Ibu menyusui boleh saja ikut menjalani ibadah puasa asalkan kondisi kesehatan tubuhnya sedang dalam kondisi yang baik. Selain itu, ketika berkonsultasi dengan dokter anda diberikan lampu hijau untuk bisa ikut menjalani ibadah wajib bagi pada kaum Muslim ini.

Karena pada dasarnya, puasa tidak akan mempengaruhi produksi ASI atau menyebabkan gangguan terhadap kualitas ASI. Hal ini dikarenakan tubuh kita jauh lebih pintar dibandingkan yang kita bayangkan. Bahkan meski kita merubah waktu dan jadwal makan kita selama puasa. Namun tetap tubuh akan dapat menyesuaikan dengan kondisi apapun.

Hanya saja, agar puasa yang anda jalani aman dan nyaman. Maka mari simak menu makanan buka puasa bagi ibu menyusui di bawah ini.

Penuhi Kebutuhan Kalori dan Protein

Sebagaimana dianjurkan oleh Kementrian Kesehatan dan berdasarkan Angka Kecukupan Gizi, ibu menyusui perlu mendapatkan tambahan sebanyak 200 gram protein dan tambahan energi harian mereka sebesar 330 sampai dengan 400 kalori. Hal inilah yang membuat ibu perlu memperhatikan asupan ini dengan sangat baik di dalam tubuh.

Pilihan sumber protein dan kalori pada ibu hamil pun pada dasarnya tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Sumber protein bisa didapatkan dari daging tanpa lemak, konsumsi ayam, telur, keju dan bahkan kacang sampai dengan biji-bijian. Beberapa jenis olahan protein yang baik bisa anda peroleh dari tahu dan tempe.

Sementara itu, untuk karbohidrat sendiri anda bisa mengkonsumsi karbohidrat kompleks dengan kandungan serat yang jauh lebih tinggi. Dimana bahan ini bisa menyimpan energi lebih lama.
Sehingga ibu menyusui akan dapat bertenaga dan tetap fit meski ikut menjalani ibadah puasa. Beberapa jenis karbohidrat kompleks bisa anda temui dari makanan seperti gandum, kentang, beras merah dan masih banyak lagi.

Perhatikan Asupan Cairan

Perlu diingat bahwa ibu menyusui rentan sekali dengan yang namanya dehidrasi selama menjalani ibadah puasa. Hal ini dikarenakan, tidak adanya asupan makanan dan minuman selama hampir 14 jam penuh membuat ibu hamil dan menyusui perlu sekali memperhatikan asupan cairan dalam tubuhnya dengan sangat baik.

Minimal 8 gelas takaran air yang dibutuhkan setiap harinya. Yang mana takaran ini akan dapat anda bagi dengan pola 2-4-2. Dua gelas pada saat berbuka puasa, 4 gelas ketika hendak tidur di malam hari dan 2 gelas lagi pada saat sahur.

Menu makanan buka puasa bagi ibu menyusui dari bahan cairan sebenarnya cukup mudah. Anda bisa konsumsi susu, jus buah dan masih banyak lagi alih-alih hanya mengkonsumsi air putih.

Aneka Sup Sayur

Ide menu makanan buka puasa bagi ibu menyusui selanjutnya yang dapat anda buat di rumah adalah dengan mengkonsumsi sup sayur. Hidangan ini menjadi sajian ideal pada saat buka puasa karena kandungan serat dan nutrisi lain dalam sayuran yang baik untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh anda.

Selain itu, kandungan cairan berupa kuah sup gurih membantu anda memenuhi kebutuhan cairan agar anda terhindar dari dehidrasi. Maka dari itu, pertimbangkan menu makanan buka puasa bagi ibu menyusui yang satu ini.

Aneka Tumis Daging

Sajian tumis daging adalah menu makanan dengan kandungan protein dan mineral yang baik. Anda bisa mengkonsumsi sajian ini untuk menu buka puasa yang enak dan lezat. Santap pula bersama dengan nasi agar anda dapat lebih kenyang.