Sajian sop buah biasanya seringkali kita jumpai pada menu buka puasa sebagai hidangan pembuka yang menyegarkan. Bagi anda yang ingin membuat sendiri hidangan yang satu ini di rumah maka tak perlu khawatir anda akan dapat menyimak resep sop buah di bawah ini.

Bahan-Bahan Jeli:

1 bungkus jeli instan rasa stroberi
700 ml air
100 gram gula pasir
Bahan Campuran Buah-Buahan:
200 gram melon, dikeruk bulat
1 buah avokad, dipotong-potong
1 buah kelapa degan, dikeruk lebar
200 gram stroberi, dibelah dua
200 gram pir, dipotong kotak
100 gram kelengkeng
100 gram anggur, dibelah 2 bagian
200 gram daging sirsak
200 gram blewah, dikeruk panjang

Bahan Sirop:

200 ml air
175 gram gula pasir
2 lembar daun pandan

Bahan Tambahan:

800 ml air kelapa
1.200 gram es serut
200 ml susu kental manis putih

Persiapan Membuat Sop Buah Jeli yang Nikmat dan Segar:

1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cukup mudah dan sederhana. Langkah persiapan menjadi hal penting yang akan memudahkan anda untuk menyajikan resep pada hidangan kali ini. Maka dari itu, mari simak beberapa langkah persiapan di bawah ini.
2. Bahan persiapan pertama yang akan kita dahulukan adalah dengan membersihkan buah-buahan sebagai bahan utama dari sajian kali ini. Bawa buah-buahan ke dalam sebuah wadah dengan lubang-lubang yang carang. Lalu kemudian bawa sajian ini ke tempat cucian.
3. Silahkan cuci buah satu per satu dan siapkan sebuah wadah bersih untuk menampung buah-buahan yang sudah dicuci. Lalu gosok buah dan bilas dengan menggunakan air bersih secara merata. Lalu kemudian masukkan sajian ini ke dalam wadah bersih dan sisihkan sementara.
4. Lakukan cara yang sama pada buah-buahan yang masih ada. Lalu sisihkan sementara sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lain.
5. Keruk daging buah-buahan sesuai dengan perintah yang ada pada resep. Pisahkan dalam beberapa wadah sebelum nantinya bahan ini akan kita campurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata.

Cara Membuat Sop Buah Jeli yang Nikmat dan Segar:

1. Untuk membuat hidangan kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cara menyiapkan bahan-bahan untuk membuat sirop. Silahkan siapkan sebuah wadah dengan ukuran besar dan campurkan semua bahan sirop ke dalamnya. Siapkan panci dan panaskan di atas kompor.
2. Rebus semua bahan sirop sampai matang dan mengental dengan merata. Angkat sajian ini dan sisihkan dalam sebuah wadah agar menjadi lebih dingin dengan merata.
3. Selesai dengan pembuatan sirop kita akan buat bahan jelinya. Caranya siapkan sebuah panci dan masukkan semua bahan ke dalamnya. Lalu aduk-aduk dengan merata semua bahan ini sampai tercampur dan teraduk mengental.
4. Masukkan dalam loyang dan biarkan beku. Lalu potong-potong dengan bentuk dadu dan sisihakn dalam wadah.
5. Siapkan sebuah mangkuk, tata buah-buahan dan jeli. Masukkan es serut ke dalamnya dan tambahkan air kelapa bersama dengan sirop dan susu kental manis lalu aduk merata.

Nah, sajian ini kemudian akan siap untuk dinikmati ketika masih segar. Jangan lupa diaduk agar semua bahan tercampur menjadi satu.