan. Kondisi hormon sehabis melahirkan, kulit kepala panas, berminyak dan lepek memperparah keadaan rambutku saat itu. Bahkan kerontokannya sudah mulai memperlihatkan tanda tanda kebotakan dini. Sudah berbagai macam cara dan produk yang aku pakai, tapi hasilnya gitu gitu aja alias tidak memuaskan hati. :(

Tidak berapa lama dari fase kerontokan itu akhirnya aku hamil, dalam hati udah kepikiran nih "Assiikk hamil.. rambutku pasti lagi bagus-bagusnya" Tapi kenyataannya ga begitu huhuhu.. sedih akutu.. karena rontok itu masih ada dan malah bertambah parah..




Sumber: https://giphy.com
nangis dipojokan sambil korek pasir

Ada tiga jenis masalah kerontokan rambut yang biasa ditemukan. Jenis yang paling umum ditemui adalah Alopecia Androgenic. Hal ini disebabkan oleh faktor genetik, yaitu hormon androgen yang mengakibatkan penyusutan dan gangguan pertumbuhan folikel rambut. Jenis kerontokan kedua adalah telogen effluvium, yaitu yang disebabkan oleh kelainan siklus rambut selama fase telogen, sehingga rambut mengalami kerontokan lebih banyak saat menyisir atau mencuci rambut. Jenis kerontokan ketiga adalah alopecia areata, dimana sistem imun tubuh menyerang folikel rambut karena salah mengidentifikasi folikel sebagai benda asing dalam tubuh. Akibatnya, kulit kepala di sekitar rambut akan mengalami peradangan ringan dan kerontokan yang mengakibatkan munculnya ‘pitak’.

Trus aku masuk kategori mana?

Salah satu teman merekomendasikan untuk konsultasi ke Dokter. Uuuhh kan mahal banget juragan.. mending beli popok daripada ngurusin rambut. Eh tapi jadi kepikiran, kebawa mimpi, lama lama malah jadi teror si rambut rontok ini.

Kalau liat ini sekarang bawaannya pengen masuk beb
Nah kebetulan dekat rumahku daerah Grand Galaxy ada Erha Apothecary,  yaudahlah yaa..  Daripada lama lama jadi botak rambutku ini,  cuss lah kesana.. Sebenarnya produk
Erhair Hair Grow Series ini sudah lama aku dengar manfaatnya dari teman teman lain,  tapi baru kali ini aku berani coba, karena pada awalnya aku udah pesimis rambutku tetap rontok.. Tapi lihat teman-teman banyak yang berhasil, jadilah tekadku bulat.. Oiya sekadar info, kamu bisa beli produk apapun seperti Erha Skin atau Erha hair langsung tanpa resep dokter yaa di Erha Apothecary ini.


Erhair HairGrow Shampoo

erhair Hair Grow Shampoo
Kemasan:
Dilihat dari kemasan yang putih dan simple ini ciri khas Erha banget yaa.. karena seperti yang kita tahu, produk Erha lebih mementingkan kualitas isi produknya ketimbang kemasan mewah nan gonjreng.. Tapi ini jadi nilai plus, karena dengan kemasan simple begini harga yang mereka jual beneran "kualitas isinya". Kemasan plastik yang cukup keras ini, menurutku sangat kuat buat dibawa traveling, jadi ga perlu takut isinya ceceran kemana mana.

Kemasan tampak belakang
Klaim:
Diformulasikan secara khusus untuk tahap pemeliharaan mengurangi kerontokan rambut. Diperkaya bahan alami ekstrak Cucurbita Pepo Seed, ekstrak Ginseng dan Niacinamide yang berfungsi melancarkan mikrosirkulasi serta mengoptimalkan penyerapan nutrisi vitamin dan mineral, sehingga efektif merangsang pertumbuhan rambut baru sekaligus menghambat hormon penyebab kerontokan. Erhair HairGrow Shampoo menggunakan bahan-bahan alami sehingga cocok digunakan setiap hari. (Sumber: https://erha.co.id)

Tekstur:
Shampoonya bening, cair dan tidak berbau. Shampoo jenis begini sih yang aku cari selama ini. karena sudah beberapa tahun aku menghindari busa atau detergent terlalu banyak. Cuma bagi sebagian orang shampoo jenis ini boros karena merasa ga bersih kalau keramas busanya belum berlimpah ahahahaha.. yaa kan tipikal orang orang kita sudah terbiasa pakai shampoo banyak busa beb.. Menurutku aku nyaman nyaman aja pakai shampoo sedikit busa, jadi pasti awet isinya.

