Zaman semakin canggih, teknologi mudah ditemui, benda - benda canggih pun tersedia dengan murah tak menguras dompet, tak memungkinkan dari kalangan bawah menengah pun bisa memilikinya.

Oya, apa sih generasi Alfa itu? Menurut Mark mc Crindle , analis sosial-cum-demograf dari group peneliti Mc Crindle.
Generasi yang lahir ditahun 2010-2024, Penamaan Alfa  dibuat berdasarkan alfabet Yunani dan sesuai alfabet, alpha dipilih karena generasi yang lahir sebelumnya telah menggunakan nama generasi Z atau disebet generasi milenial.
Sekitar 2,5 juta generasi alfa lahir setiap minggu didunia dan akan bertambah mencapai 2 miliar ditahun 2025.wow.....itu baru perkiraan, kalau kembar lagi hayooo nambah lagi jumlahnya, hehehehehe.

Ciri generasi alfa itu apa aja ya??
yang pastinya sejak lahir  mereka sudah hidup didunia dengan perkembangan teknologi yang pesat, gadget sudah menjadi bagian dari hidup mereka sepenuhnya. Mereka tumbuh dengan ipad ditangan, tidak bisa hidup tanpa smartphone,,ibaratnya looo...padahal ga bisa hidup kalau ga makan😂.
mereka mampu mengoperasikan gadget dengan menekan tombol-tombolnya. Jadi tak heran melihat balita aja sudah senyam senyum sendiri main gadget. Generasi  Alfa sebagai generasi paling transformatif.
Kemajuan teknologi  yang pesat ini kedepannya akan mempengaruhi mereka mulai dari gaya belajar, materi yang dipelajari disekolah, sampai dengan pergaulan mereka sehari - hari. Ruang dan waktu tak menjadi jarak dan batasan lagi, pergaulan tidak lagi ditentukan faktor lokasi,mereka bergaul bebas dengan berbagai macam suku budaya didunia. Tidak heran  generasi Alfa menjadi cerdas dibanding generasi sebelumnya.
Namun generasi Alfa ,generasi yang sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia. Dengan umur mereka yang masih sangat  muda , mereka sudah mempengaruhi putaran ekonomi dunia. Menurut Christine carter generasi Alfa menghabiskan 18 juta dolar pertahun hanya untuk konsumsi mainan, pakaian dan perangkat teknologi baru yang cuma ada dizaman ini. Apalagi orang tua yang selalu memanjakan anaknya, apapun yang terbaru selalu terupdate untuk wajib memilikinya.

sholat berjamaah


untuk antisipasinya untuk tetap dijalur positif mari kita bersama - sama menjadikan generasi alfa tidak keluar jalur negatif mungkin dengan cara :
* Memberikan pendidikan agama
* Ajarkan sopan santun dan tanamkan nilai-nilai kekeluargaan.
* Bantu tingkatkan kemampuan berjuang anak agar tidak mudah putus asa dan bosan.
* Ajak dan ajari anak bersosialisasi.
* Beri batasan terhadap gadget. Pada anak 2-3 tahun, screen time maksimal 30 menit. Kemudian ganti melakukan aktivitas lain seperti bermain dioutdoor, seperti bermain sepak bola.
* Lakukan eye contact dan komunikasi 2 arah dengan anak karena hal ini penting bagi perkembangan sikecil.
* Beri penanaman edukatif, bila melalui gadget ushakan anda lebih interaktif memlilih aplikasi sesuai umurnya yang membuatnya mengerti seperti menirukan warna, bentuk, suara binatang, atau bisa juga dancing bersama sikecil melalui gadget.
aktivitas positif, tidak selalu gadget


yuk kita bekali anak sejak dini agar mampu menghadapi tantangan dimasa depan.










#MombassadorSGMEksplor
#GenerasiMaju
#SGMEksplor