Tidak sedikit wanita hamil, terutama mereka yang baru pertama kali mendapatkan amanah berharga ini kebingungan memahami tanda apa saja yang mengindikasikan persalinan semakin dekat.

Usia kehamilan memang sudah diketahui dengan baik, namun terkadang persalinan si buah hati bisa maju lebih cepat atau mundur lebih lambat dari tanggal perkiraan lahir. Hal inilah yang seringkali menjadi kekhawatiran besar pada calon ibu.

Mereka takut jika sewaktu-waktu si buah hati akan lahir ke dunia tanpa persiapan apa-apa. Termasuk pada saat mereka sedang berada di luar rumah. Yang menjadi khawatir paling besar adalah persalinan yang mungkin terjadi pada saat ibu hamil berada jauh dari keluarganya.

Maka dari itu, mengetahui ciri-ciri akan melahirkan kali ini diharapkan akan membantu anda mengenali tanda persalinan yang sudah semakin dekat sehingga anda dapat tinggal di rumah dan mempersiapkan kehadiran si buah hati ke dunia.

Posisi Bayi yang Semakin 'Merosot' Turun

Menjelang satu hingga empat minggu sebelum persalinan dimulai, anda mungkin akan merasakan kondisi dimana bayi anda mulai 'merosot' turun ke bagian bawah atau ke bagian panggul. Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal dengan sebutan 'pengenduran'. Kondisi ini menandakan bahwa bayi anda sedang mengatur ulang posisi tubuhnya dengan kepala di bagian bawah menuju jalan persalinan.

Salah satu kabar gembira yang mungkin anda rasakan pada saat posisi bayi beringsut ke bawah adalah bagian diafragma anda tidak lagi tertekan dan terasa sesak. Namun pada waktu yang bersamaan, pengenduran ini akan menyebabkan tekanan yang lebih besar pada bagian kandung kemih. Sehingga demikian, di waktu yang sama anda pun akan cenderung merasakan intensitas buang air kecil yang lebih sering.

Leher Rahim yang Perlahan Membuka

Ciri-ciri akan melahirkan selanjutnya yang mungkin dialami adalah bagian leher rahim yang terbuka, mulai melar dan menipis pada minggu-minggu menjelang persalinan anda. Kondisi ini tentu saja merupakan bagian dari usaha tubuh untuk mempersiapkan persalinan untuk si buah hati.

Ciri-ciri akan melahirkan ini biasanya diketahui oleh dokter atau tim medis. Jadi untuk bisa mengetahui tanda ini anda perlu melakukan check up kehamilan ke bidan atau dokter terdekat. Tentunya beberapa saat menjelang waktu kelahiran si buah hati.

Keluarnya Lendir Bercampur Darah

Sama halnya ketika anda mengawali kehamilan dimana flek pada sebagian orang dirasakan. Pada saat ciri-ciri akan melahirkan terjadi biasanya sebagian orang mengalami keluarnya lendir bercampur darah yang juga seperti flek.

Kondisi ini adalah hal yang wajar yang juga menjadi bagian dari ciri-ciri akan melahirkan. Adapun kondisi ini terjadi sebab leher rahim yang sudah semakin membuka dan gumpalan yang selama ini melindungi jalan lahir sudah mulai terbuka dengan perlahan.

Bila anda merasakan kondisi yang satu ini sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter, apalagi hari perkiraan lahir anda sudah semakin dekat. Sebab bisa diprediksi ini adalah tanda dari persalinan yang semakin dekat.

Pola Kontraksi yang Semakin Rutin

Tanda melahirkan selanjutnya yang mungkin dirasakan adalah pola kontraksi yang berjalan lebih rutin. Namun perlu diperhatikan biasanya adapula kontraksi palsu namun demikian kondisi ini jarang dirasakan pada wanita yang perkiraan persalinannya sudah semakin dekat.

Pola kontraksi yang dialami akan semakin sering dan rasa sakit yang ditimbulkan akan lebih kuat. Bila anda merasakan kondisi ini maka sudah seharusnya anda berada di bidan atau dokter guna mempersiapkan persalinan yang tinggal menghitung waktu.