Beberapa teman menyarankan beli shampoo ini barengan sama kondisionernya yang Restoring Hair Moisturizer biar ga kering, tapi berhubung aku masih punya kondisioner yang lama jadi pakai shampoonya aja cukup.

Harga :
Botol 100 ml : Rp. 61,500
Botol 250 ml : Rp. 135,500

Cara Pemakaian:
Basahi rambut, busakan hair grow shampoo pada telapak tangan. Oleskan pada rambut, diamkan 1 menit. kemudian bilas.


ERHAIR HAIRGROW SERUM


Kemasan:
Yang aku punya ini isinya 7 botol isi 8ml serum, yang katanya 1 botol untuk sekali pemakaian. Tapi karena pemakaian di kulit kepala langsung, baru setengah botol aja udah cukup menurut aku. Di kemas dalam dus yang cukup melindungi botol kaca, menurutku sudah tepat karena tidak khawatir botol pecah. Di luar dus informasi yang dibutuhkan juga cukup komplit, sehingga memudahkan kita memakai produk sesuai anjuran dan kebutuhan.

Isi botol dalam dus Hair Grow serum
Kemasan botolnya juga tebal dan tidak ringkih, pernah aku bawa dalam pouch kosmetik saat berpergian dan aman (tidak tumpah atau pecah). Sejauh ini ga ada masalah sih sama kemasannya Erha.

Klaim:

mengandung kombinasi bahan Hair Growth Stimulant untuk membantu mengurangi rambut rontokpada Androgenetic Alopecia yang hasilnya mulai terlihat setelah 7 hari pemakaian, serta merangsang regenerasi rambut.

ERHAIR HAIRGROW SERUM dengan kandungan vasodilator dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut baru/ regenerasi rambut.

ERHAIR HAIRGROW SERUM menutrisi kulit kepala dengan kandungan nutrisi, vitamin dan mineral di dalamnya serta mengandung antiiritasisehingga sesuai untuk kulit sensitif.


Bekerja sinergis dengan ERHAIR HairGrow Shampoo :
1. Efektif membantu mengurangi kerontokan
    rambut dalam 3 minggu*
2. Efektif membantu meningkatkan
    pertumbuhan (densitas) rambut dalam
    4 minggu*

*pengujian terhadap pasien AGA (Androgenetic Alopecia) dalam perbandingan dengan placebo dan produk pembanding.
(Sumber:https://erha.co.id)

Tekstur:
Ada corong khusus untuk memudahkan pemakaian pada kulit kepala
Tekstur dari erhair HairGrow Serum mirip sama tonic, cair, tidak lengket dan mudah meresap. Kenapa aku ga pakai tonicnya? karena sedang dalam masa hamil dan menyusui, sebisa mungkin aku menghindari terlalu banyak bahan-bahan yang meresap langsung kedalam kulit. Jadi teman teman yang mau pakai hair tonic atau serum pastikan dulu yaa kandungannya aman untuk kita. Untuk penjelasan lebih lanjut bisa hubungi dokter di Erha Clinic yess..

Perbedaan dengan tonic, si serum ini lebih mudah meresap dan semacam booster gitu.. jadi pertumbuhan rambut lebih terlihat hasilnya.


Harga:
1 box @ 7 x 8 ml : Rp. 173,000
1 box @ 28 x 8 ml : Rp. 622,500

Awalnya aku pikir serum ini mahal banget, tapi ternyata baru pakai beberapa hari saja udah mulai menampakan hasil yang signifikan jadi worth it lah harga segitu.

Cara Pemakaian:
Aplikasikan satu dosis ERHAIR HairGrow Serum sekali sehari pada kulit kepala yang sudah dibersihkan dalam keadaan kering atau setengah basah. Pijat lembut kulit kepala dengan ujung jari tangan dengan gerakan melingkar untuk membantu penyerapan. Tidak perlu dibilas.

