Menjaga kehamilan di tahapan awal adalah langkah yang penting yang perlu dipastikan demi menjaga tumbuh kembang si kecil di dalam rahim ibu tetap terjaga dengan baik. Awal tahapan kehamilan memang menjadi momen yang sangat membingungkan, apalagi untuk anda yang baru saja mendapatkan pengalaman berharga ini.

Berbagai perubahan yang di alami pada masa kehamilan di trimester awal sebaiknya ditanggapi dengan tepat guna menjaga kehamilan anda tetap sehat. Penting diketahui bahwa selama hamil, ibu akan mengalami banyak perubahan di dalam tubuh. Hal ini adalah upaya alami tubuh dalam mempersiapkan kondisinya untuk menunjang tumbuh kembang si kecil di dalam perut ibu.

Nah, di bawah ini mari kita simak tips menjaga kehamilan di trimester awal dan ketahui apa saja hal yang perlu dilakukan pada tahapan awal kehamilan agar kandungan ibu tetap sehat terjaga.

Mengatasi Keluhan dan Perubahan Fisik

Selama mengandung akan ada banyak perubahan fisik yang ibu alami dimana pada umumnya perubahan ini mengacu pada hal-hal yang cenderung lebih kepada keluhan. Beberapa kondisi yang mungkin anda rasakan pada trimester awal kehamilan diantaranya adalah mual muntah, payudara yang terasa nyeri, seringnya buang air kecil, mudah lelah, pusing, mengantuk dan ngidam mungkin adalah beberapa kondisi yang asing untuk anda pada saat pertama kali mengalami kehamilan.

Selain itu, ibu hamil pun akan lebih sensitif terhadap bau tertentu. Contohnya adalah bau parfum ataupun bau asap rokok. Ketika kondisi ini tidak segera di atasi maka biasanya penciuman yang sensitif akan menuntun anda pada mual dan muntah yang tak tertahankan.

Hanya saja, pada umumnya beberapa kondisi keluhan tersebut tidak membutuhkan penanganan medis atau pengobatan kimia. Sebab ini adalah bagian dari reaksi tubuh secara alami dalam menyesuaikan kondisinya dengan kehamilan anda saat ini.

Keluhan selama kehamilan akan dapat menghilang pada saat anda sudah memasuki bulan-bulan yang lebih lanjut. Perbanyak konsumsi air putih untuk menjaga anda tetap terhidrasi dengan baik. Perhatikan pula konsumsi makanan yang lebih sehat dengan mendominasi sayur dan buah yang kaya akan nutrisi.

Ketahui Usia Kehamilan Anda

Bukan hanya penting dijaga dan dirawat anda pun perlu tahu dengan baik mengenai usia kehamilan anda. Pengetahuan semacam ini akan menjadi panduan untuk anda bisa menjaga dan merawat kandungan sesuai dengan usia janin di dalam rahim anda.

Cara menghitung usia kehamilan dapat diketahui dengan berbagai metode, salah satunya adalah dengan perhitungan menggunakan kalender kehamilan atau mungkin cari tahu penghitungan ini dengan melakukan pemeriksaan USG ke dokter.

Mengendalikan Kondisi Emosional

Selain perubahan fisik yang terjadi, kondisi emosional pun akan mungkin dirasakan selama kehamilan. Tak heran bila selama hamil anda akan cenderung merasakan gembira, bersemangat dan bahkan dalam beberapa waktu perubahan emosi tersebut dapat terjadi dengan cepat. Anda bisa mungkin merasakan kegelisahan dan kesedihan setelah anda baru saja mendapatkan kabar gembira.

Selain itu, ibu muda biasanya merasakan kecemasan yang luar biasa tentang kondisi bayi yang mereka kandung. Bukan hanya itu, kecemasan pun bisa muncul dari pesimistik tentang mendidik dan mengasuh si bayi ketika mereka dilahirkan nanti.

Namun sebaiknya jangan biarkan hal-hal semacam ini mempengaruhi pikiran anda. Ketakutan dan kegelisahan yang anda rasakan belum tentu akan terjadi dengan mudah. Yang penting dilakukan adalah berdoalah dan yakin bahwa ketika Tuhan menitipkan anugerah di dalam hidup anda maka Tuhan yakin bahwa anda bisa merawat dan menjaganya dengan baik.