Bila kita memiliki kendaraan tentu setiap tahun kita harus membayar pajak kendaraan tersebut. Ingat ya jangan sampai telat karena walaupun sehari tetap akan ada dendanya. Untuk yang tidak bisa membayar pajak secara langsung bisa diwakilkan dengan membuat surat kuasa disertai materai 6000. Untuk contoh pembuatan surat kuasa bisa googling aja yaa.

Persyaratan dalam membayar pajak kendaraan antara lain :

1. BPKB asli dan fotocopy

2. STNK asli dan fotocopy

3. KTP pemilik kendaraan asli dan fotocopy

4. Surat kuasa bila diwakilkan.

Ok langsung saja langkah – langkah membayar pajak kendaraan bermotor di Samsat Cikarang.

Kantor Samsat Kabupaten Bekasi (Cikarang)

Masuk pintu gerbang kantor samsat sebelah kiri ada bangunan kecil tempat fotocopy. Serahkan BPKB, STNK, KTP, surat kuasa (bila diwakilkan). Nanti petugasnya akan fotocopy sekaligus merapikan formulir kita. Biaya Rp. 5000,- Bila sudah fotocopy langsung saja masuk kantor samsat dan sebelah kanan pintu masuk akan ada 2 petugas yang akan membantu kita memberikan formulir dan mengecek kelengkapan dokumen yang dibutuhkan.

Siapkan STNK dan KTP karena isi formulir yang akan kita isi berupa data – data yang ada di KTP dan STNK. Selanjutnya isi formulir tersebut. Bila sudah diisi serahkan kembali ke petugas yang tadi untuk dirapikan. Lalu serahkan ke bagian informasi yang berada di dekat pintu masuk sebelah kiri. Silahkan mencari tempat duduk sambil menunggu panggilan untuk daftar ulang.

Kurang lebih 10 – 15 menit kemudian kita akan dipanggil ke loket daftar ulang. Siapkan BPKB asli, dan KTP asli (bila diwakilkan). Antri yang rapi didepan loket daftar ulang. Tunjukkan BPKB saat nama dipanggil. Setelah itu petugas akan memberitahu kira – kira jam berapa kita bisa membayar pajak. Silahkan antri lagi di bagian loket pembayaran.

Kurang lebih 30 menit nama kita akan dipanggil untuk ke loket pembayaran. Siapkan uang cash ya karena mereka tidak menyediakan pembayaran secara debet 😑. Sayang sekali sebenarnya. Padahal jaman sekarang dimana – mana sudah dipromosikan pembayaran cashless, bahkan naik ojek pun sekarang sudah bisa cashless.

Ok next kita diberi tanda pembayaran. Simpan karena nanti digunakan untuk pengambilan STNK dan bukti pembayaran pajak. 10 menit kemudian kita sudah dipanggil untuk mengambil STNK dan bukti pembayaran pajak tersebut.

Nah selesai sudah. Tidak membutuhkan waktu yang lama kan. Tapi kemarin saya cukup lama karena tidak membawa uang cash, karena pengalaman beberapa bulan yang lalu bisa melakukan pembayaran via debet. ATM di depan samsatpun kosong uangnya. Jadi harus mencari ATM yang agak jauh tempatnya.