Sebagai seorang Muslim yang beriman, ibadah puasa adalah ibadah wajib yang mengharuskan seseorang yang sudah baligh atau cukup umur ikut menjalani ibadah yang satu ini. Ketaatan kepada Allah SWT adalah bukti dari keimanan seorang hamba kepada Tuhannya.

Setiap orangtua tentu menginginkan bila buah hati yang mereka besarkan tumbuh menjadi pribadi yang shaleh dan shalehah dengan senantiasa mentaati perintah Allah dan menjauhi setiap larangannya. Termasuk dengan ibadah puasa wajib di bulan Ramadhan yang dijalani selama 1 bulan penuh lamanya.

Bagi seorang pemula, terutama anak-anak puasa tentu menjadi hal yang tidak mudah untuk dijalani. Betapa tidak, menahan lapar dan haus serta hawa nafsu selama hampir 14 jam lamanya bisa mungkin menjadi tantangan yang paling berat. Akan tetapi, ini sudah menjadi ketetapan dan kewajiban yang harus dijalankan.

Lantas bagaimana melatih dan mengajarkan anak agar mau berpuasa? Mari simak beberapa tips melatih kedisiplinan si kecil sejak dini terhadap ibadah puasa.

Bercerita Makna Puasa

Memang bukanlah hal yang mudah mengajarkan si kecil agar mampu menahan lapar dan haus mereka selama hampir satu harian penuh. Akan tetapi, tidak bijak pula memaksa anak dengan memarahi dan mengancam mereka untuk tidak membatalkan puasa mereka sebelum waktunya.

Untuknyalah, mengajarkan anak agar mau berpuasa dapat anda awali dengan menceritakan kepada mereka tentang makna dari berpuasa. Kemas juga penjelasan ini dengan cerita-cerita yang menarik. Anda dan pasangan bisa menceritakan kisah-kisah para nabi dan keutamaan berpuasa.

Pada intinya, munculkan minat anak untuk berpuasa alih-alih memaksakan kehendak kita. Ketika anak mengerti dan memahami hal ini maka hal ini akan berbekas di dalam pikirannya. Diharapkan hal ini tertanam sampai ia dewasa nanti.

Jelaskan Pengertian Puasa

Anak akan cenderung mampu menerima sebuah perubahan ketika ia siap menghadapi perubahan tersebut. Termasuk ketika ibu mengajarkan mereka berpuasa untuk pertama kalinya. Maka dari itu, ayah dan ibu perlu menjelaskan mengenai pengertian dari puasa itu sendiri.

Jelaskan pada si kecil dengan bahasa yang mudah mereka pahami. Jelaskan pula mengapa kita perlu berpuasa dan bagaimana hukuman bagi orang yang tidak berpuasa dengan sengaja. Bila perlu berikan reward kecil berupa makanan kesukaan mereka pada saat berbuka dan lain sebagainya.

Jangan Berikan Hukuman Saat Mereka Menolak

Pada dasarnya setiap hal tidak dapat dilakukan dengan cepat dan instan. Ada proses dan perjuangan untuk bisa menggapai sesuatu. Termasuk dengan mengajarkan anak agar mau berpuasa. Maka dari itu, melatih puasa sejak dini adalah hal penting yang perlu diberikan sejak anak masih kecil.

Jangan marah atau kecewa saat si kecil menolak melaksanakan ibadah puasa, terutama saat mereka sudah pernah mencobanya. Tidak ada salahnya memberikan kesempatan bagi si kecil agar ia beristirahat sementara. Tetap bujuk ia bahwa berpuasa bukan berarti mereka tidak akan bisa makan. Karena waktu berbuka puasa dimana semua orang berkumpul adalah sebuah kenikmatan dari berpuasa itu sendiri.

Menciptakan Suasana Berpuasa yang Menyenangkan

Selain kesadaran diri, anak pun akan cenderung melihat bagaimana orangtuanya menjalani ibadah puasa itu sendiri. Maka dari itu, buatlah suasana puasa di rumah menjadi hal yang menyenangkan. Sajikan aneka hidangan menu kesukaan keluarga pada saat buka dan sahur sehingga si kecil tertarik untuk ikut serta menjalani ibadah yang satu ini.