Setiap pasangan suami istri pasti mendambakan kehadiran seorang anak. Berbagai usaha akan dilakukan agar harapan tersebut dapat tercapai.

Pada dasarnya, jika pasangan belum memiliki momongan saat usia pernikahan kurang dari 1 tahun, maka itu masih dalam batas Normal. Jadi para pasangan tidak usah terlalu cemas dan khawatir. Namun, jika pada usia pernikahan yang telah lebih dari 1 tahun, pasangan suami istri yang melakukan hubungan suami istri secara normal, namun belum dikaruniai keturunan, maka hal ini bisa dimasukan kedalam istilah "infetilitas".

Apa itu Infetilitas?


 

Apa yang bisa dilakukan untuk merencanakan Kehamilan?

Saran saya, jika anda ingin merencanakan kehamilan, maka hal-hal yang bisa anda lakukan di rumah, dianntaranya:
  1. Istirahatlah yang cukup, karena stamina yang fit sangat mempengaruhi program ini.
  2. Hindari stres dan pikiran, cobalah untuk bersantai dan liburan serta jangan terlalu terpaku untuk "harus" memiliki momongan sesegera mungkin.
  3. Makan makanan dengan gizi seimbang, serta pertahankan berat badan normal, baik bagi suami ataupun istri.
  4. Hindari mengonsumsi obat-obatan secara bebas.
  5. Tentukan masa subur sang istri, dengan cara menentukan terlebih dahulu apakah siklus menstruasi istri teratur atau tidak. Untuk menentukannya, rekan-rekan bisa liat pada chanel youtube Priska Natalia, MD. Bisa klik langsung link video ini https://www.youtube.com/watch?v=_UQZ7mz_aqk
  6. Jika siklus menstruasi sang istri teratur, maka untuk menentukan masa subur lebih mudah, yaitu bisa menggunakan metode kalender ataupun aplikasi yang sudah banyak tersedia di smartphone. Seperti pada video yang saya buat di chanel youtube Priska Natalia, MD.
    Bisa klik langsung link video ini https://www.youtube.com/watch?v=U6rwsp1IWSI
  7. Namun jika siklus menstruasi sang istri tidak teratur, maka akan sulit untuk menentukan masa suburnya dengan sistem kalender. Jadi bagaimana caranya? Anda bisa gunaka metode lain untuk menentukan masa suburnya, yaitu : dengan menghitung suhu basal tubuh, dengan melihat lendir servik, dengan mengukur LH pada urine, dengan melihat ferning air ludah atau dengan pemeriksaan USG. Untuk lebih jelasnya, bisa liat pada chanel youtube Priska Natalia, MD. Bisa klik langsung link video ini https://www.youtube.com/watch?v=sUvjnb7iSL4
  8. Lakukan hubangan suami istri pada masa subur sang istri.
  9. Lakukan hubungan suami istri 3-4x seminggu, jangan setiap hari karena sperma juga butuh pematangan.
  10. Hindari penggunaan celana yang ketat dan panas.
  11. Konsumsi vitamin E dan asam folat, baik bagi istri ataupun suami.
  12. Terakhir, berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis obgyn nya, sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang lainnya yang sesuai.
Semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi para pasangan yang sedang merencanakan kehamilan.


Salam Sehat,


dr. Priska Natalia