https://itsnandamn.blogspot.com/2019/02/diy-hb-whitening-cara-membuat-lotion.html
Yang mau kulitnya putih tapi takut makai pemutih abal2? Nih aku ada solusinya. DIY HB WHITENING (Cara Membuat Lotion Pemutih Kulit di Rumah)

Nah sekarang kan lagi booming banget badan putih kinclong kayak artis Korea. Bagi kalian pasti sering banget liat iklan entah itu di Instagram atau di media sosial lainnya yang jual lotion pemutih racikan dengan berbagai merek atau istilahnya tuh HB Whitening gitu.  Kebanyakan dari HB whitening ini itu mengklaim kalau mereka bisa memutihkan kulit kita dalam waktu yang singkat, ada yang bahkan cuma butuh waktu tiga hari. Kalian percaya nggak gengs kalo bahan nya aman? Enggak mengandung bahan yang berbahaya misalnya aja kaya ada campuran Dermovateatau yg lebih parah lagi kandungan Merkuri? 

BACA JUGA : DERMOVATE CREAM, AMAN ?
Nah daripada kalian beli HB Whitening yang nggak jelas ingredientsnya dan siapa tau bakalan bikin efek samping misalnya kayak munculnya urat urat dibagian kulit seperti yang sering banget dikasih tau sama dokter Mita, SpKK., mending kita buat sendiri lotion pemutih yang udah pasti aman dan harganya muraaaaaah. 

Kalau kita buat sendiri yang pertama terjamin lotion nya itu punya merek dan BPOM, bukan merek abal abal, yang kedua kita jadi tahu ingridients apa aja yang kita campur ke dalam lotion tersebut soalnya nggak sembarang ingredients bisa dikombinasikan sesuka hati. Ada beberapa ingridients yang kalau dicampur tuh bakalan menimbulkan efek buruk ataupun iritasi di kulit kita apalagi di kulit aku yang sangat sangat sensitif ini. 

Nah sebelum aku yang ngasih tahu gimana cara ngebuat atau ngeracik lotion pemutih sendiri,  kita  harus tahu dulu bahan apa aja yang boleh atau nggak boleh dicampur dengan vitamin C. Ini dia listnya:
Vit C+ Retinol
Vitamin C dan Retinol bekerja optimal dalam lingkungan keasaman (pH) yang berbeda, dan seharusnya tidak dikombinasikan. Vitamin C diformulasikan pada kadar pH rendah, kurang dari 3,5, sementara retinol bekerja dalam ph 5,5-6 .

Vit C + AHA/BHA   
AHA (kulit kering) ️ 5-10%
Glycolic Acid
Lactic acid
Malic acid
Mandelic acid

BHA (kulit berminyak) ️ 1-4%
Salicilyc Acid

Vitamin C dan produk hydroxy acid sebenarnya bisa saja dipakai bersamaan karena keduanya bekerja di lingkungan yang asam. Walau begitu, pada kulit yang kering, pemakaian zat aktif ini bersama-sama bisa menyebabkan iritasi. Untuk kulit berminyak lebih aman, tetapi tetap beri jeda beberapa menit sebelum memakai produk berikutnya.

Benzoyl Peroxide + Vitamin C
Benzoyl peroxide biasanya ada dalam produk antijerawat dan membantu membunuh bakteri pada kulit. Benzoyl peroxide jangan dipakai bersama dengan serum vitamin C karena bisa mengoksidasi vitaminnya. Jika kamu memiliki jenis kulit berminyak, kombinasi produk benzoyl peroxide seperti toner, dan vitamin C, bisa bekerja dengan baik. Tapi, beri jeda sebelum pemakaian keduanya.
BACA JUGA : FACEOIL (GRAPESEED OIL) UNTUK JERAWAT 

Vit C + Niacinamide
Menurut Femaledaily.com 
Gabungan antara dua ingredient ini sebenarnya masih jadi perdebatan di luar sana. Ada yang beranggapan bahwa kombinasi keduanya menghasilkan niacin, substansi yang akan membuat kulit menjadi merah seperti kepiting rebus dan mengurangi performa vitamin C, tetapi ada juga yang mengatakan bahwa nggak semua orang akan merasakan dampak buruk dari reaksi tersebut.
In a very science-y post from kindofstephen.com, dijelaskan bahwa kadang reaksi memerah dari kulit bisa jadi karena formulasi produk vitamin C-nya yang kurang stabil dan bukan karena hasil dari niacin. Selain itu, proses pembentukan niacin pun nggak sesederhana itu, karena dari hasil penelitian yang dilakukan selama kurang lebih enam minggu, presentase niacin yang terbentuk pun sangat rendah, hanya sekitar 1 – 2 %.
Hal ini bukan berarti lantas kita bisa bebas memakai vitamin C dan niacinamide berbarengan tanpa caution, karena tentu balik lagi ke formulasi kedua produk masing-masing, bisa saja yang membuat iritasi adalah formulasinya dan bukan reaksi yang ditimbulkan saat keduanya digabung. Best bet, dipakai di saat yang berbeda (pagi – malam) seperti bahan-bahan di atas.
BACA JUGA : CARA MENGATASI TELAPAK KAKI YANG KERING
Nah kalo udah tau bahan-bahan apa aja yang gak boleh dicampur dengan vitamin C, sekarang aku mau ngajarin gimana ngeracik HB Whitening versi aku.
Bahan-bahan yang diperlukan :
1.      Lotion pelindung dari sinar UV (aku makai merek Nivea Extra White)
2.      Serum Vitamin C dari Hanasui
3.      Jar
4.      Spatula




 Cara membuat :