Hai sobat beauty semuaa, gimana kabar kulit temen-temen semua nih? Kebetulan banget aku berkesempatan hadir di acara launching #1 Co-Beauty Space in Jakarta and Free Skill Certification Programs. Aku juga baru tau lho ada start up kecantikan sekeren ini. Keren nya emang dimana? Yuk simak review saat acara launching di Menara Duta, tanggal 1 Maret 2019 lalu.

(Breaking Barriers for Beauty, taken from my Oppo)

Jadi, pada tanggal 21 April 2018 Mecapan ini bermula dari marketplace jasa kecantikan dengan visi nya yaitu breaking barriers for beauty yang komit mempertemukan penyedia jasa kecantikan sesuai dengan kebutuhan, lokasi dan juga jadwal dari masing-masing, yaitu antara penyedia jasa kecantikan dengan user. Itu baru keren pertama guys, masih ada hal keren-keren lainnya nih.

General: About Mecapan
Selanjutnya sebelum launching berlangsung, kita diminta untuk pampering free dimulai dari nail art, massage, sampai make up atau retouch make up kita nih. Aku kebetulan karena sampai nya juga mepet dan harus persiapan buat sholat, makanya ga kebagian pampering nya nih, padahal ingin banget di massage hehe. Next time deh ya.

(Doc: From My Oppo)
 Ketika acara dimulai, kak Nola Kamila dan ka Asyifa, selaku founder dan co-founder dari Mecapan ini menjelaskan tentang bisnis kecantikan yang bisa sukses ini berawal dari pendekatan pengalaman pribadi lho. Menurut cerita dari kak Nola sendiri saat masih sekolah dulu kecantikan memang bukan segalanya, namun bisa menjadi penilaian dari lingkungan sosial seperti merasa ga percaya diri dan dengan jasa penyedia smoothing rambut, merubah tampilan yang secara langsung menambah rasa confident diri sendiri dan impact nya langsung kerasa. 

Hanya dengan bermodalkan satu genggaman saja, kita sudah mendapatkan jasa kecantikan sesuai dengan apa yang kita mau dari aplikasi yang bisa di unduh dengan Appstore dan juga Applestore. Begitu juga dengan penjelasan 3 pilar utama dari bisnis Mecapan ini adalah:

- Mampu meberikan tools yang terbaik untuk bisnis provider 
- Untuk selalu improve agar selalu menjadi yang lebih baik lagi
- Mengadakan penyediaan dana bagi para beauty provider untuk mengembangkan bisnisnya

Co-Beauty Space of Mecapan

Temen-temen udah familir banget sama co-working space kan yah? Di jaman yang semua pekerjaan yang didominasi pengerjaannya secara digital, bisa memudahkan sekaligus membuka berbagai macam peluang seperti salah satunya co-workign space yang merupakan penyedia tempat bagi kita-kita yang freelance dan mmebutuhkan ruang kerja ataupun sebuah institusi yang membutuhkan beberapa jam kedepan untuk meeting ataupun workshop

Nah, dengan mengambil konsep yang sama seperti co-working space inilah, Mecapan melakukan inovasi dalam penyedia jasa kecantikan lewat Co-Beauty Space of Mecapan. Definisinya sendiri adalah penyedia jasa kecantikan agar lebih mudah bertemu dengan konsumennya karena didukung oleh lokasi yang strategis dan ruangan yang telah dilengkapi dengan fasilitas penunjang jasa kecantikan yang memadai. 

Kemudahan dari Co-Beauty Space Mecapan


(Doc: From Mecapan Team

Berkolaborasi dengan Inovest Co-Working Space di Menara duta ini sebagai partner co-beauty space pertama di Jakarta.Co-beauty space ini dapat dinikmati oleh freelancer maupun beauty parlor karena ruangan telah disediakan beserta fasilitas jasa kecantikan yang sangat memadai seperti make up station, massage chair, hingga area treatment seperti pedicure and menicure dan juga fasilitas treatment lainnya lagi. 

