Bismillah

Assalamu'alaikum, Buibu. Masak apa hari ini?

Udah lama banget nih btw saya pengen nerapin food preparation, biar saving time gitu kan kalau masak. Apalagi kendala saya ini setiap harinya selalu bingung mau masak apa. Kalau di kulkas udah sedia bahan masakan kan jadinya tinggal pilih aja yang ada lalu masak, deh. 

Tapi sampai sekarang belum terealisasi nih, karena anak saya lagi hobi banget buka tutup kulkas. 

Entah sehari berapa kali kulkas dibuka tanpa ada tujuan terus ditutup gitu aja. Khawatir kan daya simpan bahan masak yang disimpan bakal jadi lebih cepat busuknya, huhu.

Btw tadi siang saya lagi pengen masak capcay. Kayanya enak makan pake capcay, ayam goreng, dan sambal terasi. Jadilah tadi ke tukang sayur buat beli bahan-bahannya.

Capcay bikinan saya tuh nggak bakal ada baby corn, brokoli, sawi putih, atau kembang kol. Karena saya kalau masak capcay pakenya sayur sop bungkusan itu, haha.



Jadi ceritanya pernah suatu hari lagi pengen banget masak capcay, pas di tukang sayur bahan-bahannya ternyata pada kosong, dan disaranin sama kang sayur buat pake sayur sop sebagai bahan-bahan capcaynya. Akhirnya sampai sekarang kalau masak capcay ya belinya sayur sop bungkusan.

Tinggal kasih campuran udang, bakso, sosis, dll. Tapi biasanya sih kalau saya cuma kasih bakso dan sosis, karena suami alergi seafood

Selain sayur untuk capcaynya mudah dicari, bumbu dan cara memasaknya juga gampang banget. Cocok buat anak kos, nih. Cuma modal bawang putih sama bumbu penyedap aja. Jadi deh capcay goreng enak yang low budget, wkwkwk.


Bahan-bahan capcay a la saya

Oke, ini Resep Capcay Goreng Mudah dan Lezat a la saya

Bahan-bahan 
  • Satu bungkus sayur sop (kentang, daun seledri dan daun bawang nggak perlu dipakai)
  • Dua buah bawang putih
  • Tiga buah bakso sapi
  • Dua buah sosis ayam
  • Satu sdt tepung maizena (optional)
  • Satu bungkus Masako rasa daging sapi isi 10gr
  • Minyak goreng secukupnya
  • 30 ml air matang untuk campuran maizena
Karena ini capcay goreng, jadi nggak perlu penambahan air, ya. Cukup air untuk larutan maizena aja. Wortel dan buncisnya iris tipis biar cepet matang.

Cara membuat
  • Potong-potong sayur, bakso dan sosis sesuai selera. Cuci bersih sayur lalu sisihkan
  • Tuangkan minyak goreng secukupnya ke wajan
  • Masukkan bawang putih yang telah diiris. Setelah harum, masukkan bakso dan sosis, aduk-aduk
  • Masukkan sayur, aduk-aduk lalu tunggu sampai matang
  • Saat sayur hampir matang, masukkan Masako rasa daging sapi secukupnya
  • Setelah sayur matang, masukkan maizena yang telah dilarutkan dengan air lalu aduk sampai mengental.
  • Tiriskan, dan capcay siap disantap
Gampang, kan? Gampang banget!

Meski super simple, tapi rasanya lezaaaat.  Karena di menu ini saya pakai Masako, bumbu penyedap masak rasa daging sapi. 



Fyi, Masako sekarang hadir dengan resep dan kemasan baru, lho. Resep baru ini menghasilkan kaldu yang lebih lezat dengan rasa asin dan gurih yang pas. 

Masako rasanya lebih lezat karena terbuat dari daging asli pilihan serta bahan-bahan yang berkualitas lainnya yang diproduksi di pabrik sendiri. 

Masako rasa daging ayam, terbuat dari ekstrak daging ayam 28x lebih banyak. Sedangkan Masako rasa daging sapi, terbuat dari ekstrak daging sapi 3x lebih banyak dibandingkan dengan produk lain sejenis. 

Untuk Masako rasa daging sapi, sapi yang dipilih adalah sapi lokal dan sapi impor dari Australia (sapi Brahman). Daging sapinya dipilih dari bagian paha depan,  karena dagingnya banyak dan nggak banyak mengandung lemak biar kaldu yang dihasilkan nggak berminyak. 

Ternyata memang setelah diicip capcay yang saya buat,  rasa gurihnya lebih mantap daripada Masako yang formula lama. Kerasa gitu perbedaannya. 

Oh, iya. Capcay yang dibuat menggunakan sayur sop kaya saya ini adalah salah satu contoh masakan yang kaya akan vitamin dan mineral, karena terdiri dari beberapa sayuran. 

Bagus nih untuk kesehatan tubuh, terutama untuk kesehatan ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak karena isinya engkap terdiri dari sayuran, juga protein nabati. Tinggal dilengkapi dengan protein hewani, dan karbohidrat, maka menu empat bintang sudah terpenuhi.

Kalau saya lauknya ayam goreng dan sambel terasi. Alhamdulillah masakannya ludes nggak bersisa. 

Ah, yang masaknya nggak jago-jago amat kaya saya gini pun masakannya bakal enak aja nih kalau ada Masako, hehe.

Salam,