Review Erha 2 Facial Wash for oily skin Rejuvenating cleanser With AHA, DMAE and Witch Hazel Extract

  

IMG-20180701-WA0000-01

  Pertengahan tahun 2016 adalah awal dimana aku mulai lebih aware sama yang namanya skin care, sebelumnya juga terkadang pakai, seperti skin care keluaran body shop, tapi masih ga begitu ngerti-ngerti amat, kalau ingat dipakai, lebih sering di anggurin. Pakai sunscreen? Boro-boro, kadang-kadang doank, itu pun Cuma pagi hari aja waktu mau berangkat kerja, setelah itu bhaaayyyyyeee.. nggak ada re apply atau semacamnya langsung tancap aja. Jadi wajarlah , wajah aku di tahun sebelum 2016 itu bisa dibilang “meehhhh”. Ga jerawatan sih, tapi cukup banyak komedo, hiperpigmentasi (akibat matahari) tumbuh merata walaupun Cuma bintik bintik atau spot hipopigmentasi ringan yang bikin warna kulitku ga rata, selain itu kulitku jadi kusaaaammmmm sekali tanpa rona, kalau pakai make up ga ada yang pernah nempel sempurna…  karena keluhan yang berjibun itu, berangkatlah aku suatu pagi untuk melakukan treatment di erha apothecary Mall Karawaci Tangerang kota. Kebetulan juga ada dr Sp.KK yang praktik disana.

    Setelah difoto, cekreeek cekrekk seluruh bagian muka, tampak kiri, samping, depan, aku disuruh berbaring ke tempat tidur pemeriksaan, setelah menutup mata, dokter mengarahkan sinar lampu ke kulit wajah, dan mengamati sepersekian detik lamanya. Setelah pemeriksaan aku di bawa ke ruang konsultasi, kata beliau kulitku sangat berminyak dan ya juga warna kulit tak merata. Setelah itu beliau memberikanku resep produk skin care dan cara pemakaian.

    Salah satu yang diresepkan adalah Erha 2 Facial wash ini, sebenarnya ini termasuk produk drug storenya erha, tanpa resep pun kita sebenarnya bisa beli di Erha Apothecary nya. Mau tau review cleanser ini, pros dan cons nya? Yukkkk lanjut baca….

P_20180428_192212_vHDR_On-01

Basic Information

  • BPOM Certified NA18141203549
    • Where to buy :  Erha Apothecary , Erha Clinic.
    • Web www.erha.co.id
    • Price : Rp 75.000
  • Netto  : 60 ml
  • Manufactured by PT Ganero Pharmaceuticals
  • Expired date : oct 2020

Claim :  

Membersihkan wajah  dari kotoran dan make up tanpa menjadikan kulit kering. Dengan kombinasi DMAE, Nicotinamide dan ekstrak witch hazel yang dapat membantu dan membersihkan minyak berlebih di kulit sehingga  kulit tambah lebih bersih, lebih cerah dan bercahaya

Ingredients :

Sodium Lauryl Sulfate, Sodium Laureth Sulfate, Aqua, Cocamidopropyl Betaine, Sodium Lauroyl Sarcosinate,Tetrasodium EDTA, Sodium Chloride, Witch Hazel (Hammamelis Virginiana), Glycerin, Glycolic acid 3.5%, Cocomide DEA, Propylene glycol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Sodium Hydroxide, Lactic acid, Citric acid, Dimerhyl Minoethanol Bitartrate, Niacinamide, D-Panthenol, Polyquaternium-7, Disodium EDTA, Methylchloroisothiazolinone, Methylisothiazolinone, Benzoid Acid.

STAR Ingredients  :

  • DMAE Bitartrate dan Niacinamide : mengencangkan kulit yang mengalami photoaging. Niacinamide dapat meningkakan fungsi barrier kulit sehingga eksresi sebum pada wajah bisa berkurang
  • D-Panthenol dan aloe vera  : melembabkan kulit
  • Exfoliating agent : AHA (Glycolic acid,lactic acid, citric acid) untuk anti aging , melembutkan dan menghaluskan kulit

Packaging

Produk pembersih wajah ini dikemas dalam botol putih , warna yang digunakan pada sebagian produk ERHA (kecuali serum vitamin C) dengan tutup flip top. Tapi hatihati, jangan sampai botolnya jatuh  atau kebanting ntar tutupnya bisa terlepas dari badan botol (pengalaman pribadi), aku pernah jatuh 2 kali di lantai kamar mandi, kali pertama selamat, kali kedua, copot tutupnya, terlepas gitu aja.

