Nikmati sedap dan nikmatnya hidangan kolak biji nangka yang sedap di rumah anda dengan resep yang akan kami berikan kali ini. Simak juga: Aneka Resep Biji Salak

Bahan Adonan Biji Nangka:

500 gr Ubi merah
50 gr Gula Pasir
150 gr Tapioka
1/4 sdt sdt Garam
Pewarna kuning telur secukupnya
100 gr Tepung Ketan ROSE BRAND
1 bks Vanilla Cream

Bahan Saus Gula Merah:

100 gr Gula merah
500 ml Air
100 gr Gula Pasir
2 lbr Daun pandan
60 ml Air diaduk
15 gr Tapioka ROSE BRAND

Bahan Saus Santan:

250 ml Santan Kental
5 gr Tepung jagung
2 lb Daun pandan
1/4 sdm Vanilla Cream
1/4 sdt Garam

Cara Membuat Adonan Biji Nangka:

1. Untuk membuat sajian kali ini, anda akan dapat melakukannya dengan cukup mudah dan sederhana. Langkah persiapan kali ini akan memudahkan anda membuat hidangan kali ini. Maka dari itu, mari simak beberapa langkah persiapan penting di bawah ini hanya untuk anda.
2. Bahan pertama yang perlu anda persiapkan adalah ubinya. Silahkan cuci bersih ubi dengan menggunakan air bersih dengan merata. Bila sudah bersih, kemudian anda akan dapat mengangkat sajian ini dan sisihkan dalam wadah.
3. Kupas dengan merata kulit ubi menggunakan pisau. Setelah selesai kemudian potong dengan ukuran yang lebih sedang. Masukkan sajian ini ke dalam sebuah kukusan dan kukus sampai matang hingga ubi menjadi empuk dan lunak.
4. Angkat dari kukusan lalu setelah itu haluskan dengan merata sajian ini dalam sebuah baskom. Silahkan tumbuk ubi sampai halus dan tidak ada partikel kasar yang terdapat dalam sajian kali ini.
5. Bila sudah selesai kemudian anda akan dapat mencampurkan tepung tapioka ke dalam adonan ini lalu masukkan tepung ketan ke dalamnya bersama dengan gula dan uleni kembali sajian ini sampai kalis dan merata.
6. Bila sudah selesai kemudian ambil sedikit adonan dan bulatkan dengan bentuk biji nangka atau yang lebih dikenal dengan sebutan biji salak.
7. Lakukan hal yang sama pada sisa adonan yang masih ada. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara bahan ini sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata.
8. Siapkan sebuah panci dan masukkan air ke dalamnya. Kemudian tunggu sampai air mendidih dan merata. Baru masukkan adonan biji nangka ke dalamnya dan rebus sampai mengapung ke bagian permukaan air.
9. Angkat dengan menggunakan saringan dan sisihkan dalam sebuah wadah sebab nantinya kita akan buat bahan kuah untuk sajian kali ini. Mari simak cara pembuatannya di bawah ini.

Cara Membuat Kolak Biji Nangka Sajian Takjil yang Enak:

1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cukup mudah kita akan buat bahan kuah gula merahnya. Caranya, silahkan siapkan sebuah panci dan masukkan gula merah bersama dengan gula pasir ke dalamnya.
2. Tuangkan daun pandan dan masukkan pula air ke dalamnya. Setelah itu, aduk-aduk dengan merata semua bahan ini sampai semua sajian gula larut ke dalamnya dengan merata.
3. Setelah selesai kemudian kentalkan sajian ini dengan menggunakan larutan tapioka yang dicampurkan dengan 60 ml air. Lalu aduk-aduk semua bahan ini dengan merata sampai tercampur.
4. Masak sampai meletup-letup dan tercampur dengan merata. Baru kemudian masukkan biji nangka yang sudah anda masak ke dalamnya dan aduk dengan merata sampai semua bahan ini  tercampur dengan merata.
5. Untuk saus santan anda akan dapat membuatnya dengan menyiapkan sebuah panci. Lalu masukkan semua bahan ke dalamnya dan aduk-aduk dengan merata hingga santan mendidih dan merata. Cara ini dilakukan agar santan yang anda masak tidak pecah.

Nah, setelah matang kemudian masukkan biji nangka dalam sebuah mangkuk. Lalu siram dengan kuah santan yang sudah anda buat sebelumnya.