Sajian nasi kuning adalah salah satu jajanan pinggir jalan yang biasanya dinikmati untuk hidangan sarapan. Nah, bagi anda yang ingin membuat hidangan ini maka mari simak resep nasi kuning sedap dan gurih di bawah ini hanya untuk anda.

Bahan-Bahan:

Kunyit 5 cm
Kelapa tua 1 buah
Jahe 5 cm
Lengkuas 2 cm
Bawang merah 5 buah
Serai 2 batang
Garam 4 sdt
Santan 900 ml
Beras 1 kg
Daun salam 4 lembar
Daun pandan 2 lembar

Persiapan Membuat Nasi Kuning Sederhana yang Gurih dan Nikmat:

1. Langkah pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat sajian kali ini adalah dengan terlebih dahulu mempersiapkan beberapa bahan yang ada pada resep. Langkah persiapan menjadi hal yang akan membantu dan memudahkan anda membuat sajian kali ini. Maka dari itu, mari simak beberapa langkah persiapan di bawah ini.
2. Persiapan pertama yang akan dapat anda lakukan adalah dengan menyiapkan beras dan bawa ke tempat cucian. Masukkan beras ke dalam wadah yang carang. Lalu kucurkan di bawah air yang mengalir.
3. Aduk dan remas beras pada saat anda mencuci sajian ini dengan merata. Lakukan cara ini secara berulang sampai air cucian beras menjadi lebih bening dan bersih. Baru setelah itu, angkat sajian ini dan sisihkan dalam wadah sebelum dicampurkan dan dimasak bersama dengan bahan-bahan lainnya secara merata.
4. Selesai dengan mencuci beras anda akan dapat menghaluskan beberapa bumbu untuk campuran sajian nasi kuning kali ini. Bahan tersebut diantaranya adalah lengkuas bersama dengan bawang merah, jahe dan juga kunyit. Haluskan sajian ini dengan merata lalu masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Nasi Kuning Sederhana yang Gurih dan Nikmat:

1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat memasukkan beras ke dalam panci untuk memasak beras. Lalu masukkan pula bumbu halus ke dalamnya dan aduk-aduk dengan merata semua bahan ini sampai tercampur.
2. Siapkan sebuah panci kecil dan masukkan santan ke dalamnya. Lalu aduk-aduk dan masak sajian ini dengan merata sampai mendidih dan matang secara merata. Lalu setelah itu, anda akan dapat membuang air rendaman pada beras dan tuangkan santan ke dalamnya dengan menyaringnya menggunakan sarangan.
3. Setelah selesai kemudian anda akan dapat menuangkan daun salam bersama dengan serai ke dalamnya dengan merata. Rebus beras menggunakan api yang kecil dan selama memasak sajian ini silahkan aduk-aduk dengan merata sampai airnya menyusut dan merata.
4. Lanjutkan memasak beras sampai sajian ini menjadi lebih setengah matang dan mengembang dengan merata. Baru setelah itu, ambil daun salam dan serai dari beras lalu sisihkan sementara sajian ini.
5. Selanjutnya, silahkan masukkan beras setengah matang ini ke dalam panci pengukus dan masak sajian ini sampai matang. Jangan lupa masukkan pula daun pandan untuk memberikan rasa yang lebih enak dan sedap pada sajian kali ini.

Setelah matang maka sajian ini akan dapat anda angkat dan dinikmati bersama dengan bahan pelengkap lainnya dengan merata.