Saat pergi ke pesta pernikahan, Kamu lebih memilih mengunakan outfit Kebaya atau batik ? atau mungkin kamu mempunyai pilihan lain ?

Sedikit berbagi cerita, bellosquad. Sepupu perempuanku akan menikah.  Ya, Desember 2017 adalah perayaannya. Aku mendapatkan beberapa dasar kebaya yang disesuaikan dengan tema acaranya nanti. Aku mulai mencari beberapa desain yang ada di media sosial sebagai referensi. Namun, aku hanya memikirkan saat resepsinya nanti ya ? Oh tidak ! Saat akad nanti  outfit yang aku gunakan apa ya ? dan akhirnya pilihanku jatuh kepada Batik. Bagaimana outfit batik yang aku gunakan nanti ? Scroll down ya 😀

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Aku mendapatkan Kain Batik. Ini adalah hasil partisipasiku dengan salah satu brand yang keberadaannya memang mengelilingi ASEAN. Brand ini memasarkan produknya di negara-negara ASEAN seperti Indonesia,Malaysia, Singapura. 

Beautiq, itu adalah nama brandnya. Aku senang sekali karena Beautiq mengedapankan budaya yaitu Batik. Tak hanya antusias dengan kosmetik, namun juga dapat membawa budaya kita ke negara-negara ASEAN lainnya. Indonesia adalah Negara yang memiliki budaya yang beragam. Terlihat dari banyaknya keragaman suku didalamnya. Batik merupakan hasil budaya Negara yang wajib dilestarikan dan dipertahankan agar tidak punah dan menghilang. Kain Batik memiliki beragam jenis dan mempunyai asal yang berbeda serta corak yang khas. Tak hanya digunakan sebagai Kain lilit, Saroong tapi batik sudah bisa digunakan untuk outfit yang modern.

Menjadi salah satu blogger yang dapat berkolaborasi dengan beautiq merupakan project pertamaku yang sangat special. Mengapa ? Biasanya dalam melakukan kolaborasi sebelumnya, aku selalu sharing tentang event report, review produk kosmetik, ataupun kolaborasi bareng beberapa komunitas beauty. Nah, Beautiq mempunyai cara yang berbeda untuk merekrut para blogger. Founder nya bernama Maria. Dia juga berasal dari Indonesia yang mempunyai mimpi untuk membawa budaya batik ke seluruh ASEAN sebelum umurnya 30 tahun. Waaaah, Berapa ya kira-kira umurnya maria ? Kalian bisa cari tau melalui akun media sosialnya ya. Beautiq mempunyai suatu motto yaitu  “Through Batik and Cosmetics”. Ini yang aku katakan bahwa brand ini mempunyai hal yang berbeda dalam merekrut bloggernya. Beautiq tak hanya berisi kosmetik yang merupakan point penting bagi gadis yang mempunyai hobi sepertiku ini, yang senang dengan bermain brush makeup dan rona lipstik tapi, juga membawa budaya ke ranah ASEAN. Alasan ini yang membuat aku antusias dan menerima Brieffieng atas proposal yang diberikan Maria ke email-ku. Dengan demikian, aku juga turut berpartisipasi dalam gagasan yang Maria pilih untuk membawa Batik ke ASEAN.

September 2017, saat dimana aku mendapatkan email, negosiasi dan terjalinlah kerjasama untuk kolaborasi bersama Beautiq.Bulan selanjutnya, Oktober 2017. Aku mendapatkan kain batik. Salah satu golongan batik Cimahi yang dikenal dengan nama batik Rentesan. Warna merah terkombinasi dengan corak berwarna cream adalah batikku. Sebelumnya, Maria memberikan kesempatan untuk dapat memilih sendiri kain batik yang akan aku gunakan. Namun, aku sudah tertarik dengan Rentesan merah yang dipilihnya.

 

Batik Rentesan adalah koleksi Batik Cimahi yang merupakan Batik jenis baru, Karena Batik ini sendiri baru diciptakan melalui sebuah kompetensi yang di prakarsai oleh Dewan Kerajinan Daerah (Dakresda) Kota Cimahi. Aku merasa beruntung menjadi pencoba Batik Baru ini.

