Stres merupakan fenomena yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari hari. Berbagai hal dapat menjadi pemicu stress dan tak sedikit dari mereka yang mengalami efek yang kurang menyenangkan karena stress.

Sangat penting untuk mengetahui bahwa stress bukanlah hal yang sulit untuk di taklukan. Dengan gaya hidup sehat menjadi solusi penting dalam mencegah stress. Dengan 10 cara mudah berikut bersiap siaplah untuk hidup lebih sehat dan bahagia.


Olah Raga

Memperbanyak olah raga akan membuat darah mengalir dan membuat anda merasa lebih baik. Mungkin tidak perlu sampai mengikuti  kelas aerobik atau fitness, jalan kaki atau bermain di luar rumah bersama anak  akan sangat membantu kita membuat lebih rileks.


                                                           


Religius

Bersikap religius adalah lebih mendekatkan diri pada Sang Khalik dengan lebih banyak merenungi tentang banyak nya hal baik yang sudah di anugerahkan kepada kita di banding dengan masalah yang kita hadapi. Dan bahwa masalah yang dihadirkan kepada kita adalah untuk menguji kekuatan kita agar menjadi manusia yang lebih baik dan tangguh.

Cobalah untuk tidak khawatir terhadap sesuatu yang berada di luar kendali anda. Pahamilah kekhawatiran hanya akan menurunkan tingkat kesehatan kita sehingga hanya akan merugikan diri sendiri.


Istirahat Cukup

Saat kita tidur, maka tubuh akan menjadi lebih rileks. Terutama tidur siang yang cukup akan menjadi salah satu pereda stress yang cukup efektif.

                                                           


Menghirup Udara Segar

Udara segar yang banyak mengandung oksigen akan menenangkan syaraf syaraf dalam tubuh kita. Udara segar dapat kita temukan saat pagi atau siang hari di mana kandungan oksigen cukup tinggi. Misalnya menikmati alam, pepohonannya, hangatnya sinar matahari yang menyentuh kulit kita atau menikmati riuh suara ombak di pantai, mensyukuri limpahan karunia Nya melalui panca indera kita, akan membuat kita lebih memahami betapa berharga nya hidup kita jika hanya menghabiskannya untuk stress.

                                                       


Gaya hidup Sehat

Mulai dengan gaya hidup yang lebih sehat dengan makan makanan bernutrisi tinggi. Mengkonsumsi suplemen atau sayur dan buah buahan akan membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih baik dan melawan pengaruh stress pada tubuh anda.
                                                            

Pilih Teman

Cobalah untuk hindari orang orang yang secara emosional berpotensi menghabiskan energi kita setiap kali berada di sekitar mereka, karena pengaruh negatif yang dapat menurunkan kualitas kebahagiaan kita dan membuat stress. Mungkin sulit namun jika kita ingin menekan tingkat stress  ada baiknya kita hindari lingkungan yang berpotensi menjauhkan kita dari berpikir positif.


Hobi

Melakukan apa yang menjadi hobi kita atau mencoba hobi baru bisa menjadi salah satu cara mudah dan efektif untuk mengatasi stress. Dengan melakukan hal positif yang kita suka akan mensekresi hormon yang dapat menenangkan syaraf kita, sehingga membuat kita menjadi lebih rileks.


Ngobrol

Menghubungi teman, sahabat, pasangan atau orang yang kita percaya dan membuat kita nyaman dan mendiskusikan permasalahan yang kita hadapi dengan ngobrol santai akan mengurangi beban di bahu kita atau bahkan membuat kita menemukan ide solutif untuk mengatasi masalah yang sedang kita hadapi.

                                                         
                                                           


Aromaterapi

Menghirup aroma dari minyak esensial dapat membantu kita menurunkan kadar stress. Saat menghirup aroma, saraf penciuman yang bertanggung jawab atas indera penciuman mengirimkan sinyal ke otak. Otak kemudian memproses aroma yang dikatakan memiliki efek dengan sistem dalam tubuh, terutama pada sistem neurologis yang bertanggung jawab atas emosi, suasana hati dan pikiran kita.

                                                      

Jangan biarkan diri kita larut dalam jalur stress. Berusahalah untuk mencegahnya dengan menyelesaikan permasalahan permasalahan kecil tanpa melibatkan emosional berlebihan dan cobalah memberikan sedikit variasi dalam rutinitas kita.