Persalinan adalah momen yang paling ditunggu oleh para ibu hamil setelah sekian lama mereka menanti momen berharga ini. Meski menjadi momen yang paling dinanti seringkali bayang-bayang mengerikan dan ketakutan yang besar menghadapi persalinan adalah hal yang wajar dirasakan oleh para calon ibu.

Karena tidak dipungkiri bahwa satu hal yang pasti dari proses persalinan adalah perasaan menyakitkan yang akan dirasakan oleh para ibu hamil. Namun demikian, inilah yang menjadi kodrat perempuan yang mau tidak mau dan siap tidak siap anda akan dihadapkan pada kondisi yang satu ini.

Nah, untuk membantu ibu mengendalikan perasaan takut dan khawatir akan proses persalinan. Maka di bawah ini adalah beberapa tips tetap tenang menghadapi proses persalinan.

Sadari Bahwa Persalinan Bukan Hal yang Mudah

Hal pertama yang penting menjadi perhatian dalam mempersiapkan proses persalinan agar anda tetap tenang adalah dengan menyadari bahwa persalinan adalah sebuah perjalanan yang panjang yang membutuhkan perjuangan. Pahami pula bahwa satu hal yang pasti dari proses persalinan adalah proses ini adalah hal yang menyakitkan.

Jadi alih-alih memungkiri rasa sakit yang sudah jelas akan lebih baik siapkan diri dan mental anda menghadapi kondisi ini. Ketika mental anda sudah lebih siap dengan rasa sakit yang akan dihadapi pada saat bersalin. Maka apapun yang terjadi anda pun perlu siap menerimanya.

Sebuah penelitian dari National Institutes of Health menjelaskan bahwa ibu yang pertama kali melahirkan akan membutuhkan waktu setidaknya 2,6 jam lebih lama pada proses persalinan mereka. Maka dari itu, persiapkan diri anda dengan baik menghadapi kondisi yang satu ini.

Mengikuti Kelas Khusus Ibu Hamil

Hal lain yang juga perlu dipersiapkan sebelum menghadapi proses persalinan adalah mengikuti kelas khusus ibu hamil. Hal ini sebagaimana dianjurkan oleh pakar kehamilan. Karena di kelas hamil, seorang wanita akan mendapatkan pengetahuan lebih dalam mengenai bedah caesar dan epidural.

Seorang calon ibu yang makin banyak tahu tentang pengetahuan persalinan akan cenderung lebih memiliki kesiapan yang baik menjelang proses bersalinnya. Selain itu, ada banyak hal penting yang juga dipelajari di kelas hamil. Salah satunya adalah latihan yang diberikan untuk melatih kekuatan otot dasar panggul guna menghadapi persalinan.

Berlatih Kekuatan Fisik

Selain persiapan mental yang penting dilakukan, persiapan lain yang juga perlu untuk anda lakukan adalah persiapan fisik. Kembali lagi, proses persalinan adalah sebuah perjuangan panjang yang melelahkan. Maka dari itu, anda akan butuh tubuh yang fit dan sehat.

Melatih kekuatan otot panggul dan pernapasan menjadi hal penting yang akan membuat anda menjadi lebih tenang menghadapi proses persalinan. Maka dari itu, anda bisa mengikuti kelas yoga hamil yang tentu manfaatnya akan sangat baik untuk anda menjelang persalinan yang semakin dekat.

Hindari Berpikir Negatif

Mendapatkan ilmu dan informasi penting seputar persalinan adalah hal yang wajar anda pelajari. Terutama anda yang baru pertama kali mendapatkan pengalaman bersalin. Segala informasi yang baik akan sangat membantu anda untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Hanya saja, informasi yang didapatkan pun tidak sembarang bisa anda serap dari mana saja. Hindari terlalu banyak mendapatkan informasi dari teman atau orang-orang yang memang tidak punya kapasitas medis dalam menangani persalinan dan kehamilan. Sebab hal ini hanya akan membuat anda semakin ketakutan dengan persalinan yang anda hadapi.