5 pantai di Batam

Sebagai wilayah yang memiliki perairan lebih luas dibandingkan daratan, serta memiliki ratusan pulau yang mengelilinginya, Batam dianugerahi pantai-pantai cantik dengan hamparan pasir putih yang tersebar di setiap sudutnya. Pantai-pantai ini kerap dikunjungi wisatawan baik lokal maupun manca negara terutama pada akhir pekan dan hari-hari libur.


Tak ketinggalan saya, keluarga, teman dan juga tetangga sebagai warga Batam yang kerap disibukkan oleh rutinitas kerja, kami kerapkali mengunjungi pantai-pantai di sekitar Batam untuk bertamasya atau sekedar melepas penat setelah seminggu bekerja.

Pada umumnya, pantai-pantai di Batam dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat. Ada juga yang dikelola oleh swasta namun tetap memberdayakan masyarakat lokal yang tinggal di daerah tersebut. Pemerintah Kota Batam pun tidak terlalu mempermasalahkan pengelolaan pantai ini karena pada dasarnya pemerintah akan tetap mendukung siapapun yang mampu berkontribusi bagi pariwisata Batam yang kini menjadi “Core” bagi perekonomian Batam.

Beberapa pantai di Batam yang sering dikunjungi warga dan juga wisatawan diantaranya adalah pantai-pantai berikut ini:


1. Pantai Tanjung Pinggir

Pantai Tanjung Pinggir terletak di Kawasan Sekupang. Sekitar 20 kilometer dari pusat kota Batam di Batam Center. Atau sekitar 14 kilometer dari rumah saya di kawasan Batu Aji Batam. Salah satu keistimewaan Pantai Tanjung Pinggir adalah para pengunjung dapat langsung melihat gedung-gedung tinggi di Singapura dengan mata telanjang. Selain itu Pantai Tanjung Pinggir memiliki hamparan pasir putih yang cukup luas dengan hamparan rerumputan serta pepohonan kelapa juga Pohon Waru Laut yang dapat digunakan para pengunjung untuk berteduh di saat terik matahari yang semakin menyengat.


2. Pantai Melur

Pantai Melur terletak di kawasan Barelang tepatnya di Pulau Galang. Pantai Melur memiliki hamparan pasir putih yang cukup luas dan memiliki ombak yang tenang serta pepohonan yang rindang dengan cabang-cabang yang besar dan meneduhi sekitar tepi pantai. Sayangnya, kini beberapa titik sudah ditandai oleh beberapa perusahaan yang mungkin akan membangun hotel atau villa di sekitar sana sehingga akses pantai dan jalan jadi menyempit.


3. Pantai Mirota

Pantai Mirota terletak di Kawasan Barelang tepatnya di Pulau Galang. Bisa ditempuh sekitar 1 jam berkendara  dari Batu Aji Batam. Pantai Mirota memiliki pasir yang agak kecoklatan. Pantainya landai dengan ombak yang tidak terlalu kuat. Di pantai ini telah berdiri beberapa villa yang dapat disewakan kepada para pengunjung yang ingin bermalam sehingga dapat menikmati suasana pantai lebih lama lagi. 


4. Pantai Melayu

Pantai Melayu terletak di kawasan Barelang juga, tepatnya di Pulau Rempang. Dari Jalan Raya Barelang belok ke sebelah kanan dengan papan petunjuk yang dapat dilihat jelas di sisi kanan jalan. 

Pantai Melayu memiliki kestimewaan tersendiri dimana saat laut surut, pantainya terbentang hingga hampir seratus meter ke tengah laut dan pantai yang surut tidak berlumpur sehingga pengunjung dapat bebas berjalan di atas pasirnya hingga ke tengah laut. Pantai Melayu juga memiliki gazebo-gazebo serta aula yang dapat digunakan pengunjung untuk menggelar acara keluarga atau  acara perusahaan.


5. Pantai Marina

Pantai Marina berada di kawasan Teluk Senimba Batam. Lokasinya sangat dekat dengan tempat tinggal saya di Kecamatan Batu Aji. Tak lebih dari sepuluh menit menggunakan kendaraan bermotor. Tiket masuk ke pantai Marina pun terbilang cukup murah hanya sebesar Rp 7.000. Pantai ini memiliki hamparan rumput dengan pepohonan yang rindang yang dapat digunakan pengunjung untuk duduk-duduk beristirahat. Selain itu terdapat taman bermain anak-anak yang akan menambah liburan keluarga semakin seru karena biasanya setelah berenang, anak-anak akan tertarik untuk masuk ke lokasi ini dan menjajal beberapa wahana permainan yang banyak terdapat di sana. Walaupun beberapa wahana tampak sudah tua dan tidak terurus, namun masih aman dan layak untuk digunakan.

Nah dari kelima pantai di atas, mana yang ingin teman-teman kunjungi? Jangan bingung! Jika berkunjung ke Batam, kelima-lima pantai ini bisa teman-teman kunjungi dalam satu kali jalan saja loh. Karena jarak ke titik terjauh dari pusat Kota Batam pun sebenarnya hanya ditempuh dalam waktu 1,5 jam perjalanan saja.

Sebenarnya masih banyak pantai dan bahkan pulau-pulau yang cantik dengan keunikan tersendiri yang dapat teman-teman kunjungi di Batam. Jadi tidak hanya dapat 5 pantai bahkan bisa menjelajah 10 pantai sekaligus dalam sehari.

Lalu bagaimana caranya agar bisa sampai di Batam? Tentu beragam cara. Namun yang paling mudah adalah dengan naik pesawat terbang. Tiket pesawat ke Batam bisa teman-teman dapatkan di Pegipegi.com. Cara bookingnya mudah karena didukung oleh navigasi yang jelas serta alur yang mudah dimengerti. Selain itu banyak diskon dan promo untuk semua rute penerbangan domestik.

Untuk Batam sendiri sudah memiliki bandara yang berkelas internasional. Bahkan runaway bandaranya saja terpanjang di Indonesia yakni sepanjang 4.025 meter, mengalahkan Bandara Changi Singapura dan Bandara Narita di  Jepang. Sementara untuk penginapan, teman-teman bisa memilih berbagai alternatif pilihan yang beragam, mulai dari kelas budget traveler hingga kelas resort bintang 5. Semua tinggal pilih dan menyesuaikan dengan kantong.