Satu hal yang selalu aku lakukan tiap kali hari ulang tahun itu tiba adalah memberi apresiasi terhadap diri sendiri atas pencapaian yang telah diraih selama ini. Terkesan narsis memang tapi aku percaya hadiah yang paling baik itu adalah hadiah yang memang berasal dari diri kita sendiri, karena biar bagaimanapun yang paling tau apa keinginan kita adalah diri sendiri bukan...?!

Agaknya hal ini pula lah yang dirasakan oleh BCN Squad, para pengurus Blogger Crony Community saat mempersiapkan perayaan hari ulang tahunnya yang keempat beberapa waktu yang lalu. Ya, sama sepertiku yang tidak terlalu mengharapkan hadiah dari orang lain, BCC, komunitas blogger yang aku ikuti tersebut justru memberikan hadiah’ terindah pada ‘tubuhnya’ sendiri yang tak lain adalah kami para BCC Squad atau anggota dari Blogger Crony Community.

Kesadaran akan pentingnya memanjakan ‘diri sendiri’ saat merayakan ulang tahun ini lah yang akhirnya melatar belakangi perhelatan Blogger Day 2019, sebuah event tahunan besutan BCC dalam rangka perayaan hari terbentuknya Blogger Crony Community tersebut. Blogger Day 2019 ini merupakan Blogger Day ketiga yang dihelat oleh Blogger Crony Community.



Blogger Day pertama diselenggarakan di kota Bogor pada tahun 2017 lalu. Kebetulan saat itu aku tidak bisa mengikuti acara yang berlangsung selama 2 hari satu malam tersebut. Namun melihat keseruan teman blogger lain yang aku pantau lewat medsos sedikit menimbulkan rasa iri di hati dan membuatku tak mau kehilangan kesempatan untuk mengikuti Blogger Day selanjutnya, oleh karena itu tiap kali mendekati momet Blogger Day ini aku selalu mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa ‘dilirik’ oleh BCN Squad sebagai peserta Blogger Day.  

Sebagai sebuah komunitas blogger, BCN Squad memang paham betul apa kebutuhan serta keinginan para anggotanya sebagai hadiah, maka tak heran jika tiap kali Blogger Day tiba selalu disisipkan moment ‘daging’ itu berupa workshop tentang dunia blogging tersebut. Dan inilah yang menjadi daya tarik terbesar dari Blogger Day.

Blogger Day 2019



Pada blogger day 2019 ini pun antusiasme BCC Squad begitu besar, tak tanggung tanggung loh, form pendaftaran telah terisi dua kali lipat dari kuota hanya dalam kurun waktu dua jam saja. Alhamdulillah aku bisa terpilih sebagai salah satu dari 100 peserta Blogger Day 2019 yang berasal dari berbagai kota di pulau Jawa ini.

Demi memberikan kenyamanan pada setiap peserta, BCN Squad benar-benar telah mempersiapkan segala sesuatunya, bahkan hingga ke urusan transportasi para peserta jabodetabek yang memang paling banyak dibanding daerah lain. Aku bersama para teman blogger dari jabodetabek berangkat menggunakan fasilitas bus dari Big Bird yang begitu nyaman ke Bandung, lokasi Blogger Day 2019 kali ini.



Hari pertama Blogger day 2019 benar-benar merupakan hari yang penuh dengan keseruan karena diselenggarakan di Trans Studio Bandung, salah satu indoor theme park terbesar di dunia. Kami, para BCC Squad, diberi kebebasan untuk berseru-seruan ria disana. Aku jelas tak mau melewatkan kesempatan ini begitu saja.

Mohon maaf nih sebelumnya pada BCN Squad, aku termasuk orang yang tidak bisa melihat taman hiburan seperti Trans Studio Bandung ini, begitu memasuki area nya sudah bisa dipastikan mataku langsung berbinar-binar dan sibuk ber-seru-seruan ria pastinya. Benar saja, begitu menyelesaikan prosesi penyambutan berupa registrasi dan sesi foto bersama, aku langsung buru-buru melakukan scan barcode tiket untuk dapat memasuki area Trans Studio Bandung tersebut.

Zona Studio Central di Trans Studio Bandung




Wahana Trans Studio Bandung ini dibagi menjadi 3 Zona, diantaranya adalah Zona Studio Central, Zona Lost City dan Zona Magic Corner. Zona pertama yang akan otomatis kita lalui adalah Zona Studio Central dimana kita bisa merasakan gemerlap dunia layar lebar yang digambarkan melalui beberapa wahana penguji adrenalin seperti Racing Coaster, Pemburu Badai, Vertigo, Giant Swing, 4D Super Heroes dan trans Car Racing.

Biarpun berbinar melihat wahana-wahana yang ada di Trans Studio Bandung ini, sayangnya aku tak punya cukup nyali untuk menaiki wahana yang terlalu banyak menguji adrenalin itu, jadi aku hanya berani mencoba 4D Super Heroes dan Trans Car Racing saja di zona studio central itu. Tapi jangan dikira dua wahana ini tidak membuat deg-degan sama sekali loh ya, adrenalinku tetap diuji disini meski tidak seekstrim wahana-wahana lain.



