Selama kurang lebih 4 tahun tinggal di Korea Selatan, aku banyak banget ketemu traveler dari seluruh macanegara (termasuk Indonesia) yang dateng ke Seoul untuk perawatan kecantikan dan kebugaran. Mungkin temen-temen sudah pada aware ya kalau Korea itu salah satu negara yang memang memiliki banyak tenaga profesional di bidang kecantikan. Buat yang suka tontonin drama atau variety show Korea pasti sudah sering lihat artist maupun entertainer Korea yang ga hanya mukanya glowing tapi badannya yang bugar. Ga dipungkiri selain mereka mengatur pola makan dan rutin berolahraga, mereka juga rajin buat luangin waktu ke klinik kecantikan.
 
Berhubung di Korea ada 4 musim, di setiap musimnya pasti perawatan yang ditawarkan juga berbeda-beda. Seiring berkembangnya teknologi pada alat kecantikan, selain mengikuti perubahan cuaca yang berpengaruh besar pada kondisi tubuh bagian luar kita, banyak banget klinik kecantikan Korea yang bikin program kecantikan disesuaikan dengan kondisi tubuh dan kulit tiap personal di tiap musimnya loh! Nah, kali ini aku mau sharing program kecantikan klinik-klinik di Korea yang aku pikir paling tepat buat kita-kita yang dari negara tropis seperti Indonesia:)  Apa saja sih treatment yang banyak orang lokal Korea dan para traveler dari luar Korea lakuin selama menghabiskan summer break kita?
 
 
1. Skin Detox/Peeling
                                            
 
Perawatan ini cocok banget buat kamu yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan. Pada saat cuaca panas dan lembab, kulit kita mudah berminyak dan terlihat kusam. Belum lagi pori-pori yang lebih cenderung terbuka hingga memproduksi komedo. Program Skin Detox Peeling ini membantu mengunci pori-pori dan meluluhkan komedo putih & hitam dengan meningkatkan kandungan air pada kulitmu agar lebih terlihat bersinar. Treatment ini tidak meliabatkan bahan kimia, jadi cocok untuk segala jenis kulit tanpa meninggalkan rasa sakit sekalipun. Kalau kamu lebih ingin menjaga kulitmu dari kerusakan akibat sinar matahari yang berlebih, luka bekas jerawat atau mengurangi minyak pada kulitmu, kamu bisa request untuk treatment  "Jessner Peel" dengan menggunakan bahan kimia yang memberikan efek lebih kuat.
 

2. Semi-permanent Makeup
                                           
Pernah dengar tentang K-Brow? K-Brow adalah sebutan untuk perawatan alis Korean-style dengan membuat alis lebih ber-volume dan tertata rapi sehingga terlihat lebih muda seperti kebanyakan idol di Korea. JIka kamu mengunjungi Seoul, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan treatment makeup untuk eyebrow, eyeliner ataupun lips secara semi-permanent. Perawatan makeup jangka panjang ini dapat dilakukan di banyak klinik Korea menggunakan alat berteknologi tinggi dengan 56 macam warna pigment yang sudah mendapatkan verifikasi dari Korean Food & Drug Administration. Jadi kamu tidak perlu khawatir dengan warna yang akan pudar dan terkena infeksi.
 

3. Filler/Botox
                                 

Perawatan yang satu ini mungkin sudah banyak di kenal di seluruh dunia, Korea sendiri dikenal terbaik membuat proporsi wajah terlihat seimbang melalui treatment keduanya dengan harga yang masuk akal.  Filler dan botox merupakan tindakan medis secara invasive kecil yang mana dilakukan suntikan tanpa ada rasa sakit ataupun bengkak yang mengakibatkan luka setelahnya. Area yang pada umumnya disuntikan filler adalah batang hidung, bibir, bawah mata (dark circle), garis bibir dan dagu. Treatment ini memakan waktu tidak lebih dari satu jam, loh! Nah sementara treatment filler lebih ditekankan untuk meningkatkan volume bagian wajah yang mengkerut, treatment botox itu lebih cenderung untuk mengurangi dan mencegah keriput. Area wajah yang pada umumnya disuntikan botox adalah dahi, angry 11 lines, crow's feet, dan rahang yang kaku.
 

4. Coolsculpting
 
Terkadang kita pasti kepikiran dengan lemak yang "kekeuh" ga akan pernah hilang di bagian tubuh kita meskipun sudah diet dan olahraga sekalipun. Nah, treatment ini bisa jadi alternatif untuk liposuction tanpa operasi loh. Coolsclupting dapat mengurangi lemak tubuh dengan membekukan sel-sel lemak secara cepat. Sebenarnya banyak sekali teknologi coolsclupting yang sudah dikembangkan di luaran sana, tapi menurut rekomendasi medical assistant yang suka dampingin aku treatment (https://eunogo.com/) sampai saat ini "Zeltiq" adalah yang paling efektif hasilnya. Perawatan ini memakan waktu beberapa jam tergantung area tubuh yang ingin kamu treatment. Saran aku kalau kamu ingin coba perawatan ini, sebaiknya di saat kamu ada waktu luang seharian dari pagi sampai sore. Jadi kamu bisa istirahat penuh setelah perawatan dan lebih terlihat fresh keesokan harinya.


Dari keempat treatment di atas, apa sih yang paling buat kamu tertarik dang pengen coba? Selain perawatan yang aku sebutkan tadi, perawatan apa yang pernah kamu coba di klinik kecantikan untuk merawat penampilan luarmu?
Share pengalaman kamu ya!

See you later:)xoxo