Hallo girls...
Apa yang dicari seorang perempuan sebagai dasar riasan wajahnya? Tentu saja Foundation yang dapat diajak melindungi wajah dalam aktifitas kesehariannya. Kemudian, apa pula yang ditakutkan oleh pemilik kulit berminyak setelah memakai foundation? Tentu saja ketahanan foundationnya yang transferproof. Foundation tersebut pastinya diharapkan dapat menahan minyak. Kalaupun berminyak, tak sampai menjadikan wajah sangat basah hingga menyebabkan riasan tersebut menjadikan wajah kusam.

Demikian juga buat pemilik acne prone skin seperti saya dan kebanyakan perempuan lainnya. Khususnya di Indonesia. Pasti akan semakin khawatir jika sampai foundation yang kita pakai, malah gampang hilang dan menjadikan wajah semakin menunjukkan pori-porinya. Makanya selama ini, saya rajin mencari berbagai informasi mengenai foundation yang cocok untuk mengatasi permasalahan wajah saya, sampai saya akhirnya bertemu L’oreal Infallible Pro-Matte.

Saya punya dua shade Foundation ini untuk saya mix. Sebenarnya saya beli pertama saat diskon, Shade 109 Classic Tan, karena saya kira awalnya, warna kulit saya se-tan itu. Ternyata setelah saya pakai, malah jadi gelap di wajah saya, yang mana cocoknya sebagai warna countur. Ternyata, saya salah beli shade, saudara-saudara ^_^ 

Nah, ketika diskon lagi, saya beli lagi yang Classic Ivory 101, yang pastinya terang untuk saya. Kalau saya mau pakai foundation ini, keduanya dicampur biar pas warnanya di wajah saya. Setelah dipakai beberapa bulan, inilah yang bisa saya katakan untuk foundation ini.

Kemasan



Kemasannya ini cukup sederhana, berupa tube plastik gepeng yang isinya standar foundation pada umumnya yaitu sebanyak 30 ml, dengan tutup ulir. Tubenya pendek, malah ringan, seperti tak sampai isinya 30 ml. But i don’t care about how much does it containts. I just care about it cost actually. ^-^



Pada tampak depan, tentu saja tertulis nama produk dengan dua bahasa yaitu inggris dan prancis (Shade Classic Tan 109). Standar produk luar. Demikan pula pada bagian belakangnya. Selain nama, pada badan produk, terdapat penjelasan tentang produk, isi kandungannya, kode produksi, maupun tempat produksi dan merknya.

Teksur, Warna dan Aroma



Foundation ini bertekstur cair, tapi tak seringan air yang mudah mengalir, juga tak padat seperti foundation cream. Aromanya juga hampir tak ada dengan warna-warna standar foundation yang cocok untuk kulit perempuan asia, khususnya Indonesia. 

Cara Pakai dan Hasil



Sebelum memakai foundation, tentu saja, saya wajib mempersiapkan wajah saya dengan beberapa skin care dan primer. Setelah semuanya meresap, seperti memakai foundation pada umumnya, foundation saya  yang dua buah ini, saya keluarkan dan ditaruh di tempat datar atau mixing pallete, supaya hasil pencampuran keduanya benar-benar rata. 

Setelah diaduk, baru saya oleskan dan sedikit diratakan dengan jari ke seluruh wajah. Setelah itu, baru saya tap-tap dengan beauty blender yang lembab sampai rata. Kalau dirasa kurang, bisa ditambahkan lagi. Foundationnya ringan dan mudah diratakan. Kalau beauty vlogger bilang sih, ini yang namanya blendable dan buildable. Foundationnya tak langsung jadi kering gitu. Apa yang saya tuliskan itu, cocok dengan klaim produk ini yang mengatakan mengatakan bahwa memiliki tekstur air – light, dengan hasil yang demi-matte/semi matte, yang bisa dipakai sampai 24 jam. 

Tapi saya sendiri, belum pernah pakai selama itu. Paling lama saya pakai 5-6 jam karena saya tak terlalu lama berada di luar ruangan. Namun demikian, klaimnya yang mengatakan medium coverage, bisa saya benarkan. Tapi walaupun foundationnya medium coverage, oil freenya bisa menahan minyak di wajah saya.

Setelah 5-6 jam, foundation ini belum hilang dari wajah saya. Kalau disentuh pelan dengan bloating paper atau tisu kering, minyak dan bedak di atasnya yang sedikit terangkat. Tapi foundationnya masih ada. Kalaupun hilang, di hidung, tepatnya di tempat bertenggernya kaca mata saya.

Oia, karena tak ada tulisan bahwa produk ini mengandung SPF, maka SPF tetap saya gunakan terpisah. Atau, foundation shade classic tan itu, saya campurkan dengan foundation atau BB cream lain yang berwarna agak terang dan memiliki SPF. Tapi kadang, saya pakai SPF terpisah lebih dahulu juga, sih.

Sejauh ini, setelah lebih kurang 3 bulan pemakaian, foundationnya masih ada. Yang paling penting, tak membuat wajah saya merah, menimbulkan jerawat, maupun komedo, serta masalah lainnya. Yang saya rasakan tersebut, tepat seperti yang diklaim pada produknya, yaitu Dermatology tested/Suitable for Sensitive skin/Non Comedogenic.

Harganya berapa dan Dijual di mana?

L’OREAL Paris Foundation Infallible Pro-Matte ini bisa didapatkan dengan mudah di berbagai e-commerce dan toko online lainnya, dengan harga Rp 149.000.

Re-purchase

Ya nanti kalau keduanya sudah habis. Pastinya akan saya tunggu diskon lagi buat saya re-purchase, karena buat saya yang pas-pasan ini, harganya masih tergolong tinggi, walaupun ini foundation drugstore kan  ^_*

*
Jadi kesimpulan saya untuk L’OREAL Paris Foundation Infallible Pro-Matte ini, yaitu:

1.   Harganya masih bersahabat, apalagi kalau diskon.

2.   Produk tak mudah tumpah karena tutup ulirnya yang minta ditutup rapat.

3.   Warnanya banyak, cocok dengan kulit perempuan Indonesia pada umumnya.

4.   Teksturnya buildable dan blendable.

5.   Oil controlnya, sanggup menahan minyak di wajah.

6.   Tidak mengandung SPF. Jadi mesti pakai krim SPF terpisah.

7.   Tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Jadi itulah kesimpulan saya untuk kedua foundation L’OREAL Paris Foundation Infallible Pro-Matte. Teman-teman sudah pakai juga?