Di 4D Super Heroes, aku diajak untuk menonton film bertema super Heroes lengkap dengan efek 4D nya. Aku seolah diajak masuk ke film tersebut dan berjuang bersama para super heroes di sana. Saat sang super heroes terjatuh, aku juga diajak ‘jatuh’ bersamanya melalui hentakan kursi yang seolah nyata. Buatku sih ini cukup lah untuk menguji adrenalin, terbukti dengan kecepatan detak jantungku yang bertambah saat berada di wahana ini.

Wahana selanjutnya yang tak kalah seru adalah Trans Car Racing. Mungkin buat kalian, wahana ini seolah hanya wahana biasa saja, tapi buatku yang sama sekali tidak pernah menyetir mobil sendiri, wahana ini jelas menguji adrenalin. Ya, di sini kita seolah diajak untuk dapat menyetir mobil balap di sirkuit buatan.



Kecepatannya sih memang tidak terlalu kencang, hanya sekitar 40 km/jam saja, namun buatku tetap saja agak sedikit deg-degan karena takut dihantam oleh pengendara mobil lain dibelakang yang mungkin saja merasa tidak sabar melihat caraku mengendarai mobil tersebut. Alhamdulillah nya tuh pengendara di belakangku adalah seorang wanita yang juga amat terlihat tidak bisa mengendarai mobilnya sama sepertiku. Alhasil kami hanya bisa saling menertawakan tingkah laku sendiri saat melintasi sirkuit Trans Car Racing.

Karena bernyali kecil, aku pun melewatkan begitu saja wahana Vertigo dan Giant Swing yang saat aku lewati itu penuh dengan teriakan para teman blogger lain, sementara wahana Racing Coaster dan Pemburu badai memang sedang dalam masa pemeriksaan rutin sehingga tidak dibuka untuk sementara waktu.

Zona Lost City, Zonanya para petualang




Setelah puas menyaksikan keseruan teman-teman blogger di wahana penguji adrenalin itu, aku pun langsung menuju ke Zona Lost City yang bertema petualangan. Di zona ini ada beberapa wahana petualangan yang bisa dicoba, diantaranya ada Kong Climb, Jelajah, dan Sky Pirates. Dan diantara ketiga wahana ini aku hanya berani mencoba sky pirates yang merupakan wahana berupa perahu terbang seperti yang ada dalam dongeng itu.

Menaiki wahana Sky Pirates ini membuat kita seolah terbang dengan perahu hantu bajak laut untuk mengelilingi area Trans Studio Bandung. Dari atas sky pirates kita bisa melihat hampir seluruh area Trans Studio Bandung. O iya meski di Sky Pirates tidak ada ketentuan perihal tinggi badan seperti yang ada di wahana lain, tentu akan lebih aman jika kita mendampingi anak yang ingin menaiki wahana ini.



Tak jauh dari Sky Pirates, ada wahana Jelajah yang mengajak kita seolah berpetualang menjelajahi pedalaman hutan Amazon. Aku sih tidak sempat untuk mencoba wahana ini karena sudah langsung kepincut dengan Zona Magic Corner yang juga berada tak jauh dari situ, namun melihat teman blogger lain yang telah mencoba wahana tersebut aku bisa merasakan keseruan dari wahana itu. Satu hal yang harus kalian siapkan saat mencoba wahana Jelajah adalah pakaian ganti, karena di akhir petualangan Jelajah, ada kejutan basah yang menanti kalian.

Zona Magic Corner, temukan keajaiban yang tak terduga disini


Wahana yang paling mencolok di Magic corner ini tak lain adalah wahana dunia lain yang mengajak kita untuk menguji adrenalin memasuki dunia ghaib buatan. Namun meski hanya buatan, wahana ini tetap saja membuat bulu kuduk merinding, bagaimana tidak..?! nuansa mistis yang dihadirkan tuh tidak terbatas pada replika hantu dan minimnya penerangan saja, tapi juga diperkuat dengan aroma melati dan kemenyan yang makin membuat bulu kuduk ku merinding. 

Agak terasa aneh sih ya, sudah tau wahana itu menyeramkan tapi tetap saja dicoba, tapi ya memang begitulah sifat dasar manusia, bersenang-senang diatas ketakutannya sendiri, dan pihak Trans Studio Bandung seolah paham betul akan hal ini. O iya selain wahana wahana menantang ini ada banyak keseruan lain yang ditawarkan oleh Trans Studio Bandung loh, diantaranya adalah opening dance dan Karnaval yang pastinya seru abis.



Psst... buat kalian yang iri dengan keseruanku di Trans Studio Bandung bisa langsung kesana aja, Trans Studio Bandung buka mulai pukul 10.00-18.00 untuk hari senin - jumat dan pukul 10.00 - 19.00 untuk akhir pekan dan hari libur. Tiket masuk ke Trans Studio Bandung ini adalah Rp 180.000,- untuk hari senin- kamis, Rp 200.000,- untuk hari jumat dan Rp 280.000,- untuk hari sabtu- minggu dan hari libur nasional.