Tesktur dan Aroma

Pembersih wajah ini bertekstur gel agak transparan dan tidak berwarna dan dihidungku enggak tercium aroma apa-apa.

Cara penggunaan

Aplikasikan produk erha facial wash ini secukupnya saja di telapak tangan  (kalau aku sih ukurannya sebesar biji jagung), kemudian tambahkan air sedikit , terus di pijat ke kulit wajah yang sebelumnya sudah di basahi, ga usah berlama-lama langsung saja bersihkan wajah dengan air ( di instruksi sih selama 1 menit, tapi tidak perlu selama itu untuk menjaga keutuhan skin care barrier anda)   

Cara Penyimpanan

Simpan di tempat yang sejuk dan kering

My Opinion Toward the Products

    Untuk ukuran pembersih wajah, harganya lumayan mahal dibandingkan pembersih wajahku yang lain ( yang harganya berkisar 30-40 ribuan saja). Teksturnya gel dan  nggak berbusa adalah hal yang aku suka dari produk ini, entah kenapa aku suka banget produk pembersih yang teksturnya gel terus tanpa busa (preferensi orang memang beda-beda, walaupun efek di kulit ntar seperti apa (yang itu lain cerita). Dari segi kandungan, bisa dibilang pembersih wajah ini kaya ingredients, terutama kaya surfaktan , dalam 1 produk ada beberapa  ingredients yang memiliki fungsi yang sama , contohnya untuk surfaktan ( ada sekitar 4 ingredients yang bisa berperan sebagai surfaktan, dan ada 3 ingredients AHA, yaitu GA, LA, dan citric acid), awalnya aku bergidik ngeri, sempat cemas karena takut skin barrier ku rusak atau overdrying, tapi aku pikir positif saja, toh aku yakin dr spesialis kulitnya sudah memeriksa kondisi kulit dan tentu saja dia lebih tahu apa yang kulitku butuhkan. Mungkin, kondisi kulitku saat itu memang benar-benar oily, plus aku punya permasalahan hiperpigmentasi, sehingga beliau memilihkan face wash ini.

    Pada pemakaian pertama, gel yang dingin terasa nyesss banget di kulit, bikin adem, dan saat dipijat juga asyik ga terganggu sama busa (btw hati-hati jangan kena mata), setelah di bilas, kulit terasa lembut dan sama sekali ga ada sensasi perih atau ketarik. Setelah pemakaian selama seminggu, aku merasa kulitku bersih-sih-sih, komedo pun rasa-rasanya semakin menipis. 1 botol habisnya dalam waktu 3 bulan, nah, pada pemakaian 2 botol pertama memang sama sekali nggak ada masalah apa-apa. Mulailah di saat aku purchase untuk botol yang ketiga baru sudah mulai merasa ketidakcocokan dan memutuskan untuk stop ( saat itu aku sudah ga konsultasi lagi erha, aku konsultasi di erha Cuma satu tahun, setelah aku merasa kulit aku okay, aku mulai lepas pelan-pelan dan memutuskan untuk take care my own skin, habis penasaran sama skin care di luar sana, pengen bereksperimen sendiri) sejak juli 2017, aku sudah mulai pakai beragam skin care drug store lain ) tapi karena merasa cocok sama face washnya, aku lanjut beli botol lain saat habis. Ketidakcocokan seperti apa kah? Aku mulai merasa kulit wajahku jadi kering dan agak ketarik. Dan aku curiga, jangan-jangan ini produk memang bikin aku overdrying, tapi dulu-dulu emang ga gitu masalah karena kulitku sedang oil-oily nya (penyebab factor gaya hidup dan makanan mungkin), nah setelah kulitku balik ke kondisi normalnya (kombinasi-oily) dan kadang-kadang normal, baru dia mulai merespon dan menunjukkan ketidakcocokan. Tapi, syukurnya mau di botol 1, 2, 3 yang sudah aku pakai, ketiga tiganya ga bikin aku break out, malah mukaku jadi semakin bersih dan komedo menipis.

Verdict

Produk ini  sepertinya memang sangat  cocok untuk kamu yang memiliki kulit yang sangat sangat oily atau acne prone, kalau untuk jenis kulit lain cenderung akan bikin kulitmu kering dan iritasi.