Hal ini lah yang menjadi latar belakang kenapa Mecapan mengadakan sebuah improvement yang membuka jalan peluang usaha bagi beauty provider untuk bertemu dengan orang-orang yang sangat membutuhkan jasa kecantikan ini dengan mudah. Dan menurut kak Ashifa, dengan adanya improvement dari Mecapan ini, tidak hanya menunjang dari skill beauty nya saja. Namun membantu bagi para beauty provider untuk up skill dari segi financial planning, management, digital marketing juga.Wah keren banget ya.

Berkolaborasi juga dengan Arcskill

Seperti penjelasan yang sudah disampaikan di awal, adanya modul skill tersebut juga berkat analisa cerdas dan solutif dari founder dan co-founder Mecapan dalam sisi produktivitas, khususnya para ibu-ibu ini sehingga Mecapan akan memberikan free skills certification program sebagai langkah dalam mencapai goals nya yaitu berdaya secara ekonomi.

(Doc: From Mecapan Team)
Perwakilan dari Arcskill, Ibu Dewi menjelaskan alasan ber-partner dengan Mecapan, karena memang sudah satu visi. Sesuai dengan visi dari CEO Arcskill sendiri yang sangat fokus pada empowering woman ini sesuai juga dengan apa yang menjadi visi nya Mecapan. Arckskill yang merupakan lembaga perusahaan pelatihan skill secara global dan memberikan modul-modul tadi sebagai bentuk loyalitas beauty provider yang telah melewati standarisasi tertentu seperti jumlah rating atau review dalam mengakses co-beauty space ini.

Efisiensi dan Meningkatkan Value
Saat ini Mecapan sudah memiliki 1.100 beauty provider di Jabodetabek yang sudah lolos dalam semua syarat dan ketentuan yang diberikan oleh mecapan serta market validation nya dan ada 40.000++ pengguna aktif di Jabodetabek. Dan celah yang selanjutnya yang menjadi keluhan dari beberapa beauty provider adalah adanya kesulitan dalam switching employee nya saat peak hour itu usai. Kan sering banget liat beberapa salon atau klinik kecantikan yang hanya ramai di waktu-waktu atau hari tertentu saja, nah ini solutif banget sih menurut aku.

Dan yang makin bikin aku ga kepikiran adalah co-beauty space nya ini ternyata pada awalnya menyasar para kalangan profesional yang mempunyai keterbatasan waktu untuk harus dandan cantik karena sesuatu hal. Seperti yang aku rasain juga nih kalo perjalanan dari Tangerang menuju Jakarta itu cukup memakan waktu, mana harus dandan cantik yang ujung-ujungnya riweuh dan make up cuma ala kadarnya gitu gengs

(with beauty blogger)


Jadi, co-beauty space Mecapan dengan salah satu beauty provider ini memberi contoh ketika mendatangi sebuah perusahaan yang dimana banyak juga kalangan wtreatment seperti massage atau nail art ini lewat co-beauty space Macapan ini. Dan dari kantoran ini para wanita-wanita ketika pulang kerja pasti ingin sedikit meluangkan waktu untuk bisa melakukan sedikit massage yang sangat menenangkan dan tak perlu jauh-jauh atau repot harus mencari penyedia jasa kecantikan lagi, karena dari kantor pun udah bisa langsung capcus treatment.


(Salah satu sudut Co Beauty Space Menara Duta)

Sekarang, cobain deh download aplikasi nya dan mulai nyoba register untuk mendapatkan kemudahan ini biar tampil cantik itu adalah sebuah bentuk rasa syukur kita kepada pencipta, yaitu Allah SWT. Terima kasih sudah membaca ya, semoga bisa diambil manfaat dan silahkan berbagi pengalaman tentang lika-liku perawatan yang pernah teman-teman alami nih. Feel free yah!