Daun Seledri yang dikenal dengan nama latin Apium graveolens ini sering kita temui dalam masakan. Pasalnya, untuk saat ini kebanyakan daun seledri memang hanya digunakan dalam campuran masakan.

Dibalik itu, tahukah kalian jika daun seledri ini memiliki manfaat yang lain sebagai obat?


Berikut adalah manfaat daun seledri yang dapat digunakan sebagai obat :

1. Melancarkan Pencernaan
Daun seledri juga bisa digunakan untuk melancarkan pencernaan dan melancarkan buang air besar.

Hal ini karena kandungan daun seledri yang didalamnya terdapat polisakarida berbasis pektin.

Kandungan ini  mampu memperbaiki lapisan lambung yang rusak, sehingga saluran pencernaan menjadi lancar dan dapat terjaga kesehatannya. 

2. Mencegah Kanker
Sel kanker selama ini dikenal sebagai momok yang menakutkan, pasalnya orang yang terkena sel kanker apalagi yang sudah menyebar sulit untuk disembuhkan. 

Namun, tumbuhan yang satu ini memiliki kandungan senyawa apigenin yang mampu mencegah menyebarnya sel kanker. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Salman Hyder dari Universitas Missouri di Amerika Serikat.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Salah satu penyebab tekanan darah tinggi adalah dikarenakan adanya penyumbatan pembuluh darah. Dengan tumbuhan yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyumbatan tersebut. 

Hal ini karena daun seledri memiliki kandungan senyawa phthalides. Kandungan ini mampu membantu menormalkan aliran dalam darah melalui pelemasan otot-otot halus dalam pembulh darah sehingga aliran darah dapat lancar kembali. 

4. Meredakan Sakit Kepala
Sakit kepala dapat disebabkan berbagai macam hal. Selain itu sakit kepala juga bermacam-macam jenisnya. Untuk itu, tanaman yang satu ini dapat membantu meredakan sakit kepala. Kandungan senyawa coumarin yang ada dalam daun seledri inilah yang mampu mengurangi dan meredakan sakit kepala yang menyerang. 

5. Meredakan Nyeri Sendi
Bukan hal yang langka lagi mengenai keluhan pada persendian. Nyatanya, nyeri sendi ini tidak hanya dialami oleh usia lanjut.

Para remaja pun banyak yang mengeluh karenanya. Namun, dengan daun seledri ini bisa membantu mengurangi dan meredakan nyeri sendi.

Kandungan glikosidanya nyatanya mampu menurunkan kadar asam urat yang menyebabkan rasa nyeri pada persendian. 

Demikianlah manfaat daun seledri yang dapat digunakan sebagai obat. Tentunya, daun seledri ini sebagai tanaman herbal yang bebas dari bahan kimia memiliki kadar masing-masing untuk setiap jenis keluhan. Hal ini dibarengi pula dengan jumlah penggunaan dan takar yang berbeda untuk setiap jenis penyakit.