Lezatnya hidangan opor ayam kini akan dapat anda sajikan di rumah dengan mudah. Dengan resep opor ayam kali ini tentunya sajian istimewa ini akan bisa anda racik dengan lebih mudah. Mari simak informasi resepnya di bawah ini.

Bahan-Bahan:

1 ekor ayam
2 sdm minyak goreng
2 cm jahe, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
1/2 sdt merica bubuk
3 btg serai, memarkan
750 ml santan cair
3 1/2 sdt garam
2 lbr daun salam
2 sdt gula merah
250 ml santan kental

Bumbu yang Dihaluskan:

12 bh bawang merah
2 sdt ketumbar, sangrai
4 btr kemiri, sangrai
3 siung bawang putih
1/8 sdt jintan

Persiapan Membuat Opor Ayam Kuah Putih yang Gurih:

1. Dalam pembuatan hidangan kali ini, langkah persiapan menjadi hal penting untuk anda lakukan terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan ada beberapa bahan pada resep yang perlu kita olah terlebih dahulu sebelum di masak dan dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata. Untuk itu, mari simak langkah persiapan di bawah ini hanya untuk anda.
2. Bahan yang akan dipersiapkan terlebih dahulu adalah ayamnya. Sebelum ayam dimasak dan diolah bahan ini akan kita bersihkan terlebih dahulu. Langkah membersihkan ayam akan dapat anda simak dibawah ini.
3. Potong terlebih dahulu ayam menjadi beberapa bagian sebelum dicuci dengan bersih. Disini kami memotongnya menjadi 10 bagian. Potongan ini adalah potongan untuk ukuran yang sedang. Anda bebas memotong ayam menjadi beberapa bagian yang anda sukai.
4. Masukkan ayam ke dalam wadah dan bawa ke tempat cucian. Lalu aduk dan remas ayam dengan merata untuk menghilangkan kotoran yang ada di dalamnya. Pastikan pula lendir pada ayam dibersihkan dengan merata.
5. Bila ayam sudah bersih kemudian angkat dan masukkan kembali ke dalam sebuah wadah. Lalu kemudian tiriskan air cuciannya dengan merata dan kucuri ayam dengan menggunakan air perasan jeruk nipis dan berikan taburan garam. Cara ini dilakukan untuk mengurangi bau amis yang ada pada ayam.
6. Maka dari itu, silahkan rendam ayam selama kurang lebih 10 menit agar bumbu ini meresap ke dalamnya dengan merata. Baru kemudian sisihkan sementara.

Cara Membuat Opor Ayam Kuah Putih yang Gurih:

1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu menyiapkan sebuah wajan dan masukkan sedikit minyak goreng ke dalamnya. Lalu panaskan minyak menggunakan api yang sedang.
2. Masukkan bumbu halus ke dalam wajan dan tumis sajian ini bersama dengan serai dan juga jahe. Lalu aduk-aduk dengan merata semua sajian ini sampai tercampur dengan merata dan bersatu hingga mengeluarkan aroma harum yang enak dan sedap.
3. Setelah selesai kemudian anda akan dapat menuangkan potongan ayam ke dalam wajan dan aduk-aduk dengan merata lalu masak sampai bumbu tercampur ke dalam ayam dengan merata dan warnanya berubah menjadi lebih pucat.
4. Masukkan santan cair ke dalamnya dan aduk-aduk kembali semua bahan ini dengan merata sampai tercampur dan mendidih. Bumbui ayam dengan menggunakan garam, gula merah dan aduk-aduk kembali sajian ini dengan merata. Lalu tambahkan merica bubuk.
5. Setelah mendidih silahkan masak dan diamkan sampai santan meresap ke dalam daging ayam dan daging berubah menjadi lebih empuk dan berbumbu.
6. Baru masukkan santan kental ke dalamnya dan masak sajian ini hingga mengental dan merata.