UNBOXING PAKET RENTESAN

Packagingnya cantik dengan warna red gold dengan pita warna senada. Dan tak hanya itu, aku mendapatkan surat cinta dari ownernya.

Batik Rentesan ini halus,sedikit menerawang tapi nggak transparan dan saat dipakai tidak terasa panas. Namun, untuk perawatannya aku sarani jangan gunakan detergent! Cukup bilas bersih saja. Sayangkan jika nanti batik kamu rusak.

PENYESUAIAN DESAIN

Setelah menerima kain tersebut, aku mulai mencari-cari referensi tentang outfit yang sesuai. Pemanfaatan media social yang sangat bermanfat sekali. Aku menemukan beberapa contoh batik modern. Aku telah mencari desain batik ini jauh sebelum kain rentesan datang. Karena aku ingin segera memanfaatkan waktu untuk langkah selanjutnya. Penyesuaian desain pun selesai. Ini adalah sketsa batik yang akan aku kombinasikan.

PENCARIAN BAHAN PELENGKAP

Langkah selanjutnya adalah perburuan. Ya, aku mulai mencari bahan pelengkap batik untuk menyesuaikan dengan desain yang dibuat. Toko textile di Palembang pun aku temui untuk menyelesaikan buruanku. Aku mendapatkan bahan pelengkap di Megahria. Jika kalian berkunjung ke Palembang, jangan lupa untuk mampir kesini.

MEGAHRIA SHOPPING CENTER PALEMBANG

Throught-Batik-and-cosmetics.jpg
Sumber : www.google.co.id

Video pencarian bahan pelengkap

Aku membutuhkan waktu 1bulan untuk mendapatkan pakaian yang sesuai desain batikku. Kendala ? Jelas ada. Namun, akhirnya Rentesanku selesai. Ini adalah hasil akhirnya.

SESI PHOTO

Ini yang paling aku tunggu, saat dimana aku melakukan Sesi Photo menggunkan batik Beautiq. Pemotretan dimulai pada jam 09.30 WIB di studio Raja Plaju, Palembang. Makeup yang aku gunakan otodidak sendiri. Karena memang aku ingin konsep yang nggak terlalu berlebihan, simple tapi menarik. Namun, saat sesi photo aku nggak sendirian. Aku ditemani oleh sahabatku, yuli.

Tips dariku : jika ingin membuat alis yang bergradasi harus menggunakan mistar, nggak kok canda doang. Tips nya adalah tak harus membuat garis awal tapi awali dengan membuat arsiran dari ujung lalu ke pangkal alis. Setelah itu gunakan brush dari arah yang berlawanan agar tergradasi natural Ini aku dapat dari demo makeup bersama Robi dan Dias. Baca juga : Demo Makeup dari Robi-Dias Bersama PIXY

Hasil Akhir Dari Batik Rentesan

Setelah menggunakan Batik ini. Menurut pendapatku :

(+) Bahannya adem, nggak terasa panas jika digunakan.

(+) Mudah dibentuk. Rok kain ini bisa membentuk tubuh slim dengan mudah.

(+) Perawatannya nggak ribet. Bilas Bersih aja setelah digunakan.

(-) sedikit menerawang, namun adanya ornamen dari kain bisa menutupi.

Ini adalah pengalamanku 3bulan bersama batik Rentesan. Senang bisa ikut berpartisipasi dalam misi Maria Empowering ASEAN Beauties through Batik and Cosmetic. Ditunggu kolaborasi selanjutnya. Terimakasih Beautiq.  Untuk kalian yang mau tau beberapa kain batik koleksi Beautiq lainnya dapat mengunjungi alamat dibawah ini :

Official Account Beautiq- SEA
Instagram: @beautiq.sea
ID: @beautiq.id | MY: @beautiq_my | SG: @beautiq_sg
WhatsApp: +62 823 7684 1773
LINE: @beautiq