review-marcks-venus-soft-matte-lipcream-shade-curtis

Sudah lama aku kepengen punya lipstick/lipcream warna orange .Rata rata lipstick yang aku punya dominasi mauve, soft pink, nude, dan merah.  Pucuk dicinta ulam pun tiba, saat menghadiri event Medan Beauty Blogger yang ke-6  bekerja sama dengan Venus Cosmetics x Nokia. Ada satu produk yang bikin aku mupeng kepengen punya karena sempat membagikan ke peserta event yang mengikuti kegiatan beauty class. Apakah itu? Ya benar, aku kepengen mengadopsi Marcks Venus Soft Matte Lipcream yang merupakan produk terbaru dari Venus Cosmetics.  
Besoknya aku meluncur langsung ke Kimia Farma dan beli shade Curtis yang menurut mataku adalah warna oren yang aku cari. Hati sudah senang ingin memakai langsung lipcream ini. Ternyata, aku salah shade sahabat. Di bibir aku jatuhnya oren neon. Sangat ngejreng kayak mau pake disko. Mau nangis sambil ketawa. Tapi bagaimana sih performa dari Lipcream ini? Mari kita bahas saja lebih mendalam daripada bayangin aku salah shade.
ABOUT MARCKS VENUS SOFT MATTE LIPCREAM
Marcks Venus merupakan lini kosmetik yang dikeluarkan oleh Kimia Farma yang merupakan industri farmasi pertama di Indonesia yang sudah terpercaya selama  bertahun tahun  dan terjamin baik dari segi bahan dan keamanan produknya.Tagline mereka  “Tampil Cantik dan Sehat #TunjukkanPesonaCantik” sangat menggambarkan produk mereka yang formulanya khusus mengagabungkan kesehatan dan kecantikan. Produknya variatif mulai dari skincare, base make up, personal care, dan yang terbaru merambah lipcream. Dengan image itu Venus Cosmetics menggunakan bahan yang aman dan bermanfaat buat pemakainya.  Soft Matte lipcream ini terdapat kandungan Vitamin E dan UV Filter menjaga area bibir terlindung dari paparan buruk sinar matahari. Sekaligus menutrisi kulit area bibir.
Mungkin lebih banyak yang tahu tentang sister brand nya yaitu Marcks dengan bedak tabur kuning yang melegenda . Akupun baru tahu ternyata Venus Cosmetics  banyak juga produknya. Soft Matte Lipcream ini adalah produk yang launcing tahun 2018 dengan 10 shade.
“Marks Venus mempersembahkan sebuah lip cream dengan tampilan warna yang nyata dengan hasil matte yang sempurna. Dengan formulasi yang creamy namun ringan , sehingga akan terasanyaman di bibir nyaman. No crack, transferproff, pigmented, long lasting”

SHADES
Venus Soft Matte Lipcream ini terdiri dari 10 shades dengan pilihan warna variatif mulai dari nude, pink, dan bold. Awalnya aku agak salfok dengan penamaan produknya kok unik. Ternyata emang diambil dari nama kupu kupu dan filosofi kupu kupu sendiri. Pantesan namanya seperti nama ilmiah gitu loh. Apa aja sih shadenya?
01 Vanessa, 02 Lycaena, 03 Phengaris, 04 Theclinae, 05 Chilades, 06 Jamides, 07 Curetis, 08 Myscelia, 09 Anthene, 10 Lysandra.

Nah yang aku belik itu yang shade 07 Curatis karena sepenglihatan aku warna itu yang oren. Ternyata sahabat, oren nya sungguh neon. Huhu.


PRODUCT INFO


Brand : Marck's Venus
Name Product : Soft Matte Lipcream
Shade : 07 Curtis
Price : Rp 45.000 
Netto : 3,7g
No BPOM : NA18171306438
Where to Buy : Official Account, Shopee, Kimia Farma
Instagram : @venuscosmetics


PACKAGING
review-marcks-venus-soft-matte-lipcream-shade-curtis
Lipcream ini tidak punya kotak sama sekali. Tapi dilapisi plastik pembungkus yang tercantum full ingredients dari produk ini. Sayangnya aku keburu lupa naruh plastiknya jadi nggak bakal tau apa aja bahan yang terkandung didalamnya (sungguh teledor sahabat..jangan diikuti ya).
Soft Matte Lipcream ini berbentuk tabung silinder transparan yang ramping. Bagian tutup dan body warnanya bening dengan bagian tengah berwarna silver. Terkesan kokoh dan elegan. Tutupnya juga rapet jadi nggak perlu takut meleber jika dibawa bepergian. Pada bagian samping body terdapat tanggal expired, no BPOM, dan nomor produksi. Bagian bawah terdapat nomor dan nama shade. Beratnya 3.7g.

review-marcks-venus-soft-matte-lipcream-shade-curtis

Aplikatornya pipih dan lentur. Aku awal surprise karena aplikator Venus Soft Matte Lipcream ini presisi sekali menjangkau sudut bibir dan garis bibir.  Dan aku suka karena lentur. Gak ribet pemakaiannya bahkan sampe sudut terdalam. Cakep bener. Karena ada beberapa lipcream yang aplikatornya saklek begitu jadi harus kita pinter pinter pakenya.

