Sejak melahirkan anak pertama di tahun 2013, rambut rontok udah bukan hal yang aneh lagi buat aku. Padahal sebelumnya dulu rambut aku tuh selalu panjang, tebal, dan sehat deh. Selalu sedih kalau inget dulu rambut tuh bagus banget.
Jadi awalnya aku kira rambut rontok aku disebabkan oleh kondisi rambut yang terlalu panjang, terus aku potong pendek deh rambutku. Awal-awalnya emang sempet rontoknya berkurang, tapi sampai sekarang ternyata masih terus aja rontok. Apalagi kalau rambut udah panjang sedikit (di bawah bahu) pasti langsung deh, disisir pakai jari aja pasti ada helaian rambut yang rontok. Yup, kondisi rambutku sekarang malah bukan rontok lagi melainkan sudah rapuh gitu.



Beberapa waktu yang lalu aku ditawari untuk mencoba perawatan rambut dari ERHA Dermatology yaitu sepaket Erhair Hair Grow Shampoo dan Serum. Produk perawatan rambut ini dijual bebas tanpa resep dokter dan bisa kamu dapatkan di ERHA Apotecary terdekat.


Namun apabila kamu masih mengalami permasalahan kerontokan rambut lebih dari 100 helai dalam sehari, dianjurkan untuk melakukan perawatan lebih lanjut , yaitu treatment Hair Follicle Activation Theraphy di Erha Clinic.


Hair Follicle Activation Theraphy adalah tindakan yang digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut khususnya pada pasien yang mengalami kerontokan rambut yang disebabkan oleh faktor genetik dan hormonal (androgenetic alopecia).

Auto Microneedling


Red Light Theraphy

Teknologi yang digunakan dalam treatment ini adalah penggunaan Electroporation Needle System dan Red Light Theraphy. Electroporation Needle System akan secara efektif menghantarkan obat ke dalam kulit kepala hingga ke lapisan dermal dan Red Light Theraphynya berfungsi sebagai hair growth stimulant, yaitu meningkatkan aliran darah sehingga oksigen dan nutrisi terbawa ke folikel rambut dan menstimulasi perawatan rambut.

Nah, selanjutnya bakal aku bahas lebih lanjut mengenai produk Erhair Hair Grow Series yang aku terima ya! Sebelumnya aku bakal kasih sedikit infografik mengenai rambut rontok.





Jadi untuk memaksimalkan efeknya, kita dianjurkan untuk menggunakan Erhair Hair Grow Shampoo dan Serum secara bersamaan. Pertama kita mencuci rambut menggunakan Erhair Hair Grow Shampoo lalu kemudian dalam kondisi rambut setengah kering atau towel-dried, kita mengaplikasikan Erhair Hair Grow Serum di kulit kepala dengan menggunakan aplikator yang telah disediakan.

Erhair Hair Grow Shampoo

 

Erhair Hair Grow Shampoo dikemas dalam botol berukuran sedang dengan netto produk 250ml. Pada bagian depannya tertulis mengenai key ingredients produk, seperti Panax Ginseng Extract & Pumpkin Seed Extract. serta klaim bahwa sampo ini cocok untuk semua jenis rambut. Produk ini diformulasikan khusus untuk mengurangi kerontokan rambut.
Sedangkan pada bagian belakangnya terdapat product information yang meliputi product knowledge, cara pemakaian, dan ingredient list. Untuk product knowledge dan cara pemakaian masing-masing ditulis dalam 2 bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Ingredients: Aqua, Sodium Cocoamphoacetate, Sodium Chloride, Disodium laureth Sulfosuccinate, Decyl Glucoside, Glycerin, PEG-120 Methyl Glucose Dioleate, PEG-7 Glyceryl Cocoate, Prunus Amygdalus Dulcis Seed Extract, PEG-150 Distearate, Fragrance, Sodium Citrate, Maltodextrin, Panax Ginseng Root Extract, Niacinamide, D-Panthenol, Citric Acid, Hydrolyzed Wheat Protein, Cucurbita Pepo Seed Extract, Zinc Gluconate, Polyquarternium-10, Disodium EDTA, Copper Gluconate, Methylchloroisothiazolinone, Methylisothiazolinone, DMDM Hydantion, Methylparaben, Propylparaben.

Yang menarik disini adalah adanya Niacinamide untuk produk sampo, dimana sebelumnya kita familiar dengan Niacinamide sebagai salah satu skincare ingredients yang berfungsi untuk mencerahkan kulit. Namun ternyata Niacinamide, salah satu bentuk dari Niacin (nama ilmiah untuk vitamin B3) juga sudah terbukti secara klinis untuk membantu memperbaiki sirkulasi darah pada kulit kepala, mengurangi inflammation pada kulit kepala dan merangsang produksi keratin (sumber).
Selain itu produk ini juga mengandung Cucurbita Pepo Seed yang dapat menghambat pembentukan DHT (Dihidrotestosteron) yang menyebabkan kerontokan pada rambut serta kandungan Almond Extract, Zinc Gluconate, dan Copper Gluconate yang dapat menutrisi kulit kepala dan mendukung pertumbuhan rambut. Panax Ginseng Extract yang terkandung dalam produk ini juga dapat meningkatkan mikrosirkulasi yang membawa nutrisi pada kulit kepala.


