IMG-20180701-WA0004

Memilih face cleanser yang performanya baik itu penting. Mengapa? Karena kulit yang bersih  adalah awal untuk mendapatkan hasil yang optimal. Syarat utama pembersih yang bagus adalah mampu membersihkkan kulit secara maksimal tanpa membuat kulit wajah menjadi kering.  Salah satu second cleanser lokal yang bukan oil yang pernah aku coba adalah produk keluaran dari The Bath Box yaitu varian Sugar Green Tea Face Cleanser. The Bath Box merupakan brand Indie dari Indonesia yang menurutku mirip sama brand luar negeri yang cukup terkenal yaitu LUSH, persamaannya ada pada konsep memproduksi Handmade beauty or natural skin care products. Harganya pun terjangkau, serta banyak review positif terkait produk-produk yang dikeluarkan.  Berawal dari rasa penasaran, aku pun langsung memesan online produk ini melalui WA official The Bath Box, nilai plusnya admin yang menanggani customer juga ramah, dan juga bersedia meladeni konsultasi terkait kulit kita dan produk apa yang sekiranya lebih cocok untuk jenis kulit.  Mau tau reviewnya? Yuk lanjut baca, aku akan jelaskan dengan rinci di bawah.

Basic Information

BPOM Certified

Cruelty Free

Halal

Vegan

Where to buy : bisa langsung mengunjungi website the bathbox ; thebathbox.co.id bisa juga elalui shopee, website, tokopedia, line@ dan Whats App (Klik link berikut linktr.ee/thebathbox

Price : 99 ribu

Netto : 50 gr

Made in Indonesia, Manufactured PT Mitra Kreasi Natural

BPOM NA18171209016

PAO (Period after opening)/Shelf Life  3 months from manufacture date

For dry To normal skin

Claim :

an antioxidant rich green tea face cleanser that gentluy remove impurity and excess sebum without drying the skin. We add sugar as natural mild exfoliator to remove dead skin  cells and the combination of safflower oil with lavender, tea trea and rosemary essential oil to keep your skin well balanced and soft.

Pencuci wajah green tea kaya antioksidan yang mengangkat kotoran dan minyak berlebih secara halus tanpa menjadikan kulit kering, ditambah dengan gula sebagai scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati dikombinasikan dengan Safflower oil dengan lavender, tea tree dan Rosemary essensial  oil untuk menjaga kelembapan kulit.

Ingredients :

Kaolin, Carthamus Tinctorius (Safflower) Oil, Glycerin, Cammellia Sinensis Leaf Powder, Sucrose, Sodium Lauryl Sulfoacetate, Lavendula Angustifolia (lavender) Oil, Melaleuca Alternifoloa (Tea Tree) Oil, Rosmarinus Officinalis (rosemary) Leaf Oil, Tocopherol, Rosa Gallica Flower.

STAR Ingredients :

  • Kaolin : Semacam tanah liat, dalam skin care efektif dala  membersihkan kulit dan juga berfungsi sebagai antiaging
  • Carthamus Tinctorius (Safflower oil) : Esensial oil dari bunga safflower, mengandung asam lemak linoleic acid yang berfungsi melembabkan kulit
  • Camellia Sinensis Leaf Powder, (Teh hijau) : memiliki efek antibakteri intik mengatasi jerawat.
  • Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil : anti peradangan dan menenangkan kulit sensitive
  • Malaleuca Alternifolia (Tea tree) Oil : Mengatasi jerawat karena memiliki efek antibakteri
  • Tocopherol : Antioksidan yaitu vitamin E

Packaging

The Bath Box  Sugar Green Tea Face Cleanser dikemas dalam jar plastic bewarna hitam dengan aksen hijau lumut pada bagian tutupnya. Sayangnya, tidak disediakan spatula sehingga dalam proses pengambilan harus benar-benar steril (usahakan cuci tangan dahulu dan di lap sampai kering), kenapa? Karena produk ini tidak menggunakan pengawet ( preservative), ditakutkan akan lebih cepat berjamur dibandingkan PAO yang seharusnya (3 bulan).

Tesktur dan Aroma

Teksturnya seperti pasta namun agak sedikit keras dengan butiran-butiran gula halus di dalamnya, warnanya hijau lumut.  Aromanya sungguh sangat menenangkan, campuran wangi daun teh berpadu dengan wangi lavender dan ada sedikit aroma rempah seperti wangi minyak kayu putih.

20180122_091740-01

Cara penggunaan

    The Bath Box Sugar ini merupakan second cleanser, jadi di gunakan setelah kita membersihkan wajah dengan face cleanser terlebih dahulu.

