Balenciaga adalah salah satu brand mewah yang banyak diburu oleh kaum wanita karena desainnya yang tergolong unik dan ikonik. Bagi para pecinta barang mewah mungkin sudah tak asing lagi dengan brand asal Prancis ini. Balenciaga menawarkan begitu banyak pilihan dalam produknya, maka tak heran bila para wanita dari kalangan elit merasa dimanjakan dengan model-model terbarunya.

Brand fashion mewah ini menawarkan berbagai produk dari model tas sampai sneaker juga sepatu. Sepatu Balenciagamemiliki bentuk unik dan terlihat elegan bagi pemakainya. Sehingga tak heran banyak perempuan yang mengidolakannya.

Sepatu Balenciaga

Pada tahun 1918 Balenciaga didirikan oleh Cristobal Balenciaga di Spanyol. Namun pada tahun 1937 pindah ke Paris karena saat itu sedang terjadi peperangan. Setelah menggelar fashion show di Paris, Balenciaga mulai terkenal dan sukses besar. Fashion show ini terinspirasi dari Spainish Renaissance.


Karya Balenciaga sejak di Spanyol sudah diminati anggota kerajaan Spanyol, bahkan karya-karyanya sudah diakui oleh desainer kelas dunia seperti Coco Chanel dan Christian Dior. Mereka mengagumi kehebatan Balenciaga yang merancang, memotong, dan menjahit karyanya dengan menggunakan tangannya sendiri.

Sehingga tak heran artis-artis papan atas menggemari dan memburu sepatu Balenciaga. Selain terlihat kasual dan stylish, pemakai juga tampak lebih elegan dan terlihat lebih percaya diri.

Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya kenapa brandini sangat mahal? Ketika masih menetap dan berkarya di Spanyol, karya dan kreasi Balenciaga telah diminati dan dipilih oleh anggota kerajaan termasuk para putra putri bangsawan. Karyanya  terkesan lebih berkelas dan elegan pada masa itu. Keluarga kerajaan dan kaum bangsawan pada saat itu dianggap public figure yang lebih tinggi, sehingga prestasi itu dinilai sangat luar biasa. Selain itu, Balenciaga selalu dapat memberikan kualitas-kualitas terbaik untuk para konsumennya salah satunya yaitu sepatu Balenciaga speed trainer.

Ada faktor lain yang membuat harga produk Balenciaga lebih mahal dan melejit yaitu karena adanya keystone markup. Metode ini merupakan standarisasi harga dari perusahaan brand terutama pada merek-merek ternama. Metode ini menerapkan cara melipatgandakan biaya produksi mencapai 50 persen bahkan sampai 100 persen. Hal ini tidaklah semata-mata untuk mencari keuntungan saja akan tetapi metode ini dianggap paling mudah dalam mematok harga pada suatu produk sehingga dapat berlaku secara universal di berbagai tempat lainnya.

Misalnya dalam industri fashion, biasanya dibagi menjadi dua segmen,yaitu brand dan retailer. Brand itu lebih fokus pada desain dan produksi, sedangkan retailerbertugas untuk mengelola persediaan produk kemudian dijual pada konsumen. Sebelum produk sampai pada konsumen,brandlebih dahulu menjual hasil produksinya pada retailer. Dalam tahap inilah brand sudah melipatgandakan harga produksi terkadang hingga mencapai dua kali lipat, kemudian ketika retailer memperoleh produknya mereka juga melipatgandakannya sebelum dijual pada konsumen.

Jadi tidak heran jika produksi Balenciaga harganya sangat mahal, termasuk produk sepatu. Sepatu Balenciaga dijual dengan harga yang tinggi karena selain melalui standarisasi bahan yang digunakan juga mempunyai kualitas yang bagus dan mengutamakan kenyamanan bagi pemakainya. Tersedia juga berbagai kombinasi warna dan berbagai ukuran, dari sepatu untuk anak-anak sampai orang dewasa. Juga terdapat berbagai jenis sepatu lainnya seperti sepatu pesta, sepatu untuk berolahraga, dan lain-lain. Produk-produk tersebut dapat dilihat detailnya pada situs  www.blibli.com. []