Siapa yang sering sakit perut ketika menjelang haid? Sebelum menikah, setiap bulannya aku pasti langganan sakit perut melilit sampai hampir pingsan.  Aku paham banget bagaimana tersiksa sakit menjelang haid ini. Adakalanya aku coba nikmati sakitnya dengan ambil cuti haid, tapi bagaimana jadinya kalau pms muncul disaat yang tidak terduga misal sedang meeting atau saat mengerjakan tugas yang butuh konsentrasi tinggi?

Hari Minggu kemarin aku baru saja ikut acaranya Meiji yang bekerjasama dengan beautynesia dalam rangka grand launching di Aeon Jakarta Garden City untuk produk terbarunya yaitu ediva series dimana salah satu produknya ediva pure diperuntukkan untuk mengatasi gejala pms seperti sakit perut. 


Acara grand launching ini dibuka oleh pimpinan dari Meiji dan pengenalan produk dari pihak Meiji.



Selain grand launching ada juga talkshow bersama Ayu Hastari dan dokter Nadia Octavia dengan tema "Bye-bye Bad Day".


Apa itu PMS?

Jadi sebenarnya apa itu PMS?

Premenstrual Syndrom, sindrom premenstrual, atau biasa disingkat PMS yaitu istilah yang dikaitkan dengan gejala fisik maupun emosional yang dialami oleh perempuan dewasa maupun remaja ketika menjelang atau masa awal menstruasi setiap bulan.

Gejala PMS banyak macamnya, diantaranya gampang esmosi, ngedrop karena depresi, kondisi mood yang cepat berubah alias moody-an, merasa sakit pada bagian tertentu seperti kram perut atau sakit kepala, gampang lelah, dan ngidam makanan atau kelaparan terus. 

Saat menstruasi, jumlah estrogen dan progesteron  dalam tubuh wanita akan mengalami peningkatan. Seminggu sebelum periode menstruasi dimulai, kadar kedua hormon tersebut mulai mengalami penurunan secara drastis. Perubahan jumlah hormon ini diperkirakan menjadi penyebab terjadinya PMS. 


Cara mengatasi gejala PMS dengan mengonsumsi Ediva Pure dan pola hidup sehat


Menurut dokter Nadia, gejala PMS ternyata mudah untuk diatasi, lho. Salah banyaknya:

1. Pola makan yang baik. Makan sayur dan buah-buahan, dan kurangi makanan cepat saji. Mengurangi jumlah asupan garam dan gula dalam tubuh,

2. Minum banyak air putih,

3. Hindari juga minuman berkafein karena akan membuat kita gampang cemas,

4. Perbanyak tidur dan istirahat,

5. Cukupi asupan kalsium,

6. Rutin olahraga,

7. Mengonsumsi makanan yang kaya akan fatty acid,

Obat penghilang rasa sakit, seperti ibuprofen dapat diminum untuk meringankan rasa nyeri punggung dan sakit kepala. 

Suplemen seperti Ediva pure juga dapat dapat dikonsumsi karena mengandung Evening Primrose Oil, Vitamin E, dan minyak buah GAC yang berfungsi menyeimbangkan hormon kewanitaan saat sedang terjadinya PMS.

Tetapi, dokter Nadia juga tetap berpesan untuk gejala PMS yang lebih serius atau tidak wajar, lebih baik dikonsultasikan dengan dokter. 




Apa itu buah GAC?


GAC atau Momordica cochinchinensis atau yang biasa disebut buah dari surga adalah buah yang termasuk melon family berasal dari Vietnam dan dikembangkan juga di negara Asia lain seperti Thailand yang saat dibuka bagian dalam buahnya mirip seperti buah markisa akan tetapi berwarna merah darah. 

Buah GAC telah digunakan secara tradisional di Asia untuk makanan dan kesehatan tubuh. Sebagai buah yang memiliki warna orange, buah GAC mengandung carotenoids seperti beta-carotene (provitamin A). 

Karena kaya akan kandungan beta-carotene dan lycopene, gac extracts sering dijual dalam bentuk food supplement dalam soft capsules atau dalam bentuk minuman jus. 

Hasil laboratorium dan penelitian menunjukan bawa buah GAC mengandung:
                70 kali lebih banyak Lycopene dibanding tomat
                20 kali lebih banyak  Beto-carotene dibanding wortel
                40 kali lebih banyak Vitamin C dibanding jeruk
                40 kali lebih banyak  Zeaxanthin dibanding jagung
           

Merawat kulit ala Ayu Hastari dan Ediva Young


Ayu hastari juga membagikan pengalamannya untuk menyiasati penuaan dini. Ayu selalu memakai sunscreen jika keluar rumah, jika memakai makeup, sampai rumah harus langsung cepat dihapus, exfoliate, selalu mengusahakan minum air putih lebih dari 1 liter dan makan buah sayur.

Selain ediva pure yang mengandung buah GAC, ada juga varian produk lain dari Ediva series Meiji yaitu Ediva Young yang diperuntukan untuk menjaga kesehatan kulit yang mengandung royal jelly, evening primrose oil dan vitamin E. 

Evening primrose oil adalah minyak dari biji tanaman evening primrose. Evening primrose oil biasa digunakan untuk penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, dan jerawat. Menurut penelitian Muggli mengonsumsi suplemen yang mengandung EPO atau evening primrose oil dapat membantu menghaluskan kulit dan meningkatkan elastisitas, kelembapan, firmness dan fatigue resistance. 

Karena kulit tidak dapat menghasilkan GLA atau gamma‐linolenic acid sendiri, peneliti percaya dengan mengonsumsi EPO yang kaya GLA dapat membantu menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. 

Di penelitian lain, EPO juga disarankan untuk mengobati gejala PMS karena kaya akan omega 6 fatty acid. Makanya EPO ini tidak hanya terdapat di Ediva Young saja tapi Ediva Pure juga.


Nail art dari Smooch Beauty Bar


Acara grandlaunching ini juga ditutup dengan kompetisi nail art by Smooch beauty bar. Owner dari Smooch beauty barnya sendiri membagi tips dan trick bagaimana merawat dan mempercantik kuku dengan baik dan benar. Aku juga dapat kesempatan mencoba mempraktekan bagaimana membuat nail art sesuai dengan tema acara grand launching ini. 

Diantara kedua produk tersebut dari Ediva series ini, produk mana yang lebih penasaran untuk kamu coba?