Setiap pasangan yang sudah menikah pasti mendambakan yang namanya kehamilan. Sebab tujuan utama dari sebuah pernikahan tak lain dan tak bukan adalah untuk meneruskan garis keturunan keluarga yang dimiliki. Itulah mengapa, tidak heran bila banyak pasangan akan rela melakukan apa saja demi bisa segera mendapatkan kabar gembira mengenai kehamilan istrinya.

Hamil memang menjadi momen yang membahagiakan, itulah mengapa momen ini selalu dinanti-nanti. Namun apakah anda sudah tahu bagaimana mengenali ciri-ciri wanita hamil? Meski kehamilan dapat diperiksa dengan mudah melalui alat tes kehamilan. Namun ciri-ciri kehamilan pun dapat pula anda kenali dari tanda berikut ini.

Terlambatnya Datang Bulan

Salah satu ciri pasti sebuah kehamilan adalah telatnya datang bulan. Siklus datang bulan atau menstruasi adalah indikasi yang menunjukkan kehamilan atau tidak pada diri seorang wanita. Datangnya siklus bulanan secara berkala adalah tanda bahwa pelepasan sel telur di dalam rahim tidak dibuahi oleh sel sperma.

Sebaliknya, ketika datang bulan tidak terjadi pada waktunya dan berlanjut sampai 9 bulan ke depan maka ini menandakan bahwa anda positif hamil. Hanya saja, tidak semua keterlambatan datang bulan dapat diartikan sebagai kehamilan yang positif.

Adapun untuk membedakan hamil tidaknya anda ketika mengalami telat datang bulan. Maka ketahui dengan pasti apakah sebelumnya anda memiliki riwayat berhubungan badan dengan pasangan atau tidak.

Karena ada banyak faktor lain yang membuat seorang wanita mengalami terlambat datang bulan. Salah satu diantarnya adalah stres, kegemukan, gangguan hormon dan masih banyak lagi.

Perubahan Payudara

Pada wanita yang positif hamil, perubahan pada payudara akan nampak cukup kentara. Apalagi anda dengan berat badan yang ringan maka biasanya perubahan pada payudara berupa pembengkakan akan nampak cukup kontras.

Adapun pembengkakan payudara pada orang hamil adalah bentuk dari persiapan tubuh dalam mempersiapkan 'wadah' untuk ASI bagi si buah hati pada saat sudah dilahirkan ke dunia. ASI adalah sumber makanan ekslusif pertama untuk bayi baru lahir.

Selain pembengkakan pada bagian payudara, perubahan lain yang akan nampak signifikan adalah bagian areola yang berubah menjadi lebih hitam dan gelap. Kondisi ini akan mungkin dirasakan terutama bagi anda yang punya pigmen kulit yang lebih cerah.

Mual dan Muntah

Ciri-ciri orang hamil selanjutnya yang bisa dirasakan adalah timbulnya mual muntah. Dimana umumnya kondisi ini seringkali dirasakan pada tahapan awal kehamilan yakni di trimester pertama. Mual dan muntah pada ibu hamil akan mungkin di rasakan pada pagi hari, siang hari, sore dan malam hari.

Namun bila dilihat dari kecenderungannya, mual dan muntah ini akan lebih parah di alami pada saat pagi hari. Itulah mengapa, kondisi ini disebut dengan morning sickness.

Pada ibu hamil, mual dan muntah adalah kondisi yang wajar sebab perubahan hormon yang terjadi pada tubuh adalah bentuk persiapan tubuh terhadap kondisi anda yang baru dalam mempersiapkan untuk tumbuh kembang si buah hati dalam rahim anda. Maka dari itu, kondisi ini tidak membutuhkan obat-obatan sebab nantinya mual dan muntah akan dapat menghilang dengan sendirinya.

Mudah Lelah dan Mengantuk

Ciri lain yang bisa mengindikasikan kehamilan setelah telat datang bulan dan beberapa ciri-ciri orang hamil di atas adalah mudahnya lelah dan mengantuk yang terjadi pada ibu hamil. Kondisi ini lantaran perubahan hormone di dalam tubuh ibu hamil yang membuat energy mereka seperti terkuras habis bahkan ketika mereka tidak banyak melakukan aktivitas.