Ikut serta menjalani ibadah puasa atau tidak pada dasarnya adalah pilihan untuk seorang ibu hamil. Karena secara agama, seorang ibu hamil tentu mendapatkan keringanan untuk tidak berpuasa. Hanya saja, kemampuan menjalankan puasa pada wanita hamil biasanya akan bergantung pada kondisi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan mereka.

Itulah mengapa, sebelum memutuskan mengikuti ibadah puasa, penting sekali bagi ibu hamil mengkonsultasikan masalah ini bersama dengan dokter. Sebab dokter akan memberikan keputusan ini dengan melihat kondisi ibu dan janin saat ini.

Nah, bagi anda yang memang diperbolehkan untuk ikut menjalani ibadah puasa. Penting dipahami bahwa pada saat hamil bayi anda sedang sangat membutuhkan asupan vitamin dan nutrisi dari makanan sehat. Maka dari itu, menjaga asupan makanan selama puasa adalah hal penting yang perlu diperhatikan. Mari simak menu makanan puasa bagi ibu hamil di bawah ini.

Menu Gizi Seimbang

Hal pertama yang penting menjadi perhatian bagi anda para ibu hamil yang ikut menjalani ibadah puasa adalah memperhatikan asupan gizi seimbang ke dalam tubuh. Sebab lain halnya dengan wanita yang tidak hamil, pada saat ini asupan gizi yang banyak dibutuhkan demi tumbuh kembang bayi di dalam kandungan.

Terlebih lagi hal penting yang perlu menjadi perhatian adalah puasa pada umumnya membuat jadwal makan anda menjadi terbatas. Oleh karenanya, upayakan untuk senantiasa mencukupi kebutuhan nutrisi pada saat sahur dan berbuka dengan baik.

Beberapa jenis gizi yang perlu diperhatikan adalah menu makanan dengan kandungan karbohidrat, protein hewani, protein nabati, vitamin dan juga mineral. Contohnya nasi, sayuran hijau, buah-buahan, susu, daging dan masih banyak lagi.

Pilih Karbohidrat Kompleks

Selain mencukupi kebutuhan nutrisi, asupan karbohidrat kompleks pun menjadi hal penting yang perlu anda perhatikan dengan baik. Penting dipahami bahwa asupan karbohidrat kompleks akan membuat perut anda kenyang lebih lama sehingga membantu meringankan perasaan lapar selama menjalani ibadah puasa.

Adapun beberapa jenis bahan makanan dengan kandungan ini diantaranya adalah kacang-kacangan, nasi merah, roti gandum, pasta gandum, oatmeal dan masih banyak lagi.

Perbanyak Konsumsi Makanan dengan Kandungan Protein

Bahan makanan dengan kandungan protein akan sangat baik untuk tubuh. Sementara untuk bayi, kandungan ini bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Maka dari itu, pastikan agar perkembangan si kecil di dalam rahim berjalan dengan baik maka asupan ini perlu anda jaga.
Beberapa jenis makanan dengan kandungan protein yang baik diantaranya adalah kacang-kacangan, daging, ikan, telur dan masih banyak lagi. Maka dari itu, pastikan anda memasukkan menu ini pada menu makanan buka puasa ibu hamil.

Batasi Makanan Manis

Menu makanan buka puasa bagi ibu hamil selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah makanan manis. Selama puasa jadwal makan yang terbatas jangan sampai disia-siakan dengan konsumsi makanan yang tidak sehat. Makanan manis akan dapat memang dapat membantu meningkatkan kadar gula yang turun selama ibu hamil menjalani ibadah puasa.

Akan tetapi, ketika bahan ini dikonsumsi dalam jumlah yang banyak maka hasilnya ibu hamil akan cepat merasa lapar. Selain itu, kebanyakan konsumsi makanan manis akan beresiko membuat ibu mengalami diabetes gestasional. Untuk itu, maka perhatikan dengan baik masalah yang satu ini.
Beralihlah pada buah-buahan ketika anda mengidam makanan atau minuman yang manis. Sebab bahan ini akan tentu aman untuk dikonsumsi dibandingkan dengan makanan manis lainnya.