Apasih itu Double Cleansing ?
Double Cleansing adalah cara membersihkan kulit wajah melalui dua tahapan pembersihan dengan tujuan agar sisa sisa makeup, skincare, debu ataupun kotoran yang menempel pada wajah terangkat secara sempurna. Istilah Double Cleansing dimulai oleh orang-orang yang berasal dari negeri tirai bambu, Jepang. 


Kapan kita harus melakukan Double Cleansing ? Awalnya aku bingung banget kapan kita harus melakukan Double Cleansing, banyak orang yang menyarankan untuk melakukan Double Cleansing sehari sekali, yaitu setiap malam hari menjelang tidur. Kalo aki gak makeupan tetap harus double cleansing juga gak ? Iya, tetep. Soalnya yah kata dokter tuh biar ibaratnya kita gak kemana mana debu dan kotoran tuh tetep nempel di kulit kita, jadi jangan di skip ya. Tapi, jangan terlalu sering juga gengs misalnya kaya 3 kali sehari, soalnya gak baik buat kulit kalian, bisa bikin kering dan iritasi. 

Tahapan Double Cleansing adalah :
  • Pembersihan Wajah dengan Oil Based atau Milk Cleanser
Double Cleansing dengan Oil Based atau Milk Cleanser pada dasarnya adalah cleanser yang bahannya adalah minyak/oil/susu. Double Cleansing dengan oil based ini bisa banget buat mengangkat makeup tebal atau waterproof sekalipun. Kalo aku lebih memilih Milk Cleanser sebagai first step cleanser aku, soalnya aku udah cocok dengan produknya.
Pict by Google
Cara membersihkan wajah pada tahap ini adalah dengan cara mengusapkan cleanser yang Oil Based atau Milk Cleanser ke wajah sambil dipijat-pijat lembut dengan gerakan memutar, agar kotoran di pori-pori bisa terangkat. Terus bersihkan dengan kapas.


Sebagain orang ada juga yang memilih untuk menggunakan Cleansing Balm untuk first step cleansingini. Sebenarnya sesuai selera kalian aja sih geng asal dia itu berbahan Oil Based atau Milk Cleanser.

Produk yang termasuk kedalam jenis Oil Based atau Milk Cleanser :
Baby Oil
Extra Virgin Olive Oil Bertoli
Neutrrogena Deep Cleansing Oil
Landcome
The Body Shop Chamomile
Shu Eumura
Clean It Zero
Biore
Viva Milk Cleanser

  • Water Based
Produk yang berbahan Water Based ini bertujuan untuk membersihkan kulit yang sudah terbebas dari makeup. Hal ini dilakukan dengan tujuan memastikan agar kulit dan pori-pori kita sudah bersih dan tidak ada lagi sisa sisa makeup atau kotoran yang tertinggal. Caranya kalian tinggal tuang secukupnya micellar water ke kapas terus usap dengan lembut ke kulit wajah. Habis tuh udah deh, tinggal di cuci aja wajahnya.
 
Pict by Femaledaily.com

Pict by Google

Produk yang digunakan untuk second cleansing ini adalah :
Micellar Water Garnier
Micellar Water Nivea
Bioderma
Neutrogena Hydro Boost Cleanser
Cetaphil Gentle
Neogen Fresh foam
Sephora Triple Action Cleansing Water
Huxley

Nah, sekian penjelasan aku mengenai Double Cleansing ya gengs, lakukan Double Cleansing as needed and your skin will thank to you~
Sumber : Beauty Hacks by Galgadot