Sajikan dan nikmati resep mie goreng Aceh enak yang akan dapat anda buat di rumah dengan mudah. Mari simak resepnya secara langsung di bawah ini.

Bahan-Bahan:

300 gram mie telur
600 ml air untuk merebus
5 sendok makan minyak untuk menumis
200 ml kaldu ayam
50 gram tauge
50 gram kol, iris tipis
200 gram dada ayam
2 siung bawang putih, cincang halus
3 butir bawang merah, cincang halus
1 lembar daun salam
1/2 sendok makan garam
2 batang caisim, iris-iris
2 sendok makan kecap manis
1 batang daun bawang perai, iris 1 cm
1 sendok makan air jeruk nipis
1 sendok teh gula pasir
1/2 buah tomat, potong-potong

Bumbu yang Dihaluskan:

1/2 sendok teh merica bubuk
1 kapulaga, ambil bijinya
3 siung bawang putih
5 butir bawang merah
2 cm kunyit
5 cabai merah keriting
1/2 sendok teh jintan
emping secukupnya

Bahan Acar:

100 ml air
15 cabai rawit hijau utuh
1 sendok teh gula pasir
1 buah wortel besar, kupas dan potong dadu
1/2 sendok teh garam
1 buah timun, buang bijinya dan potong dadu
1 sendok teh cuka

Persiapan Membuat Mie Goreng Aceh Kreasi Nusantara:

1. Untuk membuat sajian kali ini sebelumnya mari kita siapkan terlebih dahulu beberapa bahan yang perlu diolah dan dimasak terlebih dahulu sebelum dicampur dan dimasak bersama dengan bahan-bahan lainnya dengan merata. Langkah persiapan ini akan memudahkan anda untuk membuat hidangan kali ini dengan merata. Maka dari itu, mari simak langkahnya di bawah ini.
2. Bahan pertama yang perlu kita persiapkan adalah mienya. Sebelum dicampurkan dengan bahan lain silahkan siapkan sebuah panci dan masukkan air ke dalamnya. Lalu tunggu sampai air mendidih dan merata.
3. Masukkan mie telor ke dalamnya dan masak sajian ini sampai mie menjadi lebih kenyal dan lunak dengan merata. Angkat lalu tiriskan dalam sebuah wadah datar lalu kucuri dengan sedikit minyak dan aduk-aduk dengan merata. Cara ini dilakukan agar mie tidak lengket pada saat di campurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata.
4. Bila sudah selesai dengan mie kita akan potong ayam sebagai bahan campuran dari mie goreng kali ini. Silahkan potong ayam dengan bentuk dadu seukuran yang sedang dan masukkan dalam wadah lalu sisihkan sajian ini.
5. Iris juga kol dengan tipis dan cuci bersih sajian ini sebelum dimasak dan dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata.

Cara Membuat Mie Goreng Aceh Kreasi Nusantara:

1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cara membuat acar terlebih dahulu. Silahkan siapkan sebuah bahan acar dan bersihkan terlebih dahulu bahanyang perlu dicuci dengan merata.
2. Lalu kemudian siapkan sebuah mangkuk dan campurkan semua bahan acar menjadi satu bagian dan aduk-aduk dengan merata. Kemudian diamkan sajian ini selama kurang lebih 30 menit agar bumbu acar meresap ke dalamnya dengan merata.
3. Setelah selesai kemudian anda akan dapat merebus daging ayam dalam sebuah panci sampai sajian ini matang dan merata. Angkat ayam dan tiriskan air cuciannya lalu sisihkan sajian ini.
4. Panaskan sebuah wajan di atas kompor dan masukkan bumbu halus ke dalamnya bersama dengan daun salam dan masak sampai sajian ini menjadi lebih harum dengan merata.
5. Masukkan daging ayam ke dalamnya dan aduk-aduk dengan merata semua sajian ini sampai tercampur dan teraduk. Bumbui dengan menggunakan kecap dan aduk dengan merata.
6. Lalu setelah itu, masukkan gula bersama dengan garam dan berikan kaldu bersama dengan air jeruk nipis. Aduk dengan merata kemudian masukkan tauge ke dalamnya bersama dengan sayuran seperti kol, caisim dan aduk merata sampai layu.
7. Masukkan mie bersama dengan irisan daun bawang dan masak kembali semua sajian ini agar bahan dan bumbu meresap ke dalamnya dengan merata.