    • Setelah cuci wajah dengan 1st cleanser, jangan langsung keringkan wajah

  • Ambil pembersih The bath box Sugar seruas buku jari telunjuk anda
  • Oleskan di telapak tangan
  • Bubuhkan air secukupnya, dan kemudian ratakan hingga The bath box sugar tadi lumer dengan air (namun jangan terlalu cair, cukup sampai menjadi pasta saja)
  • Oleskan di wajah, gosok dengan halus pada bagian yang banyak komedonya (terutama di area hidung)
  • Kemudian bilas dengan air hangat

Produk ini aku gunakan selang 2 hari dari pemakaian sebelumnya, alasan aku menggunakan seperti itu, karena  produk ini termasuk mechanic exfoliator ( ada scrubnya) walaupun di claim mild dan gentle tapi tetap saja exfoliator bukan untuk daily use ( untuk menghindari iritasi kulit).

Cara Penyimpanan

    Karena produk ini tidak mengandung pengawet, ia wajib disimpan di tempat yang kering dan sejuk. Saya sarankan di simpan di kulkas untuk mencegah produk terkontaminasi oleh  mikroba yang ada di udara. Serta, setelah pemakaian tutuplah produk rapat-rapat.

My Opinion Toward the Products

  1. Dari segi Harga :  Di bilang murah enggak juga, di bilang mahal tapi ga terlalu mahal juga, ya terjangkaulah.
  2. Dari Segi Ingredients : produk ini mengandung ingredients yang cukup menarik perhatian dengan khasiat yang sangat memanjakan kulit, tapi untuk kalian yang kulitnya alergian harus waspada juga karena  kandungan jenis esensial oilnya cukup beragam . untuk anda yang suka produk alami, mungkin akan tertarik untuk mencoba produk ini (karena tidak mengandung pengawet). Untuk aku pribadi, jujur saja aku lebih suka produk yang mengandung pengawet, selain masa kadulawarsanya jauh lebih lama sehingga akan lebih hemat (#makmakpelit) dan juga aku ga perlu takut produk yang aku pakai terinvasi oleh mikroba (ingat walaupun cara anda menyimpan dan mengambil produk sudah benar, namun saat anda membuka tutup botol, kemungkinan terkontaminasi kuman yang ada di udara bebas bukan hal yang mustahil terjadi).
  3. Dari segi Packaging : Packagingnya cukup simple , misterius dan bombastis menurutku. Meski plastiknya terkesan tipis dan rapuh, tapi sebenarnya cukup tahan banting kok (punyaku pernah beberapa kali jatuh dan Alhamdulillah aman-aman aja, Ga retak).
  4. Dari Segi Tekstur : Meski ada butiran-butiran gula halusnya, teksturnya masih masuk kategori gentle, saat di aplikasikan ke wajah (setelah di campur air) sama sekali ga terasa sensasi seperti kulit tergerus sesuatu. Walaupun begitu, tetap saja, saat diaplikasikan tidak boleh menggosok wajah dengan terlalu keras.
  5. Dari Segi Aroma : Yang paling aku suka dari produk ini adalah aromanya yang so relaxing, apalagi saat sedang lelah-lelahnya, terus cuci muka pakai produk ini, rasa lelahpun sedikit terhempas.
  6. Dari Segi Hasil  : produk ini kurang maksimal menjalankan fungsinya sebagai second cleanser dalam membersihkan riasan (make up) (walaupun aku sudah menggunaan 1st cleanser , tetap saja aku membutuhkan second cleanser yang mumpuni agar sisa sisa make up dapat dibersihkan secara maksimal). Menurutku dia lebih cocok digunakan pada wajah yang polos tanpa riasan, kalau anda ingin membersihkan make up ada baiknya gunakan second cleanser yang bertekstur gel atau krim. Jenis kulitku kombinasi, normal to oily, nah produk ini juga cukup baik dalam mengontrol minyak terutama saat dipakai di pagi hari (saat aku pakai produk ini di pagi hari, seharian saat beraktivitas kulitku jadi less oily daripada biasanya). Efeknya dalam mengatasi komedo biasa saja menurutku, karena ga memberikan perubahan yang signifikan pada komedoku yang menumpuk di hidung.
  7. Kesimpulan : The Bath Box Sugar Green Tea face cleanser cukup baik dalam menjalankan perannya sebagai exfoliator mekanik, ia mampu mengangkat minyak berlebih tanpa bikin kulit kering, minyak di wajah jadi lumayan terkontrol. Sayangnya, produk ini kurang baik dijadikan sebagai second cleanser apabila anda ingin membersihkan riasan wajah/ make up, dan juga jangan terlalu berharap banyak akan manfaatnya untuk membasmi komedo / jerawat di wajah anda.