Lezat dan nikmatnya hidangan kolak pisang kuah santan pandan  akan dapat anda buat di rumah dengan mudah dan sederhana. Penasaran seperti apa resepnya? Mari simak di bawah ini. Baca juga: Aneka Resep Kolak Enak

Bahan-Bahan:

4 buah pisang
1 liter air
1 potong gula merah
5 buah nangka
1 buah ubi
2 lembar daun pandan
Garam secukupnya
1 buah santan instan ukuran kecil 65 ml

Persiapan Membuat Kolak Pisang Kuah Santan Pandan :

1. Untuk membuat sajian kali ini cara yang akan dapat anda lakukan sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Anda hanya perlu untuk mempersiapkan beberapa bahan yang ada pada resep dengan merata. Cara ini akan pula memudahkan anda untuk membuat hidangan kali ini. Maka dari itu, mari simak langkah persiapan dari pembuatan hidangan kolak kali ini.
2. Persiapan pertama untuk membuat kolak dapat anda lakukan dengan terlebih dahulu kupas kulit pisang dengan merata. Setelah selesai, ambil sebuah pisau bersama dengan sebuah tatakan. Lalu kemudian potong pisang dengan bentuk serong menjadi beberapa bagian.
3. Masukkan dalam sebuah wadah dan sisihkan sementara bahan ini sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya secara merata.
4. Lalu setelah itu, cuci bersih ubi dengan menggunakan air yang mengalir. Kemudian angkat dan kupas bagian kulitnya dengan merata. Setelah itu, potong sajian ini dengan bentuk kotak ukuran yang sedang. Masukkan dalam sebuah wadah dan sisihkan sajian ini sebelum di campurkan dengan bahan lainnya.
5. Untuk nangka, anda bisa pula memotong buah ini dengan bentuk kotak ukuran yang sama dengan ubi. Masukkan dalam wadah yang terpisah sebelum di campurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata.
6. Bersihkan daun pandan menggunakan air bersih dengan merata. Lalu ikat bahan ini dengan bentuk simpul dan sisihkan dalam wadah sebelum nantinya bahan ini akan dicampurkan dalam kuah santan.
7. Nah, setelah semua persiapan di atas dilakukan dengan merata maka langkah selanjutnya anda akan siap untuk membuat sajian kolak pisang kali ini.

Cara Membuat Kolak Pisang Kuah Santan Pandan:

1. Untuk membuat sajian kolak pisang dapat anda lakukan dengan cara menyiapkan sebuah panci. Lalu masukkan air ke dalamnya yang sebelumnya sudah anda siapkan sebelumnya.
2. Rebus air sampai matang dan tuangkan ubi ke dalamnya bersama dengan daun pandan yang sudah anda bersihkan.
3. Silahkan rebus sajian ini sampai menjadi lebih setengah matang hingga tekstur ubi menjadi lebih empuk dan merata. Baru kemudian anda akan dapat menuangkan nangka ke dalamnya dan masak sampai mendidih.
4. Setelah itu, baru masukkan gula merah ke dalamnya bersama dengan pisang dan aduk dengan merata lalu diamkan sampai mendidih dan bumbu meresap ke dalamnya dengan sempurna.
5. Setelah itu, masukkan gula pasir bersama dengan garam sesuai dengan selera anda. Lalu cicipi apakah sudah pas atau belum. Jika belum maka anda akan dapat menambahkan lebih banyak gula ke dalamnya. Lalu aduk dengan merata.
6. Setelah selesai, baru anda akan dapat menuangkan santan kedalamnya dan aduk-aduk dengan merata semua sajian ini sampai mendidih agar santan tidak pecah.

Nah, kini sajian kolak pisang sudah matang dan anda akan tentu dapat menyajikan hidangan ini dalam sebuah mangkuk kemudian nikmati selagi masih hangat