Seperti yang kita tahu bahwa tubuh manusia 70% terdiri dari air. Jadi sudah dapat dipastikan bahwa air adalah komponen penting bagi tubuh. Karena tubuh ibarat mesin yang membutuhkan oli. Asupan air yang sehat dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh akan sangat menunjang kinerja organ organ tubuh kita.

Air dengan pH netral atau lebih tinggi dan larutan logam yang sangat rendah akan sangat membantu tubuh menjadi lebih sehat dan berenergi. Konsumsi sayur dan buah buahan akan membantu mencukupi asupan air dengan pH tinggi atau beralkali, di bandingkan mengkonsumsi daging yang bersifat asam. Karena air alkali akan meratakan tingkat asam dan basa pada manusia sehingga membuat kita menjadi lebih sehat.


                                                             


Asupan air yang disarankan per orang adalah paling sedikit 8 gelas sehari, bahkan bisa lebih, tergantung jumlah berat badan masing masing. Hal ini bisa dilihat dari kebutuhan masing masing organ tubuh kita, seperti misalnya otak yang 90% terdiri dari air membutuhkan cukup banyak air agar dapat menjalankan fungsinya dengan  lebih optimal. Sedangkan tulang manusia terdiri dari 22%, darah terdiri dari 83% dan terakhir, otot mengandung 75%.

                                                             
Masih banyak fungsi air bagi tubuh kita seperti:

~ Mengontrol suhu tubuh seseorang

~ Detoksifikasi organ-organ tertentu seperti ginjal dan hati

~ Membantu metabolisme kita dan melembabkan udara yang kita hirup ke paru-paru

~ Mentransfer nutrisi dan oksigen ke dalam sel

~ Melindungi dan melembabkan sendi

~ Melindungi organ dan membantu mereka menyerap nutrisi dengan lebih baik


Ketika tubuh kita tidak mendapatkan asupan air yang cukup, akan menimbulkan dehidrasi ringan hingga berat. Karena sel dan organ yang sangat tunggal dari kepala hingga jari kaki kita tidak akan dapat berfungsi dengan baik.
Dehidrasi bisa berakibat serius pada tubuh kita seperti kelelahan, migrain, sembelit, kulit kering, tekanan darah tidak teratur, kram, penurunan fungsi ginjal, bahkan kematian.


Kita bisa mengenali gejala dehidrasi dari hal hal  seperti:

Haus
Gejala paling mudah terdeteksi adalah haus, jadi minumlah. Akan lebih baik kita tidak menunggu sampai haus untuk minum

Kulit kering
Kulit yang merupakan organ terbesar pada tubuh memerlukan banyak asupan air agar tetap lembab dan sehat.

Urin berwarna gelap
Salah satu gejala yang cukup serius dapat dilihat melalui warna urin. Urin yang berwarna terang dan jernih merupakan indikator cukupnya asupan air dalam tubuh kita.


                                                            


Beruntunglah kita yang sudah menerapkan pola hidup sehat dengan minum air yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Kita akan terlihat lebih muda karena kulit cukup terhidrasi sehingga terlihat kenyal, lembap dan sehat. Selain itu kita juga akan terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit. Bahkan dapat menekan resiko kanker kandung kemih dan usus besar.