Assalamualaikum....
Haiii cantiks !!!

Sebagai wanita yang bekerja sekaligus menjadi seorang istri, bukan hal yang mudah untuk saya. Begitu juga dengan  wanita diluaran sana pastinya. Waktu kita habiskan sebagian dikantor dan saat sampai dirumah pun kita harus mengurus keluarga, belum lagi dengan segala tugas yang menumpuk. Maka tidak sedikit dari kita yang tidak mendapatkan "me time" seperti merawat diri di salon, atau sekedar berdandan cantik ke kantor saja sangat sulit karna kesibukan dirumah sebelum berangkat kerja.

Tapi jangan khawatir, saat ini sudah ada platform yang membuat wanita dengan berbagai kesibukan tetap bisa merawat diri dan berelaksasi. Platform tersebut adalah satu-satunya platform kecantikan di indonesia saat ini yaitu "MECAPAN". Jadi beberapa hari yang lalu, aku sempat menghadiri acara Breaking Berries For Beauty "Launch of #1 Co-Beauty Space in Jakarta & Free Skills Certification Programs". Sebelum aku membahas acaranya seputar apa saja ?? Pasti banyak pertanyaan dari kalian Mecapan itu apa sih ka? Dan apa sih terobosan
Baik aku akan bahas satu persatu.

#1 Co-Beauty Space di Jakarta, Terobosan Dunia Kecantikan Terbaru dari Mecapan

Jadi Mecapan merupakan salah satu rising startup di Indonesia yang bergerak di
industri kecantikan, Mecapan Indonesia mengumumkan inovasi terbarunya dalam acara "Breaking Barriers For Beauty: Launch of Mecapan's #1 Co-Beauty Space in Jakarta & Free Skills Certification Programs" Pada hari Jum’at, 01 Maret 2019 di Inovest Coworking Space,
Menara Duta, Kuningan, Jakarta Selatan.     yang menyediakan jasa kecantikan yang ada sejak 21 April 2018 dimana saat ini sudah mencapai 40.000++ pengguna aktif di jabodetabek. Provider tersebut terdiri mulai dari face, hair, and body.
Kenapa sih mecapan hadir ??
Karena menurut ceo mecapan dalam melakukan market validation mendapatkan beberapa fakta, baik dari segi beauty provider maupun konsumen.

β–ͺ Dari segi provider :
1. Msih banyak beauty provider yang membuat jadwal atau data para konsumen dengan menulisnya di buku besar sehingga tidak teratur.
2. Ada waktu-waktu tertentu dimana beauty provider ramai di weekend dan kosong di weekday. 

β–ͺ Konsumen
1. Banyak wanita yang bekerja, kuliah dan Ibu rumah tangga yang tidak memiliki waktu yang tepat untuk merawat diri.
2. Tidak mengetahui cara membooking, harga dan treatment apa saja yang ada di sebuah salon.
3. Sulit mendapatkan MUA untuk di dandani saat akan wisuda atau menghadiri ke acara-acara penting.

Maka dari beberapa masalah diatas, hadirlah mecapan untuk menyatukan penyedia jasa kecantikan (beauty provider) dengan konsumen. Karena di mecapan, semua informasi mengenai beauty provider sudah sangat lengkap dan cara membooking pun sangat mudah. Disana sudah tertera pricelist, portfolio, rating hingga review dari lebih 1.100 beauty 
provider yang telah bergabung sebagai mitra di Jabodetabek. Selain itu, kalian juga bisa menyesuaikan jadwal yang kalian miliki atau menyesuaikan budget sesuai dengan keinginan kalian karena user mecapan akan mencarikannya untuk kalian. Sangat mudah bukan?

Mecapan #1 Co-Beauty Space: Meeting Point Beauty Provider dan Konsumen? Disini Tempatnya!

Mungkin sebelumnya kalian sudah sering mendengar istilah coworking space, nah co-beauty space menawarkan konsep yang serupa, namun uniknya kali ini ruangan tersebut khusus didedikasikan untuk kamu para beauty provider dan beauty enthusiast lho! Co-Beauty Space merupakan sebuah ruangan khusus dalam suatu gedung yang diperuntukkan sebagai meeting 
point oleh konsumen terhadap beauty provider yang telah di booking melalui Aplikasi Mecapan. Dalam ruangan ini, terdapat beragam fasilitas penunjang perawatan kecantikan, mulai dari 
makeup station, massage chair, hingga area untuk treatment lainnya seperti manicure, pedicure, nail art dan beragam treatment lainnya. Ruangan ini juga bisa disewa untuk mengadakan private 
class lho! Seperti makeup private class yang sekarang banyak diminati oleh kaum wanita.