Result:
Penggunaan Erhair Hair Grow Serum dan Shampoo secara teratur selama 7 hari sudah mulai terlihat tanda tanda rambut tumbuh dan kurangnya kerontokan ketika keramas dan menyisir, akar rambut juga terasa lebih kuat.


Rating:
9/10

Repuchased: Yes

Maunya sih konsultasi langsung dengan dokternya ke Erha Clinic biar lebih baik hasilnya (terdekat dari rumah kayaknya cuma daerah Cipinang deh). Tapi untuk sementara ini masih heboh sama persiapan melahirkan, jadi menurutku cukup pakai HairGrow shampoo dan serumya aja dulu. Toh rambutku udah ga rontok parah lagi..



Sebenarnya masalah kerontokan ini mulai membuat aku khawatir sih, karena kakakku sudah menunjukan kebotakan yang cukup serius. Aku takut ini bukan karena hormon kehamilan dan menyusui tapi memang bawaan genetik.. Aku menyarankan kakak untuk konsultasi ke Erha Clinic untuk dapat produk dan advanced treatment seperti ‘Hair Follicle Activation Therapy’. Karena saat rambut kita sudah rontok lebih dari 100 helai per hari, itu bukan lagi kondisi yang wajar beb.

Hair Follicle Activation (Red Light)
alat untuk Hair Follicle Activation Therapy (Automicroneedling)

Apa itu  Hair Follicle Activation Therapy? 
merupakan suatu tindakan yang digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan  rambut khususnya pada  AGA (androgenetic alopecia), yaitu kerontokan rambut yang disebabkan oleh factor genetic dan hormonal. Tindakan ini merupakan kombinasi Electroporation Needle System (yang menggunakan Auto Microneedle dan electroporation) dan Red Light Therapy. Tindakan ini secara efektif dapat meningkatkan penetrasi obat atau serum sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Harga Hair Follicle Activation Therapy di Clinic Erha sekitar:
Single : Rp 1.300.000,-
Paket 4x : Rp 4.680.000,-

Hapal banget ya sis aku... ahahaha.. aku sudah googling bertahun tahun mengenai masalah kerontokan rambut ini. Apalagi sejak ada kasus kakak dan om-om dari keluarga papa yang rambutnya botak. Aku juga pakai jilbab yang tugasnya dilapangan pula.. lengkap beb kekhawatiran akutu.




Tips mengatasi rambut rontok:
  1. Pakailah produk rambut yang sesuai dengan kondisi kulit kepala dan permasalahan rambut
  2. Makanlah makanan yang bernutrisi tinggi dan mengandung zat, protein, asam lemak omega 3, vit b komplek dan vit C. Kalau perlu vitamin tambahan khusus rambut.
  3. Olahraga teratur, hindari rokok dan makanan junk food
  4. Hindari penggunaan hair dryer, catokan rambut dan sejenisnya
  5. konsultasikan dengan dokter ahli, jika rontok semakin tidak wajar
Semoga rambutku bisa sekuat dan sepanjang ini
Setelah tahu banyak tentang kerontokan rambut, aku mulai sadar pentingnya nutrisi dan perawatan yang tepat untuk rambut aku. Ga ada lagi deh asal asalan pakai produk perawatan rambut, ga ada lagi deh makan sembarangan, ga ada lagi deh mengikat terlalu kencang, ga ada lagi deh menyepelekan masalah rambut. Huhuhu... saya tobat kisanak..!!

Untung sekarang udah tahu nih mau kasih tips apa kalau ada yang tanya masalah rambut. Eh btw.. setelah berhasil pakai produk perawatan erhair HairGrow series dari Erha, sekarang aku mulai melirik produk skin carenya juga nih, karena kulit sensitifku kadang gabisa diajak kompromi sama makeup. Mungkin kapan kapan aku mau main ke Erha Skin (khusus permasalahan kulit) di daerah Jatiwaringin.

Untuk info lebih lanjut, teman teman bisa klik:

·      Website: https://www.erha.co.id/
·      IG: @erha.dermatology



“Perfect Hair Become Real”
RAMBUT SEHAT DAN LEBAT DENGAN PRODUK ERHAIR dan ERHA HAIR FOLLICLE ACTIVATION THERAPY