Mengenal Stress Management bersama Lineation di Crowne Plaza Bandung


Setelah diajak melepas stress di Trans Studio Bandung, di hari kedua Blogger Day 2019 ini, aku pun diajak untuk belajar bersama Lineation dalam workshop tentang Stress Management. Stress management disini amat penting untuk membuat kita tetap waras ditengah himpitan masalah yang seolah tak kunjung selesai itu. jangan sampai stress yang sempat kita lupakan selama ada di Trans Studio Bandung tadi kembali datang hanya beberapa saat setelah kembali ke rumah, oleh karena itu aku dan para peserta blogger day lain pun sama sekali tak mau kehilangan kesempatan ini. 



Dr. David Budi Wartono, atau yang akrab disapa dr. dave, pun memulai sesi workshopnya dengan permainan ringan yang mengajak para peserta untuk sedikit mengenal diri sendiri. di akhir permainan ada pertanyaan yang cukup menyentil semua peserta, kapan terakhir kita mengucapkan terima kasih pada diri sendiri karena sudah bisa tetap bertahan hingga detik ini? bagiku, pertanyaan ini tidak hanya terasa seperti sentilan belaka tapi sebuah tamparan yang lumayan keras, ya, aku lupa sudah lama sekali tidak melakukannya.

Alhamdulillah dr. Dave berhasil mengingatkan ku kembali tentang arti mengenal serta berterima kasih pada diri sendiri. workshop ringan tapi menghasilkan manfaat yang berbobot seperti ini mungkin hanya ada di Lineation Center  saja. 



For Your Information, Lineatian center ini merupakan klinik dengan berbagai macam layananan yang berada dibawah naungan dr. Dave, mulai dari kesehatan umum, gigi, apotek, fisioterapi, akupunktur, layanan kecantikan seperti skin care, botox, filler, thread lift, hingga bedah plastik, layanan untuk ibu dan anak, layanan salon seperti make-up, bridal, dan hair treatment, medical check up lengkap, hingga layanan stress management.

Sembari merenungkan materi tentang stress management dalam workshop dari dr.Dave tersebut, aku pun sempat berkeliling ria di area Crowne Plaza Bandung yang menjadi lokasi workshop di hari kedua Blogger Day kali ini. Mulai dari pertama masuk saja aku sudah merasakan kemegahan dari hotel bintang lima yang ada di pusat kota Bandung itu, namun karena para peserta harus langsung memasuki area workshop, maka aku pun baru bisa berkeliling persis di waktu istirahat makan siang.



Fasilitas pertama yang pasti akan aku kunjungi tiap kali ke hotel adalah area kolam renangnya, begitupun saat aku berada di Crowne Plaza Bandung. kolam renang di Crowne Plaza Bandung ini memiliki view yang keren abis deh, pegunungan, karena bukan orang Bandung, aku kurang tau juga gunung apa yang terlihat dari kolam renang Crowne Plaza Bandung itu, tapi view gunung di pusat kota itu amat keren menurutku.

Rasanya slogan "We're All Business, Mostly" memang cocok disandang oleh Crowne Plaza Bandung deh, sebab meski branding dari Crowne Plaza Bandung ini adalah hotel bisnis, tapi fasilitas yang ditawarkan tidak melulu soal bisnis, Crowne Plaza Bandung juga mendukung fasilitas rekreasi dan lifestyle yang lebih dari kata 'memadai'. Hal ini terbukti dengan adanya fasilitas-fasilitas seperti kolam renang, pusat kebugaran 24 jam, Spa Uluwatu Bali, Mosaic All Day Dining, Connexions Lobby Lounge, Mountain view poolside bar, dan juga kids club serta layanan wifi berkecepatan tinggi setiap saat. 



Bisa berkenalan dengan Lineation dan Crowne Plaza Bandung di hari kedua Blogger Day 2019 ini benar-benar hadiahyang berkesan dari BCN Squad untuk BCC Squad deh. semoga di tahun keempat, Blogger Crony Community makin bersinar dan anggotanya makin kompak selalu. 

Terakhir aku hanya ingin mengucapkan terima kasih yang sebsar-besarnya pada para sponsor yang juga ikut mendukung terselenggaranya Blogger Day 2019 ini, karena tanpa kalian semua Blogger day 2019 mungkin tidak akan seseru ini. Blogger Day 2019 di Bandung pada 2-3 Maret 2019 ini didukung oleh Blue Bird Grup, Bolu Susu Lembang, Raka FM dan Sonora FM, Ahra Refrexology by nest, Bimas Islam Kemenag RI, Bloggerpreuner Blogger Crony Community, Blogger Bandung, Endeus TV, dan tentu saja BCC Squad bersama para pengurus komunitas Blogger Crony Network (BCN) dan BCN Eksekutif (pengurus harian BCC).

Jujur sampai saat ini aku belum bisa move on dari keseruan Blogger Day 2019 ini, benar-benar tidak sabar menanti #BloggerDay2020Bali (aamiin...) deh. BCN Squad please jangan lupakan aku dari daftar peserta Blogger Day selanjutnya yaa...

 .