Sajikan dan nikmati lezatnya hidangan ayam geprek penyet krispi yang sedang. Dengan resep yang akan kami berikan kali ini sajian ini akan tentu dapat dengan mudah anda buat di rumah.

Bahan-Bumbu Ayam:

500 gram dada ayam fillet
Lada secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya
Garam secukupnya
Bubuk bawang putih secukupnya

Bahan Pencelup Basah:

5 sdm tepung terigu
Kaldu bubuk secukupnya
Garam secukupnya
1 sdm tepung maizena
Air secukupnya
Lada secukupnya
Bubuk bawang putih secukupnya

Bahan Pelapis Kering:

10 sdm tepung terigu
3 sdm tepung maizena

Bumbu Sambal Ayam:

20 buah rawit merah
Kaldu bubuk secukupnya
4 siung bawang putih, goreng sekilas
Garam secukupnya
5 buah cabai merah keriting
Gula pasir secukupnya
4 sdm minyak panas

Persiapan Membuat Ayam Krispi:

1. Untuk mengawali langkah kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat ayam krispinya. Untuk itu, siapkan ayam dalam sebuah wadah dan bawa ke tempat cucian.
2. Sebelum dibersihkan secara merata, silahkan potong ayam fillet menjadi beberapa bagian. Untuk ukuran sedang yang direkomendasikan anda bisa memotongnya menjadi 6 bagian dengan ukuran yang sama. Masukkan kembali ayam ke dalam wadah baru kemudian cuci sampai bersih dan merata.
3. Aduk-aduk ayam untuk memastikan kotoran di dalamnya bersih dengan merata. Setelah itu, angkat ayam dan tiriskan air cuciannya dengan merata. Kucuri terlebih dahulu dengan menggunakan air perasan jeruk nipis secara merata. Lalu taburi dengan sedikit garam dan aduk kembali.
4. Diamkan ayam dengan bahan ini selama kurang lebih 10 menit agar bau amis pada ayam dapat diredam dengan merata.
5. Setelah itu, baru marinasi ayam dengan bumbunya. Aduk bumbu marinasi dalam sebuah wadah lalu masukkan potongan ayam ke dalamnya dan aduk-aduk dengan merata. Diamkan dan rendam ayam dengan bumbu tersebut selama kurang lebih 15 menit sampai meresap dengan merata. Lebih lama akan lebih baik.
6. Selesai dimarinasi, silahkan celupkan ayam dalam bahan pencelup basah yang sudah diaduk menjadi satu. Kemudian gulingkan ayam  dalam bumbu kering dan aduk-aduk dengan merata pastikan semua bagian daging ayam terlapisi dengan bahan ini.
7. Setelah itu, kemudian siapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng ke dalamnya dan tunggu sampai panas dengan merata. Baru kemudian masukkan ayam ke dalamnya dan goreng sajian ini sampai kering dan merata.
8. Angkat ayam dengan serokkan dan sisihkan sebelum anda mencampurkan bahan ini dengan bahan-bahan lainnya.

Cara Membuat Sambal Ayam Geprek:

1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cara mengulek bahan-bahan sambal dalam sebuah cobek. Silahkan ulek kasar saja dan pastikan bahan-bahan bawang terulek sampai halus.
2. Setelah halus masukkan bumbu seperti gula, garam dan juga penyedap rasa. Aduk dengan merata dan siramkan minyak goreng panas ke dalamnya bekas menggoreng ayam dan aduk kembali dengan merata.
3. Ambil ayam krispi, geprek sampai hancur dan campurkan bahan ini bersama dengan sambal yang sudah anda buat sebelumnya.
Setelah matang silahkan sajikan dalam piring dan nikmati sajian ini selagi masih hangat bersama nasi pulen yang nikmat.