Berikut adalah tekstur dari Erhair Hair Grow Shampoo, seperti sampo pada umumnya, tidak terlalu runny, dan tanpa artificial coloring. Meskipun mengandung fragrance, tapi wangi parfumnya faint sekali alias tidak tercium dengan jelas di hidung. Jika kamu tipe orang yang ingin rambut wangi setelah keramas, kamu mungkin bisa menggunakan hair perfume atau hair mist setelah keramas menggunakan Erhair Hair Grow Shampoo.

Cara pemakaiannya kurang lebih seperti sampo pada umumnya, yaitu dibusakan lalu diaplikasikan ke rambut dan kulit kepala. Lalu diamkan selama kurang lebih 1 menit setelah itu dibilas hingga bersih.

Erhair Hair Grow Serum




Produk ini terdiri dari satu set berisi 7 ampoule kecil dengan netto 8ml yang dapat digunakan selama 7 hari. Dikemas dalam kotak berukuran cukup besar, pada bagian belakang kotak terdapat product information seperti product knowledge, cara pemakaian, dan ingredient list.
Erhair Hairgrow Serum mengandung kombinasi bahan Hair Growth Stimulant untuk menbantu mengurangi rambut rontok yang hasilnya mulai terlihat setelah 7 hari pemakaian dan dapat merangsang regenerasi rambut.

Ingredients: Aqua, Ethyl Alcohol, Diaminopyrimidine Oxide, Ethylhexylglycerin, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Niacinamide, Dipotassium Glycyrrhizate, Panax Ginseng Root Extract, Maltodextrin, Arginine, Dipotassium Phospate, Xylitylglucoside, Anhidroxylitol, Xylitol, Citric Acid, D-Panthenol, Biotin, Fragrance, Disodium EDTA, Copper Gluconate, Phenoxyethanol.

Erhair Hair Grow Serum mengandung vasolidator yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut baru. Selain itu juga kandungan vitamin dan  mineralnya dapat menutrisi kulit kepala dan Erhair Hair Grow Serum juga mengandung antiiritasi sehingga dapat digunakan untuk pemilik kulit kepala sensitif sekalipun.

 

Bisa dilihat pada foto di atas tekstur dari Erhair Hair Grow Serum ini cenderung encer seperti air, tidak berwarna, dan juga tidak berbau. Pas banget untuk aku yang sekarang lagi concern dengan fragrance-less product. Terdapat aplikator terpisah yang dapat dipasang di mulut masing-masing botolnya untuk mengeluarkan produk sedikit demi sedikit ke kulit kepala.
Cara pemakaiannya adalah aplikasikan 1 dosis (1 botol serum) sehari sekali pada kulit kepala yang sudah dibersihkan menggunakan Erhair Hair Grow Shampoo sebelumnya, lalu pijat lembut kulit kepala menggunakan ujung jari tangan dengan gerakan melingkar untuk membantu penyerapan. Setelah pengaplikasian, serum ini tidak perlu dibilas (leave-on).


Overall, aku sudah menggunakan kedua produk ini selama 2 minggu dan menurut aku rambut aku terasa lebih kuat, tidak serapuh biasanya. Memang rambut rontok masih ada, tapi tidak sebanyak dulu. Nanti bakal aku kasih update juga untuk hasil-hasil pemakaian di minggu-minggu selanjutnya, karena menurut klaim, Erhair Hair Grow Shampoo dan Serum akan terlihat hasilnya dalam mengurangi kerontokan rambut setelah 3 minggu (dengan pemakaian yang continued) dan membantu meningkatkan pertumbuhan (densitas) rambut dalam 4 minggu.

Untuk mengurangi rambut rontok, selain menggunakan Erhair Hair Grow Shampoo dan Serum, kalian juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya zat besi dan asam folat, seperti jeruk, asparagus, brokoli, dan alpukat. Selain itu juga hindari mengikat rambut terlalu kencang dan keramas setiap hari. Mudah-mudahan bisa membantu kalian untuk mengatasi rambut rontok ya!


Get to know more about ERHA Dermatology

Score: 9/10
Where To Buy? Erha Apotecary
Price:
Hair Follicle Activation Theraphy: IDR1.300.000 (single treatment)
IDR4.680.000 (paket 4x)
Erhair Hair Grow Shampoo: IDR135.500
Erhair Hair Grow Serum: IDR173.000 (7x8ml)
IDR622.500 (28x8ml)



This is a sponsored post. Erha Dermatology sends me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience