Siapkah anda mengikuti UN?
Sumber gambar: Pixabay.com

Tak terasa UN semakin di depat mata. Buat anda yang mau mengikuti UN udah siap belum? 

Banyak orang mengira bahwa UN itu sangat sulit. Bahkan kita tidak mempunyai persiapan yang betul-betul bisa menyelesaikan tugas dengan baik. Disamping itu, tak perlu kalian ragu untuk menyelesaikan soal UN dengan benar. Perlu dilakukan beberapa persiapan yang tepat untuk menjawab jawaban yang benar. Untuk itu, simak tips berikut menjawab soal UN dengan mudah dan tepat.

Utamakan kesehatan terlebih dahulu

Tidak mudah memang untuk menyelesaikan soal UN. Untuk itu diperlukan belajar yang giat untuk menjawab soal dengan benar. Akan tetapi, disamping belajar dengan tekun namun kesehatan juga perlu agar ketika ujian kita bisa menyelesaikannya dengan baik. Bagaimana jika kondisi tubuh anda tidak stabil? Maka itu sangat menyusahkan anda lebih-lebih lagi jika anda sakit maka ketika UN nanti tidak akan bisa menyelesaikan dengan baik. Untuk itu pertama yang lebih penting adalah kesehatan tubuh anda.

Jangan ragu dan yakinlah bisa mengerjakan soal UN dengan benar

Banyak dari kalangan pelajar yang masih ragu dan belum yakin untuk mengerjakan soal dengan baik. Ketika anda sudah giat belajar sesuai dengan kemampuan anda. Maka tidak perlu ragu untuk menyelesaikannya. Yakinlah bahwa apa yang telah dipelajari akan keluar nanti di soal UN. Jika anda tidak yakin bisa saja anda tidak bisa mengerjakan soal tersebut.

Perhatikan soal dengan teliti jangan terburu-buru

Ketika anda sedang mengerjakan soal UN, perhatikan dengan betul-betul dari setiap soal yang anda kerjakan. Meski dikejar dengan waktu namun jangan terburu-buru karena kalimat dari soal tersebut bisa saja menjebak dan anda belum memahami itu. Untuk itu baca dengan seksama kemudian pilihlah jawaban yang tepat. Disarankan untuk mengerjakan soal yang dirasa tidak sulit terlebih dahulu agar waktunya pas ketika mengerjakan nanti.

Menguasai Vocabulary (kosakata) yang banyak

Menguasai banyak Vocabulary juga merupakan salah satu cara untuk menyelesaikan soal dengan benar. Tidak banyak dari anda yang mengetahui ternyata memahami banyak vocabulary bahasa Inggris juga perlu. Alasan kenapa anda mengalami kesulitan saat mengerjakan soal UN adalah kurangnya membaca atau mempraktekkan vocabulary tersebut dirumah anda. Maka salah satu persiapan UN adalah dengan memperluas pemahaman anda tentang vocabulary.

Untuk mengetahui apa saja kosakata yang bisasanya muncul di soal UN baca berikut ini: Vocab yang paling sering digunakan untuk soal UN | materi untuk SMP

Jangan membaca reading text secara keseluruhan

Apabila mendapati soal yang seperti: narrative text, procedure text, recount, memo, letter dan masih banyak lagi maka tidak perlu membaca secara keseluruhan karena reading text yang panjang dan cukup memakan waktu banyak. Untuk mengatasi hal tersebut langsung saja membaca pertanyaan dari reading text itu kemudian cari jawabnnya. Ingat! Mencari jawaban sama saja membaca text tersebut.

Tips mengerjakan soal UN seperti ini:

1. Memahami soal dengan frasa (kata)

Soal yang sering muncul adalah frasa (kata) yang akan ditanyakan. Kata tersebut muncul setelah Question word (kalimat tanya) seperti contoh:

"Rani always get up at 6 a.m. She helps her mother to cook and clean the house. She is really nice."

The question is? (pertanyaannya adalah?
"What time does rani get up early?"

Penjelasannya: Bisa anda lihat kata "get up" diletakkan setelah kata tanya (questin word) yaitu "what." kata tersebut yang harus diperhatikan betul ketika mengerjakan soal UN.

2. Bentuk dari kata "refer to (mengacu kepada)"

Tanpa perlu penjelasan, langsung saja kita lihat contoh dibawah ini:

"We studied English yesterday. I read a lot about the vocabulary of English. It is really fun dan help me to fix an examination"

The question is? (pertanyaannya adalah?)
"It is really fun and help me to fix the examination." The underlined word refers to?

Perlu diperhatikan bahwa kata yang digaris bawahi mengacu kepada "The vocabulary of English." karena sebelumnya sudah dijelasnya di kalimat kedua. Untuk lebih detailnya lagi bagaimana cara penggunaan 'refer to':

1. Kata "It" adalah kata ganti benda tunggal dengan menggantinya seperti contoh: a mouse, a picture, my school, the girl's, the schedule, dan lainnya.

2. Kata "She" adalah kata ganti orang perempuan misalnya diganti dengan: a girl, a doctor, my sister, Keyla, dan masih banyak lagi.

3. Kata "They" adalah kata ganti orang atau benda yang lebih dari satu misalnya diganti dengan:
Two girls, people, nayla and desi, my sisters, some books dan lain sebagainya.

Memahami gagasan pokok atau ide utama

Main idea (ide pokok) adalah hal yang perlu diperhatikan ketika mengerjakan soal UN. Dalam pembahasan ini kita perlu memahami gagasan pokok yang ada di cerita tersebut. Maka berikut ini pertanyaan yang sering muncul tentang ide pokok di soal UN:

1. What is the main idea?
2. What does the first paragraph mean?
3. What does the text explain above?

Jawaban dari pertanyaan diatas adalah biasanya terletas pada awal paragraf. Carilah kalimat yang bersifat general (umum) jangan yang spesifik. Sama halnya dengan ketika ditanya tentang kesimpulan dari cerita tersebut. Maka carilah kata yang general (umum).

Berdoa memohon kelancaran dalam menyelesaikan soal UN

Setelah kita sudah banyak memahami tips dalam mengerjakan soal UN. Namun, di samping itu kita harus selalu berdoa dan meminta kelancaran kepada Allah SWT. Tanpa doa, usaha anda akan sia-sia. Ingat! Jangan lupa berdoa sebelum mengerjakan soal.

Semoga tips diatas membantu anda untuk menyelesaikan soal UN. Selamat belajar dan semoga sukses!.

Please share this article to your friends! (bagikan artikel ini kepada teman-teman anda)