Dengan kehadiran co-beauty space ini, lebih dari 1.100 beauty provider yang telah bergabung sebagai mitra Mecapan di Jabodetabek dapat memiliki akses terhadap alternatif pilihan tempat untuk memberikan treatment bagi para konsumennya. Lokasi yang strategis dan tempat yang nyaman menjadikan co-beauty space sebagai pilihan menarik untuk melakukan perawatan 
kecantikan . Lalu di acara kemarin yaitu "Launch of #1 Beauty Space in Jakarta & Free Skills Certification Programs" itu apa sih??
Jadi di acara kemarin bisa disebut sebagai langkah awal inovasi bagi mecapan itu sendiri dimana mecapan bekerjasama dengan ArchSkills dan Inovest untuk menyediakan tempat bagi beauty provider dan konsumen dalam melakukan treatment. Karena dari workshop yang sering dilakukan oleh mecapan, mecapan mendapatkan fakta bahwa kendala beauty provider yaitu :
1. Rumah atau lokasi konsumen yang sulit dijangkau
2. Ada yang memiliki jasa/kemampuan yang bagus tapi tidak memiliki tempat.
Nah dari masalah-masalah tersebut maka mecapan menghadirkan inovasi berupa co-beauty space. Dimana targetnya adalah beauty provider freelance dan pengguna/konsumen yang sudah disebutkan diatas.

Dengan adanya co-beauty space service yang diberikan adalah :
1. Beauty provider bisa menggunakan 1 ruangan full dengan ukuran yang berbeda sesuai dengan kebutuhan (jumlah orang).
2. Beauty on the go . Dimana Mecapan dapat  menyediakan jasa kecantikan apapun yang diinginkan konsumen dalam waktu singkat.  Konsumen hanya perlu mengirimkan nominal budget yang dimiliki serta treatment yang  diinginkan melalui link beauty on the go yang terdapat dalam website Mecapan (www.mecapan.com) dan kemudian Mecapan akan mencarikan penyedia jasa kecantikan 
yang disesuaikan dengan permintaan dari konsumen. Mecapan juga menyediakan konsultasi  dengan beauty expert dimana pengguna dapat memiliki akses untuk mengetahui beragam informasi yang lebih mendetail terkait perawatan kecantikan dengan para pakarnya  langsung. 

Kemudian pasti timbul pertanyaan jika sudah ada inovasi yang baru, apa sih program sertifikasi kerjasama dengan ArcSkill ?? Dan apa sih ArchSkills itu ??

Hadirkan Co-Beauty Space dan Program Sertifikasi Gratis, Mecapan Memberdayakan Penyedia Jasa Kecantikan di Indonesia


ArchSkill adalah perusahaan pelatihan skill skala global untuk sekolah, 
universitas, dan perusahaan, Mecapan juga turut menyediakan program pelatihan dan sertifikasi gratis untuk Digital Marketing, Entrepreneurial Finance, dan modul-modul lainnya untuk penyedia jasa kecantikan yang terdaftar menjadi mitra Mecapan. 
Kedua produk ini merupakan bukti dari komitmen Mecapan dalam memberdayakan penyedia  jasa kecantikan di Indonesia agar mereka dapat mengembangkan bisnis dan skill nya. Co-Beauty space ini diharapkan dapat menaikan jumlah konsumen yang dimiliki oleh para penyedia jasa  kecantikan dengan memberikan kemudahan akses tempat untuk mereka. Skill – skill yang 
didapatkan dari program pelatihan Mecapan bersama Arc Skills juga diharapkan dapat  memaksimalkan soft skills yang dimiliki oleh para penyedia jasa kecantikan. Maka dari itu mecapan menggandeng ArcSkill sebagai partnernya karena ada beberapa skill yang tidak bisa dibantu di mecapan diluar bidang beauty, yaitu :
1. Keuangan
Keuangan ini skill bagi provider, dimana banyak provider yang mundur atau malah tutup karena masalah keuangan. Mereka bingung untuk pengaturan uang masuk dan keluar, sehingga semua uang habis terpakai dan akhirnya usaha tidak berjalan lagi.
2. Marketing
Saat beauty provider sudah bisa mengatur keuangan, memiliki jasa yang bagus tapi masih banyak orang-orang yang belum mengetahui mengenai usahanya atau peminatnya sedikit. Nah skill ini juga harus dimiliki oleh beauty provider.
Tapi skill ini bukan hanya untuk beauty provider saja, mecapan sendiri pun perlu skill marketing ini. Karena tidak mudah membuat provider dan konsumen untuk terbiasa memakai platform mecapan ini, maka mecapan masih sering mengadakan workshop secara langsung untuk mengetahui apa sih yang diinginkan dan dibutukan oleh provider dan konsumen agar mecapan dapat terus berinovasi lagi kedepannya.
Kemudian dari ArcSkills sudah ada di 38 negara dan saat ini sudah masuk ke indonesia. Menurut Mrs. Mamta perwakilan dari ArcSkill memiliki harapan bahwa dengan adanya kerjasama dengan mecapan maka dapat memperluas target pasar sehingga dapat lebih berkembang lagi. Karena beauty provider harus memiliki banyak kemampuan agar mendapatkan free skills certificate programs dan lebih dikenal banyak orang.

