Sumber: Website Realme
Realme 3 datang ke Indonesia dengan berbagai keunggulan, dari mulai kamera, baterai, hingga prosesornya. Tak heran jika realme 3 dapat menarik perhatian banyak orang saat diluncurkan beberapa hari yang lalu.
Dengan segala hype yang dibawanya, kami pun penasaran ingin mencobanya. Kebetulan, kami mendapatkan salah satu unit realme untuk di-review. Berikut hasil review kami setelah menggunakan realme 3 kurang lebih seminggu.

Sumber: Website Realme
Desain
Dengan menggunakan layar water drop berukuran 6,22 inci dan bezel 2,05mm, Realme 3 menawarkan rasio screen-to-body sebesar 88,3% yang menghasilkan tampilan super lebar, dan tampilan yang jauh lebih efisien.
Realme 3 hadir dengan bahasa desain yang futuristik. Disebut unibodi, bodi realme 3 tidak memilii  bingkai tengah yang membuatnya lebih  nyaman untuk digenggam. Hal ini membuat desain realme 3 berbeda dari produk kebanyakan yang masih menggunakan konsep ala sandwich.
Warna gradasi yang digunakan realme 3 juga membuat smartphone ini terasa lebih indah untuk dipandang. Kehadiran warna Radiant Blue dan Dynamic Black membuat realme 3 tampak lebih unggul dari produk lainnya di pasaran.



Spesifikasi
realme 3 disokong oleh prosesor canggih Helio P60  yang dibangun menggunakan teknologi 12 nm. Teknologi tersebut membuat manajemen daya di realme 3 berjalan sangat efisien. P60 hadir dengan multi-threaded APU (AI Processing Unit), yang mencakup prosesor multi-inti dan prosesor smart control logic.
realme 3 didukung oleh sistem ColorOS 6.0 terbaru, Realme 3 mengadopsi filosofi desain tanpa batas dan menggunakan blankuntuk mengganti garis pemisah agar mengurangi adanya ‘pemisahan’ secara visual dan menghadirkan antarmuka yang lebih murni. Dengan tampilan ini, pengguna dapat memperoleh informasi lebih efisien saat menggunakan ponsel.
 
Hasil Kamera Realme
Kamera
realme 3 menggunakan dua kamera belakang dengan kombinasi terbaik, yakni kamera utama  13MP + kamera sekunder 2MP. Sementara di depan, realme 3 menyematkan kamera depan 13MP dalam kombinasi lensa 5P. Di kameranya juga terdapat dua fitur canggih yakni Nightscape dan Chroma Boost. Dengan Nightscape, pengguna dapat mengambil foto pemandangan malam hari secara lebih indah. Sementara Chroma Boost membuat warna di foto tampak lebih hidup.


Kesimpulan
Dengan fitur sebanyak ini, tentu saja realme 3 ini sangat layak untuk dibeli. Sekadar informasi, realme 3 dibanderol seharga Rp 1.799.000 untuk varian 3GB/32GB, Rp 2.099.000 untuk varian 3GB/64GB, serta 2.399.000 untuk varian 4GB/64GB. Dengan harga terjangkau realme 3 sangat pantas untuk dibeli konsumen yang membutuhkan smartphone terbaru.