Nikmatnya sajian biji salak yang anda santap selama ini mungkin dibuat dengan kuah gula yang biasa. Nah, dalam resep biji salak kuah pandan kali ini, sajian biji salak dibuat dengan kuah hijau pandan yang unik. Penasaran seperti apa resepnya? Mari simak di bawah ini.

Bahan-Bahan:

300 gram ubi merah
400 ml air
2 lembar daun pandan, ikat simpul
1/4 sendok teh garam
2 tetes pewarna hijau tua
150 gram gula pasir
75 gram tepung sagu
1/4 sendok teh garam
25 gram tepung sagu dan 30 ml air, dilarutkan untuk pengental
100 ml air daun suji dari 30 lembar daun suji dan 2 lembar daun pandan

Bahan Saus Santan:

300 ml santan dari 1 butir kelapa
1/4 sendok teh garam
1 lembar daun pandan, disimpulkan

Persiapan Membuat Biji Salak:

1. Untuk memulai resep pada sajian kali ini anda akan dapat membuat adonan biji salak terlebih dahulu. Hal ini penting untuk anda lakukan guna memudahkan anda membuat hidangan kali ini setelah sajian biji salak selesai dibuat. Untuk itu, bersihkan terlebih dahulu ubi dengan menggunakan air bersih secara merata.
2. Setelah ubi bersih dengan merata maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan mengupas ubi dengan merata menggunakan pisau. Masukkan dalam wadah dan potong-potong ubi dengan ukuran yang lebih kecil.
3. Baru kemudian kukus sajian ini dalam sebuah kukusan sampai matang dan empuk dengan merata. Keluarkan ubi saat masih hangat dan kemudian tumbuk sajian ini dengan merata hingga halus dan lembut.
4. Lalu kemudian campurkan ubi bersama dengan tepung sagu dan masukkan garam ke dalamnya dengan merata. Lalu aduk dan uleni sajian ini dengan merata hingga tercampur dan adonan berubah menjadi lebih kalis.
5. Setelah itu, ambil sedikit adonan dan bentuk dengan bentuk lonjong secara merata. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya secara merata.
6. Rebus air dalam sebuah panci sebanyak 1 liter lalu diamkan sajian ini sampai mendidih. Masukkan adonan biji salak ke dalamnya dan biarkan sampai mengapung ke permukaan. Lalu kemudian angkat sajian ini dan sisihkan dalam wadah sebelum nantinya bahan ini akan kita campurkan secara merata.

Cara Membuat Biji Salak Kuah Pandan yang Enak dan Lembut:

1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cara menyiapkan sebuah panci di atas kompor dan nyalakan api yang sedang. Lalu kemudian masukkan air bersama dengan air daun suji dan masukkan pewarna hijau ke dalamnya. Aduk dengan merata sampai tercampur.
2. Baru setelah itu, masukan gula pasir ke dalamnya bersama dengan daun pandan dan garam. Aduk dan campurkan sajian ini sampai merata dan larut.
3. Angkat sajian di atas lalu saring dengan menggunakan saringan secara merata dan didihkan kembali sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan lainnya.
4. Masukkan biji salak ke dalamnya dan kentalkan sajian ini dengan menggunakan larutan tepung sagu dan aduk-aduk sajian ini sampai merata hingga tercampur. Lalu masak sampai meletup-letup. Setelah itu, angkat sajian ini.
5. Untuk saus santan, silahkan rebus semua bahan santan menjadi satu dan aduk hingga mendidih dan merata. Lalu hidangkan bersama dengan sajian biji salak.