Hai-haaai sobat kulineran, lama banget ga si aku ga update soal mood booster? Ya apalagi atuh kalo bukan soal makanan hehe. Nah, alhamdulillah kali ini aku berkesempatan untuk bisa icip-icip di cooking studio nya Almond Zucchini di Jl. Prapanca, lokasi nya depan pas dari kantor walikota Jakarta Selatan guys.
(Lucu yaa)

Dan untuk rutenya, sangat dekat dari halte atau terminal bis Blok M. Tempatnya pinggir jalan banget, kalo kita dari arah gang Prapanca nya, ini berada di ujung gang.



Dari bangunannya kelihatan historical gitu dan ada label oranye super unyu kayak gini ini di bagian teras depannya. Dan look bagian dalamnya kayak di TV TV itu lho, ala-ala master chef hehe



Selanjutnya adalah sesi bersama chef Nurman Fahjri nih. Yang paling ditunggu-tunggu haha. Soalnya kita akan menyaksikan demo memasak Ayam Panggang Madu Hutan. Disini chef memberikan arahan tentang bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan, diantaranya, bawang merah, bawang putih, kunyit 3 cm, cabe besar, cabe rawit dan ketumbar.



Lalu, iris kecil-kecil cabe merah rawit dan bumbu lainnya di belnder halus untuk nantinya di sangrai. Tips sangrai basah buat habis yang di blender adalah jangan pakai minyak, karena bau dari bumbu mentahnya ini bisa beda. Selanjutnya, masukan 2 lembar daun salam, sereh di geprek dan balurkan ke ayam yang sudah disiapkan. Dan masukan ke dalam oven 220 derajat selama 20 menit. Taraaaaa wanginya menggelegar seisi studio, perut aku sudah mulai calling-calling nih hehe.
Oya jangan lupa balurkan madu hutan nya ini. Lalu kita mulai di jamu dengan beberapa menu makanan "khas hutan" ini. Di mulai dari

1. Karedok


(Karedok)

Karedok disini agak beda ya. Karena setau aku karedok itu berbahan dasar mentahan, jadi kayak kacang panjang, kol dan terong ijo, itu semua mentah. Sedangkan ini direbus gengs hehe. Dan bumbu nya adalah kacang halus kayak bumbu gado-gado gitu. Kalo karedok, karena aku di Bandung, citra rasa karedok bisa aku definisikan khas nya itu gurih dan cenderung pedas ditambah dengan kerupuk terasi yang ga boleh ketinggalan hehe.

2. Nasi Kecombrang


(Nasi Kecombrang)


Karena aku ngambil karedoknya cukup banyak dan ga tau kalo setelah menu karedok itu nasi kecombrang yang super enak ini, jadinya cuma ambil sedikit aja. Lagipula, sedang ngurangin nasi nih. Impression aku sama nasi kecombrang ini enaaaaaak banget. Juara pertama deh. Rasa kecombrang yang khas, wangi nya itu duhhh perpaduan cantik banget. Biasanya kalo makan kecombrang pas makan pecel di Nganjuk dulu, sekarang dimodifikasi ke dalam nasi ulalala rasanya guys.

3. Ayam Panggang Madu Hutan 

(Ayam Panggang Madu Hitan)



Ayam nya masak dengan well done sehingga empuk dan rasa manis alami yang dari madu ini ga kerasa banget lho, jadi meresap dengan ciamik. Pokoknya pas, karena lidah aku ini sedikit sensitif sama rasa manis-manis kalo di jenis makanan buffe gini.




4. Ayam Lempah Kulat Pelawan


(Ayam Lempah Kulat Palawan)

Baru tau lho, dan deskripsi pertama kayak kari wkwk. Ayam ini adalah khas dari kepulauan Bangka Belitung dan makanan khas disana. Lempah artinya berkuah encer dan ada santannya gitu dan untuk kulat berasal dari dialek masyarakat disana yang artinya jamur. Aku cuma ngambil sedikit karena udah jatuh hari sama ayam panggang di atas hehe. Nah pantas saja, rasanya ada gurih-gurih khas jamur gitu gengs! Sedangkan pelawan adalah pohon endemik daerah sini yang saat musim hujan di tumbuhi jamur dan ketika kemarau mengeluarkan bunga yang disukai lebah, namun sari bunga ini pahit ya. Rasanya unik dan wajib dicoba sih ini!


5. Gindara Pepes Pohpohan



(Gindara Pepes Pohpohan)

Ini ikan yang kemarin baru aku tau di akhir Desember, gegara mamer bilang kalo ini ikan malaikat. Kok bisa? Karena mampu mengeluarkan racun dalam tubuh dan juga jarang banget yang jual, sekalinya ada maka ini akan ngantri. Dan pohpohan sendiri adalah sejenis daun lalapan gitu, katanya kalo masyarakat sunda sudah sangat familiar dengan pohpohan ini, tapi aku malah baru denger haha. Daun ini memiliki keunikan dari segi aroma dan rasanya serta memiliki khasiat meredakan nyeri pinggang dan mencegah efek radikal bebas. Pantas saja, ketika aku memakannya, rasanya itu kayak nori lho guys! Dan aku dengan ikan bagaikan soulmate, terluv kedua setelah nasi kecombrang hehe.

6. Sate

Disini ada sate maranggi dan sate jamur. Sate jamurnya enak! Sate maranggi yang aku tau,karena khas dari Karawang, jadi hapal deh kalo itu bukan maranggi sesungguhnya. Tapi sate ayam. Sate maranggi itu banyak kikil nya gitu dan bumbunya juga wenak!

(Sate Maranggi dan Sate Jamur)



7. Cendil


(Jajanan pasar is myluv)



Semua rasanya pas, aku hanya mencoba ketan hitam, mutiara dan biji salak. Dan aku ga nambah gula merah cair dan santan sih, karena ari biji salak dan ketan hitamnya udah manis. Suka sama satu set jajanan tradisional ini.

Demikian review singkat aku dalam acara icip-icip waktu siang itu dan aku merasa puas banget. Ada 2 menu yang tidak sempat aku dokumentasikan yaitu sup kimlo dan donat kentang yang juga mantep. Aku kapan-kapan mau ikut acara cooking class nya disini ah, tempatnya enak dan mohon maaf ga foto-foto di bagian luar lokasi nya nih. Siapa yang udah pernah berkunjung ke Almond Zucchini ini? Komen yah!