Sajikan hidangan menu buka puasa dari sajian oseng usus cabai hijau yang enak dan sedap. Hidangan ini akan tentu dengan mudah bisa anda nikmati di rumah. Penasaran seperti apa resep sajian menu  buka puasa kali ini? Simak informasinya di bawah ini. Baca juga: Aneka Resep Menu Buka Puasa

Bahan-Bahan:

300 gram usus ayam
10 buah jantung ayam
5 buah cabai hijau keriting, diiris serong
5 buah cabai hijau besar, diiris serong
3 buah tomat hijau, dipotong-potong
2 lembar daun kunyit
2 cm lengkuas, dimemarkan
2 lembar daun salam
2 sendok makan minyak, untuk menumis
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
200 ml air
1 sendok teh garam

Bumbu yang Dihaluskan:

8 siung bawang merah
2 cm kunyit, dibakar
4 siung bawang putih

Persiapan Membuat Oseng Usus Cabai Hijau:

1. Untuk membuat sajian kali ini akan lebih baik bila kita simak terlebih dahulu langkah persiapan dari sajian kali ini. Cara ini akan penting dilakukan guna memudahkan anda membuat hidangan kali ini. Selain itu, ada banyak bahan pada resep yang perlu diolah dan dibersihkan dengan merata. Maka dari itu, langkah persiapan kali ini akan sangat membantu anda melakukannya.
2. Bahan pertama yang akan kita persiapkan terlebih dahulu adalah usus ayam dan jantung ayam dengan merata. Silahkan cuci bersih ke semua bahan ini dengan merata dan pastikan tidak ada kotoran yang tersisa pada bahan ini.
3. Lalu setelah itu, anda akan dapat mengangkat sajian ini dan tiriskan air rebusannya dengan merata. Masukkan dalam baskom dan pisahkan antara jantung dengan usus ayam.
4. Bila sudah selesai kemudian anda akan dapat memotong-motong usus dengan ukuran yang lebih pendek. Masukkan dalam wadah dan kucuri sajian ini dengan menggunakan air jeruk nipis dan berikan sedikit taburan garam. Lalu aduk-aduk dengan merata sampai tercampur.
5. Kemudian setelah itu, siapkan sebuah panci dan masukkan air ke dalamnya. Rebus usus ayam ke dalamnya sebanyak 2 kali untuk memastikan bau amis pada usus ayam dapat dibersihkan dengan merata.
6. Selanjutnya silahkan angkat sajian usus ayam dan sisihkan sementara bahan ini sebelum di campurkan dengan bahan-bahan lainnya secara merata.

Cara Membuat Oseng Usus Cabai Hijau:

1. Untuk membuat sajian oseng usus cabai hijau kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cara menyiapkan sebuah wajan di atas kompor dan nyalakan api yang sedang.
2. Lalu setelah itu, masukkan bumbu halus ke dalamnya dan aduk-aduk sajian ini dengan merata sampai tercampur. Lalu masukkan pula lengkuas bersama dengan daun salam juga daun kunyit dan sedikit potongan cabai hijau ke dalamnya.
3. Setelah itu, masukkan usus ayam bersama dengan jantung ayam ke dalamnya dan aduk-aduk dengan merata kemudian pastikan semua bumbu tercampur ke dalamnya dengan merata.
4. Masukkan air ke dalam sajian ini sedikit demi sedikit dengan peralahan. Lalu masak sajian ini hingga tercium bau harum yang enak dan sedap.
5. Baru kemudian anda akan dapat menuangkan gula pasir bersama dengan kaldu ayam dan garam. Aduk dengan merata semua sajian ini lalu masukkan kaldu ayam bubuk ke dalamnya dan masak sajian ini hingga merata di atas api yang sedang sampai sajian ini matang.