Saat bersinggungan dengan moment pernikahan, hal yang paling menurut saya cukup melelahkan dan memakan banyak waktu dan tenaga untuk memikirkannya adalah bukan mengenai kedua mempelai. Melainkan individu diluar keberadaan mereka, dalam hal ini mungkin keluarga, sahabat dan kerabat. 


Saya akan coba jabarkan beberapa peran rumit yang mungkin saja bisa muncul dalam persiapan peristiwa penting Anda:
1. Orang tua (Ayah Ibu)
    Investigasi bak sinetron dimulai ketika Anda membawa calon pasangan Anda ke hadapan orangtua Anda. Dengan paras yang flat/datar, mereka seolah-olah menerima kehadiran calon Anda. Tidak menutup kemungkinan yang terbesit adalah calon Anda tersebut sebagai si pencuri perhatian Anda dari mereka. 
    Kemudian dimulailah rentetan pertanyaan dengan metode 5W1H pada seputar hubungan Anda dengan calon pasangan Anda.
2. Om dan Tante, Budhe dan Pakdhe, Bulik dan Paklik
    Jika Anda lahir dari sebuah keluarga besar, maka hal ini mungkin sekali terjadi. Campur tangan keluarga besar sangat amat mungkin terjadi dalam proses pernikahan Anda dan calon pasangan.
3. Teman dan sahabat
    Mungkin inilah posisi yang paling bisa membuat Anda nyaman. Karena kontribusinya seringkali malah meringankan langkah Anda dalam menyusun sebuah perencanaan.
4. Tetangga
    Ketika Anda tumbuh dan besar dalam suatu lingkungan tempat tinggal yang akrab. Dimana mungkin kedua orang tua Anda menjadi yang sepuh atau panutan diantara yang lain, maka otomatis isu mengenai pernikahan Anda akan menjadi hal yang selalu ditanyakan. Dengan siapa, Dimana, Kami bisa urun bantu tenaga dan pikiran apa? Semata-mata karena rasa hormat mereka terhadap kedua orangtua Anda
5. Mantan Anda? Hanya jika Anda menikah secara paksa/dijodohkan maka poin no.5 ini patut mendapat tempat. Jika tidak, maka lewatkan saja si mantan ini. Tetap fokus pada persiapan Anda untuk melangsungkan prosesi penting.

Setelah mengerti tentang mereka, ada baiknya Anda mulai menjaga situasi hati Anda dan yang tidak kalah penting juga adalah calon pasangan Anda. Fokus pada hal-hal penting untuk acara penting Anda. 

Berikut list/daftar hal yang harus dipersiapkan :
1.  Ini yang terutama : mempersiapkan mental & hati 
2. menentukan tanggal pernikahan
3. menentukan lokasi rumah ibadah
4. pilih gedung resepsi , konsep dekorasi
5. hitung jumlah undangan
6. cari jasa catering
7. siapkan transportasi
8. hunting kamar penginapan
9. tentukan rias wajah pengantian & keluarga
10. desain baju & gaun pengantin
11. cetak undangan
12. tentukan souvenir untuk undangan

Terlalu panjang jika saya harus membahasnya satu persatu poin diatas. Baiknya untuk kali ini kita fokus sesuai dengan judul artikel ini. Souvenir !

Apa sih tujuan pemberian souvenir ?
> Souvenir adalah cindera mata atau hadiah yang diberikan sebagai kenang – kenangan untuk mengingat hari atau moment tertentu.

Dalam hal ini adalah moment yang ada sekali seumur hidup (hopefully yah…) maka kita pasti ingin agar kita yang mengalami dan mereka yang menyaksikan, merasa bahagia dan memiliki kenangan yang baik terhadap moment tersebut.
Siapapun yang hadir pada acara spesial itu, pasti berharap  membawa sesuatu yang bisa dijadikan kenang-kenangan. Tidak selamanya itu dalam bentuk barang. Kadang perjumpaan dengan sahabat/teman yang hadir di suatu perhelatan menjadi moment reuni, atau sekedar berfoto bersama juga dapat menjadi sebuah kenang-kenangan yang indah.

Memberikan souvenir pernikahan sudah menjadi hal yang wajib. Diberikan dari mempelai pengantin kepada para tamu undangan yang hadir. Oleh karenanya,  sudah pasti semua mempelai pengantin ingin memberikan souvenir unik pernikahan sebagai ungkapan tanda terima kasih.