Nah jadi di acara kemarin membahas semua ruang lingkup dari mecapan tersendiri dan bagaimana awalnya bisa sampai bekerjasama dengan ArcSkills dan Inovest.

Jadi inovest sendiri berada dibawah naungan sinesa group. Menurut Ibu Desi perwakilan dari sinesa group sendiri, kenapa bisa tertarik bekerjasama dengan mecapan karena memiliki visi yang sama. Dimana visi dari mecapan sendiri adalah Breaking Berries For Beauty yang berfokus pada Women Empowerment" , dimana bagaimana menjadikan para wanita berdaya secara ekonomi karena apabila seorang wanita dapat berdaya ekonomi, maka perekonomian juga akan naik. Saat mecapan dapat mencapai misinya maka hal tersebut menjadi goals juga bagi inovest. Inovest juga sudah pernah melakukan kerjasama sebelumnya saat mecapan mengadakan pampering bagi para pegawai sehingga dapat relaksasi dan terlihat cantik.




Jadi kesimpulannya mecapan bekerjasama dengan Inovest dari segi penyedia tempat bagi provider dengan konsumen untuk melakukan treatment dan ArcSkill sebagai tempat dimana untuk melatih 2 skill yang sudah disebutkan diatas yaitu keuangan dan marketing.

Acara kemarin sangat have fun dan nyaman, sebelum ke acara inti dimana ada finger food yang disediakan dengan berbagai jenis makanan dan minuman, dan ada pampering juga mulai dari nail art, touch up makeup dan massage. Sungguh benar-benar memperhatikan pelayanan yang diberikan bagi para tamu yang hadir. Kemudian langsung ke acara inti yaitu teleconference dari 3 pihak ( mecapan, Inovest dan ArcSkill ) dan dilanjutkan dengan QnA serta Foto Session. 










FYI, bagi kalian yang ingin tampil cantik sesuai dengan yang kalian inginkan bisa langsung download aplikasinya di app store/ playstore di hp kalian dan pilih yang berwarna putih sebagai konsumen. Kemudian buat user dan kalian bisa cari beauty provider yang kalian inginkan. Dan jangan lupa untuk terus update informasi di instagramnya mecapan https://instagram.com/mecapanbeauty?utm_source=ig_profile_share&igshid=5bqnke96md6q langsung klik linkya karena jangan sampai kalian melewatkan non stop promo dengan booking Beauty Provider Mecapan mulai dari 30%-50% di happy hour dan jadikan co-beauty space sebagai tempat meeting point kamu bersama beauty provider favoritmu! πŸ˜‰
Karena untuk menjadi cantik itu mudah πŸ’•


Dan bagi kalian yang ingin menjadi provider bisa banget nih caranya mudah . Cukup download di app store/Playstore pilih yang warnya biru kemudian isi formnya πŸ”œ dan nanti tunggu verifikasi dari mecapan ( email, whatsapp) selanjutnya πŸ”œ  jika sesuai maka akan ada proses data dan aplikasi untuk pembuatan akun πŸ”œ akun sudah jadi dan memberi usernya kepada provider πŸ”œ akan ada pengarahan dari mecapan bagaimana cara provider agar dapat berkembang.

Mungkin itu aja yang bisa aku paparkan mengenai mecapan dan acara kemarin yang aku datangi, jika ada yang mau ditanyakan silahkan komentar dibawah yaa 😊
Terima kasih sudah mampir di blogku ❀