DIY Ring Light Praktis dan Murah dibawah 150K
 

Halo Beauty...
 
Kali ini aku mau berbagi TIPS Cara Membuat Ring Light Praktis dan Murah yang pastinya ramah di kantong ya hehe...Alasan aku butuh ringlight karena aku mempunyai kendala dengan pencahayaan untuk membuat video tutorial atau foto produk, karna kondisi kamarku yang kurang terang. Sempat mau beli ring light online dan udah tanya-tanya juga tapi kok harganya kurang bersahabat sama aku hihi.. Sebenernya aku sih butuhnya yang biasa aja jadi gak perlu yang mahal yang penting  bisa  dipakai, yasudah aku menunda untuk membelinya.

Akhirnya aku inget kalau punya tripod yang udah gak terpakai lagi dan seketika sepintas ide untuk membuat ring light pun muncul. Dan dihari itu juga aku dan suami langsung pergi ke toko listrik untuk melihat-lihat lampu dan peralatan lainnya. Setelah mencari lama sampai 3 toko dan tidak dapat juga ternyata memang disini jarang yang menjual lampu neon yang bulat. Akhirnya toko ke-4 yang kami datangi ada lengkap banget dari mulai lampu sampai ke colokannya, alhamdulillah ya...
 
Sesampainya di rumah kami langsung membuatnya saking gak sabarnya hehe. Ternyata proses DIY ini gak lama kok hanya membutuhkan waktu 10-15 menit aja kalau kita sudah punya alat dan bahannya loh. Aku seneng banget bisa buat ring light semurah ini dengan harga Rp 142.000 aja dan itu sudah lengkap semua dari mulai tripod, lampu, dll.
Untuk DIY Ring Light ini aku membuat dengan 2 model yaitu Model 1 dengan biaya Rp 142.000 dan Model 2 dengan biaya Rp 159.000 . Yukk liat proses dan rincian pembuatannya :)
 
 
 
      ✨ ALAT DAN BAHAN ✨
DIY Ring Light Praktis dan Murah dibawah 150K
Lampu Philips 32 watt
 
DIY Ring Light Praktis dan Murah dibawah 150K
 
DIY Ring Light Praktis dan Murah dibawah 150K
 
DIY Ring Light Praktis dan Murah dibawah 150K
DIY Ring Light Praktis dan Murah dibawah 150K
Tripod Weifeng 1m
DIY Ring Light Praktis dan Murah dibawah 150K
✨ CARA MEMBUAT  MODEL 1 
Model 1  
(Beli di Toko Listrik)  
   
Fitting Lampu Rp 32.000
Lampu Philips 32 watt Rp 40.000
Lamp Holder Adapter Rp   8.000
Kabel 3 meter Rp 12.000
   
(Beli di www.jakmall.com)  
Tripod Weifeng 1m Rp 50.000
   
Total Biaya Model 1 Rp 142.000
 
LANGKAH-LANGKAH
STEP 1
Sambungkan kabel dengan lamp holder adapter/socket female
DIY Ring Light Praktis dan Murah dibawah 150K
STEP 2
Pasang fitting lampu dengan cara memasukan pipa pada bagian tengah di sisi kiri dan kanan pada bagian ujungnya.
DIY Ring Light Praktis dan Murah dibawah 150K
 
STEP 3
Masukkan kabel yang ada di fitting lampu lalu sambungkan ke dalam colokan yang terdapat dilampu
 
DIY Ring Light Praktis dan Murah dibawah 150K
STEP 4
Hasil dari step 2 dan step 3, fitting lampu sudah menyambung ke lampu neon.
 
DIY Ring Light Praktis dan Murah dibawah 150K
STEP 4
Pasang neon ke socket female, lalu di solasi dibagian atas dan bawah tripod. Untuk bagian atas solasi dengan double tape spons yang tebal berwarna hijau dan untuk bagian atas solasi hitam.
 
DIY Ring Light Praktis dan Murah dibawah 150K
STEP 5
DIY Ring Light Praktis dan Murah dibawah 150K
Ringlight sudah jadi, selesai untuk model 1.
DIY Ring Light Praktis dan Murah dibawah 150K
 
 
 
✨ CARA MEMBUAT  MODEL 2 
Model 2  
   
(Beli di Toko Listrik)  
Fitting Lampu Rp 32.000
Lampu Philips 32 watt diameter 30cm Rp 40.000
   
(Beli di www.jakmall.com)  
Tripod Weifeng 1m Rp 50.000
Lamp Holder Single Socket E27-Dudukan Payung Rp 37.000
   
Total Biaya Model 2 Rp 159.000

LANGKAH-LANGKAH
STEP 1
Ikuti step 2 sampai step 4 yang diatas, kemudian....
 
STEP 2
Lepas ujung tripod yang berbentuk kotak lalu ganti dengan lamp holder single, tinggal di pasang biasa, masukkan di besi tripod.
DIY Ring Light Praktis dan Murah dibawah 150K
Tampilan depan lamp holder single
STEP 3
Pasang lampu ke lamp holder single...Selesai
DIY Ring Light Praktis dan Murah dibawah 150K
Ditampilan belakang lamp holder single terdapat tombol ON OFF...praktis bukan :) Selain itu kalian juga bisa mengatur naik turunnya lampu dengan menggunakan putaran di kanan.
DIY Ring Light Praktis dan Murah dibawah 150K
Tampilan belakang lamp holder single
Hasil Model 2
DIY Ring Light Praktis dan Murah dibawah 150K
DIY Ring Light Praktis dan Murah dibawah 150K
Foto Model 2
Yaaash.....Ini hasil akhir dari ring light yang aku buat, sederhana bukan? Kalian pasti bisa membuatnya juga. Sekarang gimana kalian deh mau buat  model 1 atau model 2. Kalau kata aku Model 1 ini untuk dikerjakan cewek agak ribet di bagian step 1 yang bagian kabel tapi kalau bisa masangnya gpp lanjukan aja dan dia murah. Kalau Model 2 praktis banget karna alat-alatnya tinggal pasang biasa aja, hanya agak beda beberapa ribu aja sih tapi simple. Untuk bahan-bahan tidak usah khawatir karna alat dan bahan tidak susah didapatnya kalian tinggal beli di toko listrik atau beli online saja.
 
Sekian DIY Ring Light ala Melia. Semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian ya. Yang mau tanya langsung comment dibawah ya, insyaallah aku bisa bantu :)
 
...Thank you for reading and coming here...