## Seberapa penting Souvenir di hari spesial Anda?
Bagi beberapa pasangan, kehadiran souvenir penting. Namun banyak pula yang tidak terlalu memperdulikannya. ::Yang penting sah menikah. ::
Itu tujuan dari pernikahan bukan ? Namun tidak bisa dipungkiri, kita hidup dalam suatu lingkup sosial. Dimana kesan dan pesan dari mereka yang hadir akan menjadi moment yang tak terlupakan, meskipun acara telah selesai. Begitupun bagi mereka yang menerimanya.

Souvenir Pernikahan dalam wujud barang akan membuat hari bahagia itu seakan masih terkenang. Apalagi jika souvenir yang diberikan dapat bermanfaat bagi mereka. Oleh karena itu, jangan salah memilih souvenir. Tentu Anda tidak ingin souvenir itu hanya diletakan diatas meja/lemari dan dibiarkan bercampur debu disana.

> Bijaklah dalam memilih souvenir

Souvenir Apa Yang Cocok untuk Tamu yang Hadir ?
Banyak kasus dalam sebuah perhelatan. Dimana ada pasangan yang berencana menikah, saat menentukan souvenir kurang memperhitungkan fungsi dan manfaat dari barang yang diberikan.

Seringkali yang banyak dijual pasaran itu adalah souvenir yang kelihatannya berharga murah dan bermanfaat, tapi memiliki kualitas yang buruk sehingga cepat rusak. Patut diingat, bahwa ada banyak souvenir dengan harga murah, tapi tidak bermanfaat. **inilah yang harus dihindari dalam memilih souvenir pernikahan**

4 Hal yang harus diingat dalam memilih souvenir pernikahan :
1. Harga murah jangan dijadikan prioritas dalam menentukan souvenir. Banyak yang tergiur harga murah, tapi minim fungsi
2. Lebih disarankan memilih souvenir yang memiliki manfaat pakai, tidak hanya untuk dijadikan pajangan.
3. Pilih souvenir yang tidak mengandung unsur agama tertentu, karena tentu saja yang hadir berasal bukan hanya dari 1 golongan agama saja.
4. Siapkan souvenir dengan jumlah cukup. Tidak kurang, dan pastinya jika lebih tidak terlalu banyak.

Sandal Sebagai 1 Pilihan Souvenir yang Unik

Mengapa ?
Ada kemasan kalimat baik yang cukup menjelaskan mengapa slipper/sandal ruangan cukup pantas dijadikan sebagai salah 1 pilihan souvenir terkini. Berikut ini :
> Jika dipakai bukan dengan pasangannya, rasanya pasti tidak pas. Tertukar, pasti tidak nyaman kan? Bentuknya yang sederhana tapi kaya fungsi, menjadikan dia tidak tergantikan

7 Keuntungan memilih sandal sebagai souvenir :
1. Dibalik bentuknya yang sederhana, sesederhana fungsinya yang hanya sebagai alas kaki, namun sandal ini akan sering dipakai. 
2. Selalu bisa dipakai dalam keadaan kaki bersih maupun kotor
3. Mereka yang menerima souvenir sandal ini sesaat setelah menghadiri acara Anda, dapat langsung menggunakannya. Ini sangat dirasakan sekali manfaatnya bagi ibu-ibu yang mengenakan high heels saat menghadiri acara pernikahan. Jangan dikira menggunakan sepatu hak tinggi itu nyaman. (_baca : [ https://www.facebook.com/KakiSehatCantik/ ][] _
4. Unik. Karena belum banyak yang menjadikannya sebagai pilihan souvenir pernikahan. 
5. Bermanfaat. Silahkan googling manfaat sandal di dalam ruangan ya…
6. Acara/Moment Spesial Anda akan selalu dapat dikenang dengan baik, karena Anda sudah memberikan kenangan yang bermanfaat bagi yang hadir sebagai tamu
7. Harga ekonomis. Jika kamu tinggal di pulau jawa biasanya vendor banyak yang menyediakan free ongkos kirim

Jadi, jangan berhenti di proses mencetak kartu undangan saja. Perayaan Pernikahan kamu pasti akan berkesan ketika bisa memberikan souvenir unik pada setiap tamu yang hadir. Gudangnya Souvenir Sandal Hotel bisa kamu lihat koleksinya di : www.ordersandalhotel.com, atau galeri di akun instagram : @ordersandalhotel.

Ingat, souvenir adalah ungkapan rasa terima kasih kita kepada keluarga, sahabat, rekan kerja dan para tamu yang sudah datang ke acara perayaan pernikahan kita. 
**Pilihlah Souvenir Yang Bermanfaat.**