Ungkapan kata stres seringkali kita temui atau kita dengar dalam kehidupan sehari hari terlontar bisa dari siapapun, baik dari orang orang terdekat kita atau bahkan dari mulut kita sendiri. Entah itu stres karena pekerjaan, sekolah, atau bahkan tanpa kegiatan pun bisa membuat kita stres.

Stres itu seperti sebuah rasa lelah yang sangat dan membuat kita ingin rehat sejenak. Kebanyakan orang mengatasi stres dengan berbagai cara. Ada yang pergi shopping, hang out bareng temen temen, main game, piknik, males makan, bahkan ada yang malah makan berlebihan.

Dan biasanya bagi mereka yang suka makan untuk menghilangkan stres, makanan yang berbau junk food macem yang berlemak, kaya gula, atau karbo menjadi alternatif pilihan dalam menu mereka. Setelah menyadari berat badan naik, ujung ujungnya stres yang di jadikan pelampiasan kesalahan.

Bagi anda yang memiliki berat badan yang mudah naik  dan lebih  suka makan pada waktu stres, alih alih makan makanan yang tidak sehat, mending pilihan makanan yang tepat. Dengan memilih makanan yang tepat atau sehat akan menstabilkan kadar gula darah dan respons emosional kamu. Tidak hanya itu,  nutrisi yang baik membantu menyeimbangkan hormon stres anda, menghilangkan stres dan meningkatkan suasana hati.

Ada beberapa makanan yang di indikasikan dapat mengurangi stres.Berikut 7 makanan yang di yakini dapat menjadi alternatif untuk mengatasi stres:

ALPUKAT

 Alpukat yang sudah sejak dahulu di kenal sebagai salah satu buah ajaib ini mengandung banyak nutrisi yang cukup tinggi, selain rasa nya yang enak dan gurih. Tidak salah jika banyak pecinta buah menjadikannya urutan pertama dalam list menu makanan mereka.
Alpukat kaya akan vitamin B, Vitamin C dan folat. Selain itu, alpukat juga mengandung potasium yang secara alami membantu menurunkan tekanan darah. Ini menjadikannya salah satu makanan terbaik untuk menghilangkan stres dan kecemasan.


                                                  
 

KACANG KACANGAN

Stres sangat berpotensi untuk merusak kesehatan saraf. Kacang-kacangan  seperti kacang almond, kacang bawang, kacang mete, dan lain sebagainya sangat baik untuk mereka  yang ingin mengurangi stres. Karena kaya akan magnesium, folat, dan kalium akan sangat membantu kita untuk menenangkan saraf, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan kesehatan otak. Karena membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali sehingga mengurangi tekanan pada jantung.


                                                    

 

OAT

Oat sejatinya memang karbohidrat, tapi dia adalah karbohidrat kompleks. Oatmeal dapat memicu otak anda untuk memproduksi serotonin. Serotonin adalah bahan kimia yang secara alami di produksi dari dalam tubuh kita untuk membuat kita merasa nyaman. Serotonin menenangkan dan membuat kamu merasa lebih baik. Oat juga kaya akan beta-glukan, yang membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan juga membantu dalam pengelolaan berat badan.


                                                
 

BIBIT

Maksudnya bibit, adalah mengkonsumsi bji bijian seperti biji bunga matahari atau biji semangka. Di Indonesia sering nya kita kenal dalam bentuk kering, yaitu kuaci.
Makanan ini memiliki tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Dan ternyata punya manfaat besar untuk mengurangi stres yang melanda.
Ternyata makanan makanan tersebut kaya akan magnesium sehingga dapat membuat sistem saraf lebih sehat. Terlebih lagi biji bijian ini juga penuh dengan triptofan yaitu asam amino yang membantu dalam produksi serotonin yang membantu kamu merasa rileks.

                                                
 

SAYURAN HIJAU

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sayuran sangat bagus untuk kesehatan.
Faktanya sayuran hijau mengandung folat yang menghasilkan dopamin di otak kita. Dopamin mempunyai andil dalam regulasi emosional di otak sehingga membuat anda bahagia. Selain folat, magnesium dalam sayuran hijau juga membantu menjaga kita tetap tenang dan baik.

                                                          
 

SALMON

Tidak hanya nutrisi dari tumbuh tumbuhan saja yang dapat membantu anda melawan stres. Nutrisi hewani seperti ikan salmon juga dapat mengurangi stres.
Makan salmon secara teratur di sinyalir dapat mengurangi risiko depresi, karena kandungan asam lemak omega 3 yang ada di dalamnya dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Disarankan untuk mengkonsumsinya dua kali seminggu.

                                               
 

SUSU

Siapa yang tidak suka susu? Minuman enak dan bernutrisi tinggi.
Kalau anda merasa stres, ada alternatif mudah buat mengatasinya. Minum susu.
Ternyata, susu mengandung triptofan, yaitu asam amino esensial yang merupakan prekursor untuk neurotransmitter Serotonin. Karena serotonin adalah bahan kimia "merasa enak" yang dikenal untuk meningkatkan relaksasi dan ketenangan pada seseorang. Dan, susu yang dikonsumsi dengan karbohidrat lain akan membantu penyerapan triptofan.

                                                   
 
Simpel kan ternyata melawan stres. Tidak perlu hal rumit untuk melawannya. Manusia sudah banyak di berikan kemudahan dalam hidup untuk mengatasi kesulitannya, tinggal kita mau usaha atau tidak.
Contoh nya stres, ternyata  banyak alternatif solusi yang mudah ditemukan di sekitar kita untuk mengatasinya.

Para peneliti telah menemukan bahwa makan makanan olahan, bergula, dan berlemak malah meningkatkan kemungkinan stres dan depresi.

Jadi, sebaiknya jauhi makanan makanan tersebut jika kamu ingin memperbaiki suasana hati. Makan makanan yang sehat tidak hanya membantu menjaga berat badan yang sehat tetapi juga membantu menjaga suasana hati agar tetap teratur.