TEXTURE

review-marcks-venus-soft-matte-lipcream-shade-curtis

Seperti namanya Soft Matte Lipcream, produk ini super creamy tapi bukan yang thick. Beneran super ringan.  Lipcream ini sedikit sekali oksidasi bahkan hampir gak ada. Aku mengharapkan oksidasinya banyak karena salah shade Pengennya dia jatuh ke oren lebih gelap biar nggak neon banget. Ternyata yang kuharapkan tidak terjadi sahabat. Poto diatas sudah membuktikan dan bagian bawah itu lipcream setelah 25 menit pengolesan.

FORMULA

Ternyata goal dari produk ini adalah melembabkan dengan kandungan vitamin E nya. Serta kandungan UV Filter Formula untuk melindungi bibir dari paparan sinar matahari. Formula terasa lembab di bibir dan terasa lengket di pemakaian pertama.

Soft Matte Lip cream ini cukup butuh waktu menjadi matte sekitar 5- 10 menit. Jadi awal pemakaian dia agak basah dan creamy. Ternyata setelah aku baca, produk ini memang menutrisi terlebih dahulu untuk mencegah bibir kering sebelum nge-set sempurna  menjadi matte. Finishing menurut aku lebih ke velvety bukan dead matte. Finishingnya halus dan nggak bibik berasa ‘tebal’. Jadi nyaman nyaman aja. Hanya masih terasa agak lengkep begitu dikatupkan kedua bibir.


COVERAGE

review-marcks-venus-soft-matte-lipcream-shade-curtis

Venus Sotf Matte Lipcream ini pigmentasi juara bahkan dalam sekali usap. Warnanya langsung keluar bahkan menutup warna bibir aku yang agak hitam. Warnanya pun merata dalam sekali pulas. Klaim tentang pigmentasinya patut diacungi jempol nih. Digunakan berlayer layer masih nyaman aja, tapi tetep tunggu lipcream ini nge-set dulu sebelum di timpa lagi dengan layer berikutnya.  Coverage nya juga menutup garis halus pada bibir dan nggak cracking. Ini mungkin karena ada kandungan vitamin E nya.  Suka deh.

TRANSFER


review-marcks-venus-soft-matte-lipcream-shade-curtis

Lipcrem ini cukup transfer ya baik itu di gelas atau lagi cium anakku. Awalnya aku mikir mungkin belom kering banget. Ternyata setelah beberapa jam dipake makan dan minum, tetap aja dia transfer tapi nggak lebay sih. Sewajarnya aja. Tapi tetap warnanya masih ada hanya sedkit memudar kalo sudah transfer.

LASTING POWER AND SCENT

review-marcks-venus-soft-matte-lipcream-shade-curtis
Wanginya enak sih menurutku seperti warna caramel tapi nggak nyengat. Karena aku udah buang itu plastkc pembungkusnya, jadi aku nggak tau ada kandungan alcohol atau nggak.  Untuk ketahanannya aku coba pakai dari jam 11 siang – 6 sore.
Dipake makan, minum, dan ngemil, Ternyata nggak begitu long lasting sahabat. Buyar sudah.  Hanya sisa di garis bibir saja.  Mungkin tahan 1-3 jam kalo dipake makan dan minum yang nggak heboh ya .Kalo mau di apply lagi ya sah sah aja karena formulanya yang ringan.

 FINAL VERDICT

review-marcks-venus-soft-matte-lipcream-shade-curtis

Aku suka dengan teksturnya yang creamy dengan finishing yang velvety. Super ringan dan nggak cracking. Sesuai dengan klaim nya. Hasil akhirnya bukan dead matte dan mudah sekali dibersihkan. Pake micellar water juga langsung keangkat.

Apakah aku mau repurchase? Karena salah beli shade, sepertinya aku mau mengakali shade ini dulu. Tapi dengan harga dibawah 50 ribu dan nyari lipcream yang nggak ‘berat’ menurut aku Venus Soft Matte Lipcream ini cocok. Apalagi warna warnanya cantik dan masuk tone Indonesia.

PRO
(+)Teskturnya super creamy
(+)Aplikatornya lentur dan presisi
(+)Packagingnya kokoh dan tutupnya secure
(+)Affordable price
(+)Finishingnya velvety dan halus
(+)Pigmented dan coverage oke

CONS
(+)Transfer
(+)Lasting powernya kurang.


MARCK'S VENUS SOFT MATTE LIPCREAM
SHADE CURTIS
@venuscosmetics