Kulit merupakan hal paling penting bagi kaum wanita terlebih lagi wanita ingin sekali memiliki kulit yang mulus dan sehat. Masalah yang sering di temui pada kulit wajah adalah jerawat, bagi kaum wanita jerawat merupakan mipi buruk yang sering membuat mereka stress terlebih lagi jerwat itu sangat membandel dan membekas pada kulit wajah.  Sudah berbagai macam skin care di coba samapai ke dokter tapi hasilnya tidak maksimal malah ada juga yang makin break out atau tidak hilang sama sekali jerawat itu. Kalau sudah begitu biasanya kaum wanita stress dan tidak menimbulkan rasa percaya diri mereka.
Kondisi yang semakin parah dan tidak kunjung membaik, bisa jadi itu adalah tanda dari Hiperandrogen  menurut Dr. David Budi W. ABAARM., AAAM .Tepat tanggal 6 kemarin aya dapet undangan dari Beautynesia untuk menghadiri dalam acara Discover New Confidence yang bertemakan Waspadai Hiperandrogen Penyebab Jerawat Membandel Pada Wanita. Selama aya mengikuti seminar Allhamdulillah dapat ilmu dan pelajaran yang sangat berharga untuk masa depan aya 




Nah kali ini aya mau sedikit share tentang ilmu yang aya dapet dari Dr. David tentang Hiperandrogen yang merupakan penyebab jerawat membandal pada wanita. 

Hiperandrogen itu apa sih ?
Kondisi dimana wanita kelebihan hormon androgen (Hormon Pria). Menurut penelitian menunjukan bahwa Hiperandrogen dapat mempengaruhi10-20% perempuan pada usia produktif. Dalam tubuh wanita terdapat hanya 2 % Androgen bebas. Jika kadar imi meningkat maka dapat menimbulkan masalah bagi kaum wanita, salah satunya yag tampak jelas adalah ganguan jerawat dengan derajat sedang hingga berat. Penyebab munculnya jerawat adalah karena tersumbatnya folikel kulit yang mana paling banyak disebabkan oleh produksi sebum (minyak berlebih) kalau baca blog aya yang kemarin pasti tau apa itu sebum. Berlebihnya produksi minyak di kulit wajah dapat dipengaruhi oleh tingginya kadar androgen bebas yang memicu aktivitas minyak sebum.







Bagaimana gejala Hiperandrogen ?
Hiperandrogen juga di tandai dengan sejumlah gejala lainnya seperti seboroik (kulit bersisik), hirsutisme (pertumbuhan pola rambut wajah yang tidak biasa pada wanita menyerupai pola pertumbuhan rambut pria seperti kumis, bulu dada, dan lain lain), serta kebotakan (alopecia)
Sedangkang untuk jerawat akibat Hiperandrogen biasanya dia muncul di daerah wajah rahang, pada punggung, dan dada . munculnya jerawat di muara kelenjar minyak, yaitu penebalan dari lapisan kulit yang ada di muara kelenjar minyak. Juga kolaborasi dari bakteri yang dikenal dengan  propionibacterium acnes. Hiperandrogen ini juga memicu gangguan emosional pada wanita umumnya jika tumbuhnya jerawat biasanya wanita tidak merasa percaya diri, malu dan dia tidak mau bertemu dengan siapapun ada juga yang emosinya meluap-luap , untuk jangka panjang Hiperandrogen dapat menyebabkan obisitas, kardiovaskular, hipertensi, Infrak miokad, menstruasi yang tidak teratur bahkan ada yang tida menstruasi, dan lama lama bisa kangker.

Bagaimana cara menjegahnya
Untuk jerawat membandel yang di sebabkan ganguan hormon atau yang kita tau hiperandrogen pada umumnya menggunakan bahan  yang mengandung Retinoid, Antibiotik (jika memang dibutuhkan) dan Benzoyl Peroxide. Hiperandrogen juga dapat di hentikan dengan pengobatan obat Antiandrogen atau penggunaan pil KB. Akan tetapi kebanyakan dari sebagian wanita mengeluh efek samping dari pil KB seperti munculnya flek hitam pada wajah, badan menjadi gemuk atau jerawat semakin parah.
Namun gejala akibat pil KB yang hanya mengandung salah satu hormon seperti progesteron membuat kedaan wanita lebih kurus, sedangkan hormon esterogen membuat wanita lebih gemuk. Adapun efektif adalah mengkombinasikan kedua hormon tersebut sebagai pengobatan pada wanita yang mengalami Hiperandrogen.

Nah jadi kalau kalian mempunyai keluhan pada jerawat yang memandel saran aku sih kenali dulu jenis jerawat itu sendiri biasanya aya langsung cek menggunakan aplikasi GueSehat karena disitu juga aya selalu di jelasin atau di berikan gambaran tentang apa yang sedang dialami dan diberi tahu lanjutan mengenai kelainan ini dan tentunya membaca sharing dari orang-orang yang pernah mengalami.

Namun dari semua itu inti dari kita agar terhindar dari penyakit ini kita harus memulai merubah pola hidup kita. Hindari makanan yang membuat kita menjadi sakit salah satunya stop makan gorengan yang berlebih, minum soft drink, hindari meminum cafeein yang berlebihan dan gula karena semua itu akan memicu terjadinya jerawat berlebih.

Sekian kisah dari aya mengenai Hiperandrogen noted buat kalian jangan pernah sepelekan jerawat yang tumbuh pada kulitmu jika terjadi yang aneh dan gejala diatas lebih baik konsultasikan ke dokter, dan mari kita kembali hidup sehat agar kita terhindar dari penyakit.
See yoou
Love
MDR